Manajemen Pendidikan

Pengertian Manajemen Pendidikan, Fungsi, Tujuan, Ruang Lingkupnya Lengkap

Posted on

Pengertian Manajemen Pendidikan, Fungsi, Tujuan, Ruang Lingkupnya Menurut Para Ahli Lengkap – Dalam pendidikan juga perlu adanya manajemen untuk mengatur proses pengorganisasian dalam pendidikan tersebut. Kali ini kita akan membahas materi tentang manajemen pendidikan, apa itu manajemen pendidikan?

Pengertian Manajemen Pendidikan

Pengertian manajemen pendidikan secara umum adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan dan penilaian usaha-usaha pendidikan agar dapat mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Manajemen Pendidikan adalah suatu cabang ilmu yang digunakan sebagai upaya untuk melakukan pengelolaan secara terstruktur terkait dengan bidang pendidikan. Manajemen pendidikan mungkin masih belum familiar di telinga anda karena istilah lama yang sering digunakan yaitu administrasi.

Definisi manajemen pendidikan adalah suatu bentuk kerja sama antar pihak pendidikan guna mencapai target pendidikan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Prospek kerja lulusan jurusan manajemen pendidikan yaitu sebagai staf dan/atau manajer administrasi di lingkungan sekolah, perguruan tinggi, dan lembaga pendidikan lainnya, baik milik pemerintah maupun milik swasta. Selain itu, juga dapat berkarier sebagai konsultan pendidikan.

Pengertian Manajemen Pendidikan Menurut Para Ahli

Syarif (1976:7)

Menurut Syarif, Manajemen pendidikan adalah segala usaha bersama untuk mendayagunakan sumber-sumber personil maupun materiil secara efektif dan efisien untuk menunjang tercapainya pendidikan.

Baca Juga : Administrasi Pendidikan

Sutisna (1979:2-3)

Menurut Sutisna, Manajemen pendidikan adalah keseluruhan proses yang membuat sumber-sumber personil dan materiil sesuai yang tersedia dan efektif bagi tercapainya tujuan-tujuan bersama. Ia mengerjakan fungsi-fungsi dengan jalan mempengaruhi perbuatan orang-orang.

Djam’an Satori (1980:4)

Menurut Djma’an Satori, Manajemen pendidikan adalah keseluruhan proses kerjasama dengan memanfaatkan semua sumber personil dan materiil yang tersedia dan sesuai untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien.

Hadawi Nawawi (1981:11)

Menurut Hadawi Nawawi, Manajemen pendidikan adalah rangkaian kegiatan atau keseluruhan proses pengendalian usaha kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan pendidikan, secara berencana dan sistematis yang diselenggarakan di lingkungan tertentu, terutama lembaga pendidikan formal.

Purwanto Dan Djojopranoto (1981:14)

Menurut Purwanto dan Djojopranoto, Manajemen pendidikan adalah suatu usaha bersama yang dilakukan untuk mendayagunakan semua sumber daya baik manusia, uang , bahan dan peralatan serta metode untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.

Mulyani A. Nurhadi (1983:PP 2-3)

Menurut Mulyani A. Nurhadi menekankan adanya ciri-ciri atau pengertian manajemen pendidikan yang terkandung dalam definisi tersebut diantaranya:

  • Manajemen adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan yang dilakukan dari, oleh dan bagi manusia.
  • Rangkaian kegiatan itu merupakan suatu proses pengelolaan dari suatu rangkaian kegiatan pendidikan yang sifatnya komplek dan unik yang berbeda dengan tujuan perusahaan untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya, tujuan kegiatan pendidikan ini tidak terlepas dari tujuan pendidikan secara umum dan tujuan pendidikan yang telah diterapkan oleh suatu bangsa.
  • Proses pengelolaan itu dilakukan bersama oleh sekelompok manusia yang tergabung dalam suatu organisasi sehingga kegiatannya harus dijaga agar tercipta kondisi kerja yang harmonis tanpa mengorbankan unsur-unsur manusia yang terlihat dalam kegiatan pendidikan itu.
  • Proses itu dilakukan dalam rangka mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, yang dalam hal ini meliputi tujuan yang bersifat umum “skala tujuan umum” dan yang diemban oleh tiap-tiap organisasi pendidikan “skala tujuan khusus”.
  • Proses pengelolaan itu dilakukan agar tujuannya dapat dicapai secara efektif dan efisien.

Baca Juga : Supervisi Pendidikan

Made Pidarta (1988:4)

Menurut Made Pidarta, Manajemen pendidikan adalah aktivitas memadukan sumber-sumber pendidikan agar terpusat dalam usaha mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan sebelumnya.

Dasuqi Dan Somantri (1992:10)

Menurut Dasuqi dan Somantri, Manajemen pendidikan adalah upaya menerapkan kaidah-kaidah manajemen dalam bidang pendidikan.

Biro Perencanaan Depdikbud (1993:4)

Menurut Biro Perencanaan Depdikbud, Manajemen pendidikan adalah proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin, mengendalikan tenaga pendidikan, sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan, mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan manusia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti yang luhur, memiliki pengetahuan, keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap, mandiri, serta bertanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Daryanto (1998:8)

Menurut Daryanto, Manajemen pendidikan adalah suatu cara bekerja dengan orang-orang dalam rangka usaha mencapai tujuan pendidikan yang efektif.

Engkoswara (2001:2)

Menurut Engkoswara, Manajemen pendidikan adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana menata sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara produktif dan bagaimana menciptakan suasana yang baik bagi manusia yang turut serta di dalam mencapai tujuan yang disepakati bersama.

H. A. R Tilaar (2001:4)

Menurut H.A.R Tilaar, Manajemen pendidikan adalah suatu kegiatan yang mengimplementasikan perencanaan atau rencana pendidikan.

Mulyasa (2002:19)

Menurut Mulyasa, Manajemen pendidikan adalah segala sesuatu yang berkenaan dengan pengelolaan proses pendidikan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, baik tujuan jangka pendek, menengah, maupun tujuan jangka panjang.

Baca Juga : Manajemen Biaya

Soebagio Atmodiwirio (2003:23)

Menurut Soebagio Atmodiwirio, Manajemen pendidikan adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin, mengendalikan tenaga pendidikan, sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan.

Sagala (2004:27)

Menurut Sagala, Manajemen pendidikan adalah penerapan ilmu manajemen dalam dunia pendidikan atau sebagai penerapan manajemen dalam pembiayan, pengembangan dan pengendalian usaha dan praktek-praktek pendidikan. Manajemen pendidikan ialah aplikasi prinsip, konsep dan teori manajemen dalam aktivitas pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.

Oemar Hamalik (2007)

Menurut Oemar Hamalik, Manajemen pendidikan adalah menyatukan beberapa unsur dalam pendidikan dan kemudian mencoba untuk dikembangkan dan fokus untuk mencapai pada tujuan dari manajemen pendidikan itu sendiri.

Gaffar

Menurut Gaffar, Manajemen pendidikan adalah suatu proses kerja sama yang sistematis, sistemik dan koprehensif dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Stephen J. Kneziech

Menurut Stephen J. Kneziech, Manajemen pendidikan adalah sekumpulan fungsi-fungsi organisasi yang memiliki tujuan utama untuk menjamin efisiensi dan efektivitas pelayanan pendidikan, sebagaimana pelaksanaan kebijakan melalui perencanaan, pengambilan keputusan, perilaku kepemimpinan, penyiapan alokasi sumber daya, stimulasi dan koordinasi personil dan iklim organisasi yang kondusif, serta menentukan perubahan esensial fasilitas untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dan masyarakat di masa depan.

W. Haris

Menurut W. Haris, Manajemen pendidikan adalah suatu proses pengintegrasian segala usaha pendayagunaan sumber-sumber personalia dan materian sebagai usaha untuk meningkatkan secara efektif pengembangan kualitas manusia.

Redja Mdyaharjo

Menurut Redya Mdyaharjo, Manajemen pendidikan adalah suatu proses untuk mengkoordinasikan berbagai sumber daya pendidikan, seperti guru, sarana dan prasarana pendidikan seperti laboratorium, perpustakaan dan sebagainya untuk mencapai tujuan pendidikan.

Zainal Aqib

Menurut Zainal Aqib, Manajemen pendidikan adalah keseluruhan proses pendayagunaan semua sumber daya manusia maupun bukan sumber daya manusia dalam rangka untuk mencapai tujuan instruksional pendidikan.

B. Suryosubroto

Menurut B. Suryosubroto, Manajemen pendidikan adalah suatu usaha untuk menjawab berbagai pertanyaan tentang bagaimana kemampuan yang dimiliki oleh seorang administrator pendidikan untuk menjalankan segala pencapaian tujuan pendidikan.

DR. H Muhaimin, Hj. Suti’ah Mpd dan Sugeng Listyo Prabowo Mpd

Menurut DR. H Muhaimin, Hj. Suti’ah Mpd dan Sugeng Listyo Prabowo Mpd, Manajemen pendidikan adalah sebagai seni dan ilmu pengelolaan sumber daya pendidik untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.

Baca Juga : Manajemen Keuangan

The Liang Gie

Menurut The Liang Gie, Manajemen pendidikan adalah segenap proses penyelenggaraan dalam setiap usaha kerja sama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu.

Leonard D White

Menurut Leonard D White, Manajemen pendidikan adalah segenap proses, biasanya terdapat pada semua kelompok baik usaha negara, pemerintahan atau swasta, sipil atau militer secara besar besaran atau secara kecil kecilan.

Robbin Dan Coulter

Menurut Robbin Dan Coulter, Manajemen pendidikan adalah proses mengkoordinasikan aktifitas-aktifitas kerja sehingga dapat selesai secara efisien dan efektif dengan dan melalui orang lain.

