Pengertian Pangsa Pasar (Market Share), Tujuan dan Penjelasan Lengkap

Posted on

Pengertian Pangsa Pasar (Market Share), Tujuan dan Penjelasan Lengkap – Pangsa pasar (Market Share) adalah persentase pasar yang diperhitungkan oleh entitas tertentu. Pengertian market share atau pangsa pasar adalah bagian dari seluruh permintaan atas suatu barang yang mencerminkan golongan konsumen berdasarkan ciri khasnya (market segment). Penggolongan konsumen bisa dikelompokkan berdasarkan tingkat penghasilan, usia, jenis kelamin, pendidikan, dan status sosial.

Pangsa pasar atau market share merupakan bagian dari pasar yang dikuasai oleh suatu perusahaan dan seluruh potensi jual, umumnya dinyatakan dalam persentase. Market share atau pangsa pasar adalah persentase total penjualan suatu perusahaan dari seluruh sumber dengan total penjualan produk (barang dan jasa) dalam suatu industri tertentu.

Tujuan Pangsa Pasar (Market Share)

Adapun tujuan pangsa pasar diantaranya yaitu:

  • Pasar lebih mudah dibedakan.
  • Pelayanan kepada pembeli lebih baik.
  • Strategi pemasaran yang lebih mengarah.

Cara Mengukur Keberhasilan Perusahaan Dalam Market Share

Pangsa pasar merupakan persentase penjualan yang dibukukan perusahaan dari keseluruhan penjualan para pesaing gabungan di industri tertentu. Artinya, market share ini merupakan salah satu indikator yang digunakan perusahaan dalam mengukur keberhasilan mereka dibanding pesaingnya.

Sebagai contoh, suatu perusahaan pada tahun 2019 memiliki target market share sebanyak 10% dari keseluruhan pasar. Untuk mencapai target pasar tersebut, dibutuhkan biaya promosi sebesar Rp 60 juta.

Apabila ternyata pangsa pasar yang diperoleh lebih dari 10% (misalnya 15%), berarti kinerja perusahaan berjalan baik. Sebaliknya, apabila pada tahun tersebut pangsa pasar yang diperoleh hanya 8% berarti menunjukkan kinerja pemasaran kurang baik dan perusahaan akan menghadapi masalah efisiensi & efektifitas.

Berikut ini beberapa faktor yang perlu dikaji perusahaan yang tidak bisa mencapai pangsa pasar diantaranya yaitu:

  • Besarnya pangsa pasar yang terlalu tinggi
  • Pesaing (kompetitor) baru semakin banyak di industri yang sama
  • Terjadi penurunan daya saing perusahaan
  • Promosi yang tidak dapat mencapai target market atau tidak tepat sasaran.

Cara Mengetahui Ukuran Pasar

Agar ukuran pasar dan market share bisa diketahui dan ditetapkan maka diperlukan riset pasar yang cukup mendalam. Setelah mengetahui ukuran pasar dan segmen pasar yang akan dibidik, selanjutnya pelajari siapa saja pesaing di pasar tersebut dan berapa banyak pasar yang telah dikuasai pesaing tersebut.

Perusahaan yang membuat perencanaan strategi harus mengembangkan strategi bauran pemasaran dan juga mempersempit segmentasi produk sehingga promosi tepat sasaran. Sebagai contoh, perusahaan dalam industri minuman tidak hanya menjelaskan bisnis minuman tapi harus lebih fokus, misalnya minuman kopi atau yang lain sebagainya.

Cara Meningkatkan Market Share

Berikut ini cara meningkatkan market share atau pangsa pasar diantaranya yaitu:

  • Memilih bisnis yang masih tergolong baru dan belum banyak dijalankan perusahaan lain.
  • Memiliki keyakinan bahwa perusahaan tersebut akan berhasil di bisnis yang dijalankan.
  • Menentukan visi dan misi perusahaan mengenai target bisnis di masa depan.
  • Memperhitungkan kekuatan para pesaing atau kompetitor di industri yang sama.
  • Memperhatikan pergerakan harga di industri yang dibidik dan menentukan harga yang paling sesuai.
  • Menciptakan dan membangun jaringan pasar sehingga bisnis menjadi lebih besar.

Demikian artikel pembahasan tentang “Pengertian Pangsa Pasar (Market Share), Tujuan dan Penjelasan Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.

Rate this post