Pengertian Ekuitas Merek, Fungsi, Manfaat, Dimensi dan Indikator Ekuitas Merek Lengkap

Posted on

Pengertian Ekuitas Merek, Fungsi, Manfaat, Dimensi dan Indikator Ekuitas Merek Lengkap – Ekuitas Merek (brand equity) adalah seperangkat aset dan keterpercayaan merek yang terkait dengan merek tertentu, nama atau simbol, yang mampu menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh sebuah produk atau jasa, baik bagi pemasar/perusahaan maupun pelanggan.

Lebih tepatnya, pengertian ekuitas merek atau brand equity adalah kekuatan dari suatu merek. Dengan merek yang kuat maka sebuah perusahaan dapat mengelola aset mereka dengan baik, meningkatkan arus kas, meluaskan pangsa pasar, menentukan harga premium, membatasi biaya promosi, peningkatan penjualan, menjaga stabilitas dan meningkatkan keunggulan kompetitif. Menurut persektif konsumen, ekuitas merek adalah sebuah respon atau tanggapan dari konsumen terhadap produk.

Pengertian Ekuitas Merek Menurut Para Ahli

Supranto dan Limakrisna (2011:132)

Menurut Supranto dan Limakrisna, Ekuitas Merek adalah nilai yang ditentukan oleh konsumen pada suatu merek di atas dan diluar karakteristik/atribut fungsional dari produk.

Kotler dan Keller (2009:263)

Menurut Kotler dan Keller, Ekuitas Merek adalah nilai tambah yang diberikan pad aproduk dan jasa. Ekuitas merek dapat tercermin dalam cara konsumen berpikir, merasa dan bertindak dalam hubungannya dengan merek dan juga harga, pangsa pasar dan profitabilitas yang diberikan merek untuk perusahaan.

Susanto Dan Wijarnako (2004:127)

Menurut Susanto Dan Wijarnako, Ekuitas Merek adalah seperangkat aset dan liabilitas merek yang berhubungan dengan suatu merek, nama dan simbolnya, yang menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh suatu barang atau jasa kepada perusahaan atau pelanggan.

Tjiptono (2004:36)

Menurut Tjiptono, Ekuitas Merek adalah serangkaian aset dan kewajiban merek yang terkait dengan sebuah merek, nama, dan simbolnya, yang menambah atau mengurangi nilai yang diberikan sebuah produk atau jasa kepada perusahaan dan atau pelanggan perusahaan tersebut.

Fungsi Dan Manfaat Ekuitas Merek

Menurut Simamora (2003:49), ada beberapa fungsi dan manfaat ekuitas merek yaitu:

  • Loyalitas memungkinkan adanya pembelian/transaksi berulang atau jika konsumen tersebut adalah commited buyer, tidak hanya terhenti di pembelian ulang, namun konsumen juga bisa menganjurkan atau memberi rekomendasi kepada orang lain.
  • Memungkinkan perusahaan menentukan harga yang lebih tinggi (premium), artinya keuntungan yang lebih tinggi untuk perusahaan.
  • Memberi kredibilitas terhadap produk lain yang memakai merek tersebut.
  • Memungkinkan return yang lebih tinggi
  • Sebagai pembeda relatif dengan pesaing yang jelas bernilai dan berkesinambungan
  • Sangat fokus internal yang jelas
  • Membuat adanya toleransi konsumen pada kesalahan produk atau perusahaan, melalui loyalitas yang tinggi kepada merek tersebut
  • Menjadi faktor yang menarik pegawai yang berkualitas, dan juga mempertahankan pegawai yang loyal
  • Menarik konsumen untuk hanya menggunakan faktor merek dalam mengambil keputusan membeli.

Dimensi Ekuitas Merek

Adapun dimensi ekuitas merek yaitu:

a. Kesadaran Merek (Brand Awareness)
Adalah kemampuan konsumen untuk mengenali atau ingat kembali terhadap suatu merek dan menghubungkannya dengan suatu kategori produk tertentu.

b. Persepsi Kualitas (Percieved Quality)
Persepsi kualitas kepada merek menunjukkkan respon seluruh konsumen kepada kualitas dan keunggulan yang ditawarkan merek.

c. Asosiasi Merek (Brand Association)
Asosiasi merek berkaitan dengan segala sesuatu yang berhubungan dalam memori pelanggan kepada suatu merek.

d. Loyalitas Merek (Brand Loyalty)
Loyalitas merek adalah komitmen yang kuat dalam berlangganan atau melakukan pembelian kembali sebuah merek secara konsisten pada masa yang akan datang.

Indikator Ekuitas Merek

Menurut Aeker (1996), indikator atau elemen ekuitas merek diantaranya yaitu:

  • Kesadaran merek (brand awareness)
  • Asosiasi merek (brand association)
  • Persepsi kualitas (percieved quality)
  • Loyalitas merek (brand loyalty)
  • Aset lain yang berkaitan dengan merek (other brand-related assets), seperti hak paten dan lain sebagainya.

Demikian artikel tentang”Pengertian Ekuitas Merek, Fungsi, Manfaat, Dimensi dan Indikator Ekuitas Merek Lengkap“, semoga bermanfaat.