Pengertian Museum, Fungsi dan Klasifikasi Macam Jenis Museum Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian Museum, Fungsi dan Klasifikasi Macam Jenis Museum Menurut Para Ahli Lengkap – Secara etimologis, museum berasal dari bahasa Yunani klasik yaitu Muze yang berarti kumpulan 9 dewi sebagai lambang dari ilmu dan kesenian. Berdasarkan arti tersebut maka museum dapat diartikan sebagai tempat yang gunakan untuk menyimpan benda-benda kuno (bersajarah) tujuan agar bisa dilihat dan pelajari lagi untuk menambah wawasan dan menjadi tempat berekreasi.

Secara terminologis, pengertian museum adalah suatu tempat atau lembaga yang mengumpulkan, menyimpan dan memamerkan benda-benda yang dapat menjadi sumber pengertahuan seperti sejarah, kesenian, ilmu alam dan lain-lain.

Pengertian Museum Menurut Para Ahli

A.C. Parker

Menurut A.C. Parker, Museum adalah sebuah lembaga yang secara aktif menjelaskan dunia, manusia dan alam.

Douglas A. Allan

Menurut Douglas A. Allan, museum merupakan sebuah gedung yang didalamnya menyimpan kumpulan benda-benda untuk penelitian studi dan kesenangan.

Advaced Dictionary

Menurut Advaced Dictionary, museum adalah sebuah gedung yang didalamnya dpamerkan benda-benda yang memiliki nilai seni, sejarah, ilmu pengetahuan dan sebagainya.

Fungsi Museum

Berdasarkan hasil musyawarah umum ke-11 International Council of Museum (ICOM) pada tahun 1974 di Denmark, fungsi museum diantaranya yaitu:

  • Pengumpulan dan pengamanan warisan alam dan budaya
  • Dokumentasi dan penelitian ilmiah
  • Konservasi daan preservasi
  • Penyebaran dan perataan ilmu untuk umum
  • Pengenalan dan penghayatan kesenian
  • Visualisasi warisan alam dan budaya
  • Cerminan pertumbuhan peradaban umat manusia
  • Pembangkit rasa bersyukur dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Klasifikasi Macam-Macam Jenis Museum

Berdasarkan Tingkatan Koleksinya

Berdasarkan tingkatan koleksinya, jenis museum dibagi menjadi 3 (tiga), diantaranya yaitu:

Museum Nasional
Museum Nasional adalah jenis museum yang memiliki tingkatan koleksi sesuai dengan kelas nasional atau dalam taraf nasional. Museum ini umumnya berisi berbagai benda yang berisi dari berbagai daerah di suatu negara.

Museum Regional
Museum regional adalah jenis museum yang memiliki tingkatan koleksi terbatas dan hanya dalam lingkup daerah regional. Museum ini umumnya koleksinya berasal dari daerah regional tempat museum tersebut berdiri.

Museum Lokal
Museum lokal adalah jenis museum yang memiliki tingkatan koleksi dalam taraf daerah saja. Benda yang dikoleksi dalam museum tersebut hanya terbatas pada warisan dan budaya yang ada pada daerah itu saja.

Berdasarkan Penyelenggaraannya

Berdasakan penyelenggaraannya museum terbagi menjadi 2 (dua) jenis, diantaranya yaitu:

Museum pemerintah
Museum pemerintah adalah museum yang diselenggarakan dan dikelola oleh pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Museum swasta
Museum swasta adalah museum yang tidak diselenggarakan oleh pemerintah. Museum ini didirikan dan diselenggarakan oleh perseorangan tapi tetap harus mendapatkan izin dari pemerintah.

Berdasarkan Koleksi

Berdasarkan koleksi yang dimilikinya, museum terbagi menjadi 2 (dua) yaitu:

Museum umum
Museum umum adalah museum yang benda koleksinya berupa kumpulan bukti material manusia dan lingkungannya yang berkaitan dengan hal umum. Koleksi museum ini dapat berbagai macam disiplin ilmu tidak mengkhususkan 1 cabang saja.

Museum khusus
Museum khusus adalah museum yang koleksinya berupa yang berkaitan dengan satu cabang ilmu pengetahuan, satu cabang teknologi dan lain. Dalam museum ini tidak ada koleksi diluar dari cabang pengetahuan, seni dan teknologi yang khususkan.

Jenis Museum Menurut International Council of Museum (ICOM)

Menurut International Council of Museum (ICOM), museum bisa diklasifikasikan menjadi 6 jenis diantaranya yaitu:

Art Museum
Art museum atau museum seni adalah museum yang mengelola, menyimpan dan mengumpul benda yang berkaitan dengan kesenian.

Arkeologi and History Museum
Arkeologi and History Museum adalah museum didalamnya ada benda arkeologi dan benda bersejarah yang menyimpan tentang sejarah manusia beserta peradabannya.

National Museum
National Museum atau museum nasional umumnya menyimpan benda yang berasal dari berbagai wilayah dari Negara tempat museum itu berdiri.

Natural History Museum
Natural History Museum adalah museum ilmu alam yang didalamnya ada hal-hal yang berkaitan dengan peradaban ilmu pengetahuan alam.

Science and Technology Museum
Science and Technology Museum adalah museum yang isinya berkaitan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Specialized Museum
Specialized museum atau museum khusus ini umumnya dikhususkan untuk satu benda khusus tertentu yang mungkin berbeda dari kelima jenis museum sebelumnya.

Demikian artikel pembahasan tentang”Pengertian Museum, Fungsi dan Klasifikasi Macam Jenis Museum Menurut Para Ahli Lengkap“, Semoga bermanfaat.