Pengertian Otot Polos : Ciri, Fungsi, Letak, Jenis dan Cara Kerja Otot Polos

Posted on

Fungsi Otot Polos – Apa yang dimaksud dengan otot polos? Sebutkan ciri-ciri otot polos! Apakah fungsi otot polos dan otot jantung? Bagaimana struktur dari otot polos? Dimana letak otot polos? Bagaimana cara kerja otot polos?

Baca Juga : Fungsi Otot Pada Manusia

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian otot polos, ciri, fungsi, jenis dan cara kerja otot polos pada manusia secara lengkap.

Pengertian Otot Polos

Otot polos merupakan jenis otot yang bekerja secara tak sadar (refleks). Jaringan otot polos terbentuk dari sel-sel otot. Struktur bentuk otot polos seperti gelondong dengan bagian tengah menggelembung dan kedua ujungnya meruncing.

Cara kerja otot polos tidak menurut pada perintah otak tapi dikuar kesadaran otak sehingga otot polos disebut juga otot otonom atau otot tak sadar.

Letak otot polos berada di lapisan alat-alat dalam tubuh seperti dinding rahim, saluran kelamin, pembuluh darah, dinding usus dan lainnya. Oleh sebab itu, otot polos disebut juga otot alat dalam.

Ciri-Ciri Otot Polos

Ciri atau karakteristik otot polos, diantaranya yaitu:

  • Bentuk otot polos seperti gelondong dengan bagian tengah menggelembung dan kedua ujungnya meruncing.
  • Jumlah inti otot polos ada satu yang letaknya di tengah disetiap sel.
  • Letak otot polos terdapat pada dinding pembuluh darah, dinding saluran pencernaan, paru-paru, dan ovarium.
  • Merupakan otot tak sadar (otonom) dengan waktu kontraksi 3-180 detik.
  • Dapat berkontraksi secara refleks karena termasuk otot otonom.
  • Tidak ada garis melintang seperti otot lurik.
  • Reaksinya lambat dan terus menerus bekerja tanpa lelah walaupun dalam keadaan tidur sebab mekanisme kerja otot polos tidak dikendalikan manusia secara langsung atau dapat bekerja meski dalam kondisi tidak sadar.

Fungsi Otot Polos

Pada organ tubuh manusia, otot polos berperan sebagai pemberi kontraksi yang memungkinkan zat dalam dan dari organ lain dapat masuk dan mengerjakan proses dalam organ tersebut. Kontraksi otot polos terjadi akibat pancaran kimia seperti hormon.

Lebih nyatanya, fungsi otot polos pada organ dalam manusia adalah membantu pengeluaran urin dari kandung kemih (kantung kemih), membantu aliran darah dalam arteri (pembuluh darah), membantu mendorong pencernaan makanan (saluran pencernaan) dan mengatur tekanan darah (arteri dan vena).

Baca Juga : Fungsi Otot Jantung

Jenis Otot Polos

Terdapat 2 jenis otot polos, diantaranya yaitu:

Otot Polos Unit Tunggal (Single Unit)

Otot polos unit tunggal merupakan jenis otot polos dengan ratusan hingga jutaan serabut yang saling berkontraksi, selain itu juga memiliki membran sel yang melekat satu sama lain pada tempat yang berbeda sehingga penyebaran ke serabut lain lebih mudah.

Otot Polos Unit Ganda (Multi Unit)

Otot polos unit ganda merupakan jenis otot polos yang tersusun dari serabut yang berbeda dan setiap serabut tersebut bekerja mandiri tanpa saling membantu. Contoh otot polos unit ganda yaitu pada siliaris mata, otot piloerektor dimana otot tersebut mengakibatkan rambut berdiri karena adanya rangsangan simpatis.

Cara Kerja Otot Polos

Mekanisme kerja otot polos terjadi diluar kesadaran otak atau diluar kesadaran individu tersebut alias tidak menurut pada perintah otak. Hal tersebutlah yang menyebabkan otot polos disebut otot tak sadar (otonom). Kinerja otot polos pada manusia lambat namun bekerja terus menerus tanpa lelah. Otot polos dapat ditemukan pada organ dalam tubuh manusia seperti usus, saluran peredaran darah, saluran kemih, pembuluh darah dan lainnya.

Baca Juga : Fungsi Otot Lurik

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian otot polos, ciri, fungsi, jenis dan cara kerja otot polos pada manusia secara lengkap. Semoga bermanfaat