Pengertian Tulang Belikat, Letak, Bagian dan Fungsi Tulang Belikat (Scapula) Lengkap

Posted on

Pengertian Tulang Belikat, Letak, Bagian dan Fungsi Tulang Belikat (Scapula) Lengkap – Tulang belikat atau scapula, shoulder blade atau dalam bahasa Latin “omo” merupakan tulang yang menghubungkan tulang lengan dan tulang selangka.

Tulang belikat terletak di daerah bagian bahu atau bagian tubuh atas yaitu di belakang tulang rusuk atas.

Tulang belikat manusia berbentuk pipih dan secara anatomi berbentuk seperti segitiga. Tulang belikat ini menjadi penghubung antara tulang klavikula dengan tulang lengan atas atau tulang humerus.

Bagian-Bagian Tulang Belikat

Tulang belikat memiliki 2 permukaan (fascia), tiga sudut (angulus) dan juga tiga sisi (margo).

Permukaan anterior
Permukaan anterior atau disebut juga fossa subs-kapularis merupakan permukaan tulang belikat yang letaknya paling dekat dengan iga dan juga sebagai tempat melekatnya otot subscapiluralis.

Permukaan posterior
Permukaan posterior terdiri atas beberapa belebas yang disebut sebagai “spina” dari scapula yang bisa berjalan menyebrangi permukaan spina hingga berakhir menjadi proses akronium yang bisa menutupi sendi bahu, belebas ini di agi menjadi beberapa bagian diantaranya:

  • Proseus Akronium
    Bagian ini bisa menutupi sendi bahu, belebas ini dibagi menjadi beberapa bagian yakni fossa suprapinosus dan fossa infraspinosus. Pada manusia dan hewan pemakan daging (karnivora) memiliki sedikit perbedaan mengenai tulang scapulannya yaitu pada ujungnya terdapat acroniom.
  • Processus Coracoideus
    Bagian ini merupakan tonjolan yang berasal dari bagian utama scapula itu sendiri, bagian ini juga ditempeli oleh beberapa otot, salah satunya yaitu otot coracobrachialis. Di dekat bagian bawah processus coracoideus terdapat angulus lateralis, dan sebuah bagian seperti cekungan yang disebut cavitas glenoidales. Di cavitas inilah tempat melekatnya bonggol kepala dari humerus.

Fungsi Tulang Belikat

Adapun fungsi dari tulang belikat diantaranya yaitu:

  • Sebagai penghubung antara otot antendon pada bagian lengan dan punggung, yang memungkinkan adanya gerakan antara kedua bagian tersebut seperti saat sedang meregangkan tubuh atau mengangkat tangan jauh ke atas hingga tulang pungung ikut terangkat ke atas.
  • Berperan dalam pergerakan organ gerak atas seperti tangan dan membantu melakukan pergerakan pada bagian tersebut serta di dalamnya terdapat otot sehingga memiliki permukaan yang kuat dan lentur.
  • Sebagai tempat melekatnya tenden yang ada di bagian leher, tenden yang ada di bagian dada, serta tempat melekatnya beberapa otot tubuh yang lain.
  • Berperan dalam pergerakan pada bagian bahu dan tempatnya otot menempel sehingga tulang belikat bisa memiliki permukaan yang solid.

Pergerakan Tulang Belikat

Pada setiap permukaan tulang belikat, tidak semuanya memiliki bentuk yang sama dan menghasilkan gerakan yang sama khususnya di bagian tulang belakang yang menghasilkan dua jenis pergerakan diantaranya:

Acromiom yaitu memiliki bentuk yang agak besar dan persegi panjang dimana bagian tersebut menjadi sambungan dari tulang belikat yang berkaitan dengan artikulasi klavikula agar mampu membentuk sendi acromioclavicular yang bisa membentuk ujung bahu.

Coracoid yaitu pergerakan yang bisa melengkung baik ke arah atas maupun melengkung ke arah bawah.

Pelekatan Otot Pada Tulang Belikat

Berikut ini otot-otot yang melekat pada scapula atau tulang belikat, diantaranya:

  • Otot pectoralis minor, yaitu otot dada yang bisa menaikan otot tulang belikat dan menekan bahu.
  • Otot coracobrachialis, yaitu otot terkecil dari dua otot yang lainnya yang melekat pada processus coracoideus yaitu otot pectroralis minor dan otot biceps. Otot ini terletak pada bagian atas dan medial lengan.
  • Otot serratus anterior, yaitu otot yang biasanya disebut sebagai otot gergaji depan yang berpangkal di bagian iga I-IX lalu menuju pada iga sisi tengah tulang belikat.
  • Otot triceps brachii, yaitu otot yang berorigo pada tiga tempat yakni caput longum, medial dan juga lateralis sehingga disebut dengan otot berkepala tiga.
  • Otot biceps brachii, yaitu jenis otot besar yang memiliki kepala dua karena otot ini berorigo pada 2 tempat yang sangat berbeda yaitu capus longum dan caput brevis. Perbedaan untuk keduanya yaitu panjang dan pendeknya.
  • Otot subscapularis, yaitu otot rotator cuff yang merupakan otot terkecil pada bagian lengan atas.
  • Otot rhomboideus major, yaitu otot yang dapat menyebabkan terjadinya retraksi pada bagian scapula. Otot rhomboideus major ini melekat pada tulang scapula pada bagian lengan atas.
  • Otot rhomboideus minor, yaitu otot yang melekat pada bagian lengan atas.
  • Otot levator scapulae, yaitu otot yang melekatnya pada bagian punggung dan leher.
  • Otot trapezius yaitu otot yang berfungsi sebagai penyusun struktur pada punggung manusia.
  • Otot deltoideus, yaitu otot yang memberikan bentuk bulat pada struktur tubuh manusia. Otot ini disusun oleh beberapa serat seperti serat anterior(clavikula),serat media(pinggir lateral) dan serat posterior.
  • Otot supraspinatus, yaitu otot berukuran yang kecil dan melekat pada lengan atas.
  • Otot infraspinatus, atau otot pemutar yang terjadi pada sendi bahu dan melekat pada adductor lengan dalam scapula.
  • Otot teres minor yaitu otot yang terletak berdekatan dengan otot teres major dan otot ini melekat pada bagian bahu.
  • Otot teres major, yaitu otot yang melekat pada bagian lengan atas.
  • Otot omohyoideus, yaitu otot yang melekat pada pinggir atas bagian scapula, fungsi otot ini yaitu menarik dan menekan ke bawah pada bagian hyoid.

Demikian penjelasan tentangĀ Pengertian Tulang Belikat, Letak, Bagian dan Fungsi Tulang Belikat (Scapula) Lengkap . Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa