Pengertian Modal Sosial : Komponen Unsur, Fungsi dan Jenis Modal Sosial

Posted on

Pengertian Modal Sosial – Apa yang dimaksud dengan modal sosial? Mengapa modal sosial itu penting? Apa itu modal sosial dan berikan contohnya?

Baca Juga : Pengertian Integrasi Sosial

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian modal sosial menurut para ahli, komponen unsur, fungsi dan jenis modal sosial secara lengkap.

Pengertian Modal Sosial

Pengertian modal sosial adalah sebuah konsep yang memiliki banyak definisi yang saling terkait dengan didasarkan pada nilai jaringan sosial.

Definisi modal sosial yaitu bagian organisasi sosial seperti kepercayaan, norma dan jaringan yang dapat meningkatkan efisiensi masyarakat dengan memberikan fasilitas tindakan yang terstruktur.

Modal sosial juga diartikan sebagai sumber daya yang dimiliki oleh masyarakat dalam bentuk norma atau nilai yang memfasilitasi dan membangun kerjasama melalui jaringan interaksi dan komunikasi yang harmonis dan kondusif. Modal sosial memberikan kekuatan dalam sejumlah kondisi sosial dalam masyarakat.

Sebagai hubungan yang terbangun dari norma sosial, modal sosial menjadi perekat sosial yakni terciptanya kesatuan dalam anggota kelompok secara bersama.

Modal sosial muncul akibat interaksi individu dalam suatu komunitas. Pengukuran modal sosial dapat dilihat dari interaksi yang terjadi baik secara individual ataupun institusional, seperti terciptanya dan terpeliharanya kepercayaan antar masyarakat.

Pengertian Modal Sosial Menurut Para Ahli

Burt (1992)

Pengertian modal sosial adalah kemampuan masyarakat untuk berasosiasi berhubungan antara satu sama lain kemudian menjadi kekuatan penting dalam ekonomi dan eksistensi sosial lainnya.

Coleman (1999)

Definisi modal sosial yaitu kemampuan masyarakat untuk bekerja sama demi tujuan bersama dalam berbagai kelompok dan organisasi.

Baca Juga : Pengertian Konflik Sosial

Hasbullah (2006)

Modal sosial merupakan jumlah sumber daya, aktual atau virtual (tersirat) yang berkembang pada individu atau kelompok individu karena kemampuan untuk mempunyai suatu jaringan yang bisa bertahan lama dalam hubungan yang lebih kurang sudah diinstitusikan berdasarkan pengetahuan dan pengenalan timbal balik.

Prusak L (2010:26)

Modal sosial juga diartikan sebagai hubungan yang terjadi dan diikat suatu kepercayaan, saling pengertian dan nilai bersama yang mengikat anggota kelompok untuk membuat kemungkinan aksi bersama secara efisien dan efektif.

Partha dan Ismail (2009)

Arti modal sosial yaitu hubungan yang tercipta dan norma yang menciptakan kualitas dan kuantitas hubungan sosial dalam masyarakat dalam spektrum yang luas sebagai perekat sosial yang menjaga kesatuan anggota kelompok secara bersama.

Komponen dan Unsur Modal Sosial

Berikut ini komponen dan unsur modal sosial diantaranya yaitu:

Kepercayaan

Pengertian kepercayaan menurut Giddens adalah keyakinan akan reliabilitas individu atau sistem, berhubungan dengan segala hasil dan peristiwa, dimana keyakinan menggambarkan suatu ketaatan terhadap integritas cinta kasih orang lain atau ketepatan prinsip abstrak.

Sedangkan kepercayaan menurut Fukuyama (1996) adalah harapan yang tumbuh di dalam sebuah masyarakat yang ditunjukkan oleh adanya perilaku jujur, teratur dan kerja sama berdasarkan norma yang dianut bersama.

Fungsi kepercayaan adalah untuk meminimalisasi bahaya dari aktivitas tertentu. Umumnya, kepercayaan tak terikat dengan risiko, tapi pada segala kemungkinan. Kepercayaan memperbesar kemampuan manusia untuk bekerja sama melalui pertimbangan ukuran penyangga antara keinginan yang sangat diperlukan dan harapan secara parsial akan mengecewakan.

Nilai dan Norma

Nilai dan norma mengacu pada bagaimana seharusnya seseorang bertindak dalam masyarakat.

Norma merupakan bagian modal sosial yang tercipta lewat tradisi, sejarah, tokoh karismatik yang mencuptakan suatu tata cara perilaku individu atau kelompok masyarakat. Dalam norma tersebut selanjutnya secara spontan akan memunculkan modal sosialdalam rangka menentukan tata aturan yang dapamengatur kepentingan pribadi dan kepentingan kelompok.

Baca Juga : Pengertian Dinamika Sosial

Jaringan Sosial

Berdasarkan pendapat Damsar (2009:214), pengertian jaringan sosial adalah ikatan antar simpul orang atau kelompok yang dikaitkan dengan media berupa hubungan sosial yang diikat dengan kepercayaan. Kepercayaan tersebut dibenarkan oleh norma yang mengikat kedua belah pihak.

Jaringan juga diartikan sebagai hubungan antar individu yang bermakna subjektif yang berkaitan atau dikaitkan sebagai simpul dan ikatan.

Biasanya, jaringan sosial akan dipenuhi oleh suatu tipologis khas bersamaan dengan karakteristik dan orientasi kelompok. Umumnya, kelompok sosial terbentuk secara tradisional atas dasar kesamaan garis keturunan dan kesamaan kepercayaan pada dimensi kebutuhan yang cenderung berkohesif tinggi, tapi jarak jaringan maupun kepercayaan yang terbangun sangat sempit.

Fungsi Modal Sosial

Fungsi modal sosial, antara lain:

  • Sebagai alat tawar menawar pemerintah.
  • Sebagai pilar demokrasi.
  • Sebagai alat untuk menyelesaikan masalah sosial dalam masyarakat.
  • Memberi kontribusi tersendiri bagi terjadinya integrasi sosial.
  • Menciptakan solidaritas sosial masyarakat secara sukarela.
  • Menciptakan partisipasi masyarakat.

Jenis Jenis Modal Sosial

Ada 3 (tiga) jenis modal sosial berdas, diantaranya yaitu:

Social Bounding (Perekat Sosial)

Pengertian social bounding atau perekat sosial adalah jenis modal sosial dengan ciri-ciri adanya ikatan yang kuat dalam suatu sistem masyarakat. Secara umum, social bounding terdapat dalam bentuk adat istiadat atau tradisi, persepsi, kultur dan nilai.

Social Bridging (Jembatan Sosial)

Pengertian social bridging atau jembatan sosial adalah jenis modal sosial yang muncul sebagai akibat dari reaksi dari segala macam karakteristik dari kelompoknya. Jembatan sosial ini bisa terjadi akibat adanya berbagai kelemahan dilingkungan mereka, sehingga sepakat untuk membangun kekuatan dari kelemahan.

Baca Juga : Pengertian Gejala Sosial

Social Linking (Jaringan Sosial)

Pengertian social linking atau jaringan sosial adalah hubungan sosial yang dicirkan dengan adanya hubungan antar tingkatan dari kekuatan sosial maupun status sosial yang ada dalam masyarakat. Contohnya kaum elit politik dengan masyarakat umum.

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian modal sosial menurut para ahli, komponen unsur, fungsi dan jenis modal sosial secara lengkap. Semoga bermanfaat