John M. Echols Dan Hasan Shadily

Menurut John M. Echols Dan Hasan Shadily, Manajemen pendidikan adalah berasal dari akar kata To Manage yang berarti mengurus, mengatur, melaksanakan, mengelola dan memperlakukan.

Pariata Westra

Menurut Pariata Westra, Manajemen pendidikan adalah segenap rangkaian perbuatan penyelenggaraan dalam setiap usaha kerjasama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu.

Sondang Palan Siagian

Menurut Sondang Palan Siagian, Manajemen pendidikan adalah keseluruhan proses kerjasama antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang ditentukan sebelumnya.

Fungsi Manajemen Pendidikan

Fungsi manajemen pendidikan memiliki empat unsur yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.

Perencanaan

Perencanaaan (Planning) adalah proses menyususn tujuan dansasaran organisasi dan menyusun peta kerja yang akan melibatkan cara pencapaian tujuan.

Pengorganisasian

Pengorganisasian (Organizing) adalah proses penghimpunan sumber daya manusia, modal, dan peralatan yang dibutuhkan dengan cara yang efektif guna mencapai tujuan.

Pelaksanaan

Pelaksanaan (Implementation) adalah proses menggerakan sumber daya manusia yang ada untuk melakukan kegiatan pencapaian tujuan sehingga efisiensi proses terjadi dan menghasilkan efektivitas hasil kerja.

Pengawasan

Pengawasan (Controlling) adalah proses pemberian balikan dan tindak lanjut dari perbandingan antara hasil yang dicapai dengan rencana yang telah dibuat kemudian terdapat tindakan penyesuaian apabila terjadi penyimpangan.

Baca Juga : Manajemen Industri

Tujuan Manajemen Pendidikan

Tujuan utama manajemen pendidikan adalah untuk melaksanakan suatu pembentukan kepribadian pelajar yang berdasarkan dengan tujuan dari pendidikan nasional dan tingkat perkembangan atau perbaikan untuk usia pendidikan.

Tujuan lain dan manfaat pembentukan manajemen pendidikan, yaitu:

  • Terwujudnya suasana belajar dan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, menyenangkan, dan bermakna.
  • Terciptanya peserta didik yang aktif mengembangkan potensi diri untuk mempunyai kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan bagi dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
  • Terpenuhinya salah satu dari 5 kompetensi tenaga kependidikan.
  • Tercapainya tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.
  • Terbekalinya tenaga kependidikan dengan teori tentang proses dan tugas administrasi pendidikan.
  • Teratasinya masalah mutu pendidikan karena 80% masalah mutu disebabkan oleh manajemennya.
  • Terciptanya perencanaan pendidikan yang merata, bermutu, relevan, dan akuntabel.
  • Meningkatnya citra positif pendidikan.

Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan

Berdasarkan Wilayah Kerja

Berdasarkan lingkup wilayah kerjanya, manajemen pendidikan dibedakan menjadi 5 yaitu:

Manajemen pendidikan seluruh negara
Manajemen pendidikan untuk tingkat nasional ini ditangani bukan hanya dengan pelaksanaan pelatihan pendidikan di dalam sekolah saja, tetapi juga pendidikan luar sekolah, penyelenggaraan pelatihan, pengayaan penelitian, ataupun pendidikan yang meliputi kebudayaan dan kesenian secara nasional.

Manajemen pendidikan dalam satu provinsi
Manajemen ini memiliki ruang lingkup yang meliputi wilayah kerja satu sebatas provinsi saja, yang dimana pelaksanaannya dibantu oleh petugas manajemen pendidikan yang berada di kabupaten dan di kecamatan.

Manajemen pendidikan dalam satu kabupaten atau kota
Manajemen ini memiliki ruang lingkup yang hanya meliputi wilayah kerja satu kabupaten maupun satu kota saja.

Manajemen pendidikan satu unit kerja
Manajemen ini hanya di titik beratkan pada satu unit kerja yang langsung dalam menangani dalam pekerjaan mendidik.

Manajemen kelas
Manajemen kelas sebagai suatu kesatuan kegiatan yang terkecil dalam manajemen pendidikan yang menjadi inti dari semua jenis manajemen pendidikan.

Baca Juga: Manajemen Administrasi

Berdasarkan Objek Garapan

Berdasarkan objek garapan, ruang lingkup manajemen antara lain:

  • Manajemen siswa
  • Manajemen personil sekolah
  • Manajemen kurikulum
  • Manajemen prasarana
  • Manajemen ketatausahaan sekolah
  • Manajemen anggaran
  • Manajemen lembaga atau organisasi pendidikan
  • Manajemen hubungan masyarakat atau manajemen komunikasi pendidikan

Berdasarkan Fungsi atau Urutan Kegiatan

Berdasarkan fungsi dan urutan kegiatannya, ruang lingkup manajemen pendidikan yaitu:

  • Merencanakan
  • Mengorganisasikan
  • Mengarahkan
  • Mengkoordinasikan
  • Mengkomunikasikan
  • Mengawasi ataupun mengevaluasi

Demikian artikel pembahasan tentang materi manajemen pendidikan, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.