Pengertian Puisi Rakyat : Ciri, Unsur, Jenis dan Contoh Puisi Rakyat

Posted on

Pengertian Puisi Rakyat – Apa yang dimaksud dengan puisi rakyat? Apa saja ciri ciri puisi rakyat? Sebutkan jenis puisi rakyat!

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian puisi rakyat, ciri, unsur, jenis dan contoh teks puisi rakyat secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Puisi Lama

Pengertian Puisi Rakyat

Pengertian puisi rakyat adalah jenis kesusastraan rakyat yang bentuknya sudah memiliki ketentuan, umumnya terdiri dari beberapa kalimat, ada yang berdasar pada mantra, panjang pendek suku kata, lemah tekanan suara, atau juga hanya pada irama.

Definisi puisi rakyat yaitu suatu karya sastra turun temurun yang pengarangnya tidak diketahui.

Puisi rakyat ialah salah satu genre folklor lisan, yaitu rangkaian praktik yang menjadi sarana penyebaran beragam tradisi budaya melalui ucapan atau dari mulut ke mulut. Puisi rakyat juga puisi tradisional atau puisi lama.

Pengertian puisi rakyat menurut James Danandjaja adalah kesusastraan rakyat yang sudah memiliki bentuk tertentu.

Bentuk puisi rakyat berupa ungkapan atau pernyataan tradisional dengan kategori paparikan dan wawangsalan. Paparikan dibedakan menjadi dua yakni rarakitan cerita rakyat dan kepercayaan rakyat berupa mantra.

Selain itu, puisi rakyat mempunyai nilai yang berkembang dalam masyarakat juga berisi nilai dan pesan leluhur bangsa Indonesia.

Ciri-Ciri Puisi Rakyat

Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, karakteristik puisi rakyat diantaranya yaitu:

  • Memiliki bentuk yang tetap.
  • Terikat dengan jumlah baris per bait.
  • Memiliki pengulangan bunyi (rima) akhir.
  • Jumlah kata per baris.

Unsur Unsur Puisi Rakyat

Berikut ini beberapa unsur puisi rakyat yang bisa digunakan untuk menyimpulkan isinya, diantaranya yaitu:

Makna Puisi Rakyat

Makna atau isi puisi rakyat bisa diketahui apabila memahami kandungan kata yang ada dalam puisi tersebut. Caranya dengan melakukan penafsiran arti dari setiap kata yang ada dalam puisi rakyat yang seringkali berupa memiliki makna konotasi.

Baca Juga : Pengertian Puisi Baru

Berikut ini langkah-langkah memahami makna puisi rakyat, antara lain:

  • Temukan keyword atau kata kunci di setiap baris puisi sebab kata tersebut merupakan inti dari baris.
  • Selanjutnya, uraikan bait puisi dalam bentuk parafrase atau prosa.
  • Setelah itu, tafsirkan makna kata.
  • Kemudian, kalitkan isi puisi dengan kehidupan nyata.

Tema Puisi Rakyat

Tema atau topik dari puisi rakyat adalah pokok permasalahan yang dibahas dalam puisi yang merupakan bentuk permasalahan da;llam kehidupan nyata. Ada beragam tema puisi rakyat diantaranyya yaitu persahabatan, perjuangan, kemanusiaan, kondisi alam, keagamaan dan lain sebagainya.

Pesan Puisi Rakyat

Pesan atau amanat dalam puisi rakyat merupakan kesan yang diterima pembaca dari puisi rakyat yang telah mereka baca. Penyampaian amanat puisi berhubungan dengan cara pandang pembaca pada seseuatu, tapi tak lepas dari isi dan juga tema yang diungkapkan sang pembuat puisi.

Jenis Puisi Rakyat

Ada beragam macam puisi rakyat diantaranya yaitu pantun, syair, gurindam, mantra, peribahasa, bidal, pepatah, perumpamaan, seloka dan puisi saduran dari Arab Parsi.

Pantun

Pantun berasal dari bahasa minangkabau “Patuntun” yang artinya penuntun. Seringkali, pantun dipakai dalam upacara atau untuk komunikasi. Berikut ini ciri-ciri pantun antara lain:

  • Terdiri atas empat larik atau baris dalam setiap bait.
  • Setiap baris terdiri dari 8-12 suku kata.
  • Bersajak a-b-a-b atau a-a-a-a
  • Baris pertama dan kedua disebut sampiran
  • Baris ketiga dan keempat disebut isi

Baca Juga : Pengertian Puisi Kontemporer

Dilihat dari isinya, jenis pantun diantaranya yaitu pantun anak, pantun muda mudi, pantun nasehat, pantun teka-teki dan pantun jenaka.

Contoh Pantun

Buah jambu buah srikaya
Membelinya di tanah abang
Jangan bangga berlimpah harta
Kalau bikin hati tak tenang

Syair

Syair berasal dai Arab. Ciri khas syair diantaranya terdiri dari empat baris dalam satu bait dan bersajak a-a-a-a. Isi syair berupa cerita dengan nasehat.

Gurindam

Pengertian gurindam merupakan jenis puisi lama yang berasal dari Tamil (India) dan isi gurindam berupa nasihat dengan aturan setiap bait terdiri atas 2 baris dan bersajak a-a. Berikut ini contoh gurindam:

Jika engkau durhaka pada orang tua
Engkau akan jauh dari surga

Seloka

Pengertian seloka atau puisi berkait adalah jenis puisi Melayu yang terdiri dari satu bait atau lebih yang masih terkait. Isi seloka berupa sindiran, ejekan, atau senda gurau yang diungkapkan dalam perumpamaan. Ciri-ciri seloka diantaranya bait kedua dan keempat pada bait pertama dipakai pada baris pertama dan ketiga pada bait selanjutnya.

Mantra

Pengertian mantra adalah jenis puisi lama yang sering dihubungkan dengan hal ghaib/mistis. Mantra berima dan berirama dan bersifat misterius. Bahasa yang dipakai umumnya bermajas metafora dan bersifat esoferik yaitu bahasa khusus yang dipakai antara pembicara dan lawan bicara.

Baca Juga : Pengertian Satire

Pepatah atau Peribahasa

Pengertian pepatah atau peribahasa adalah kelompok kata atau kalimat yang menyatakan maksud, keadaan seseorang ataupun hal yang mengungkapkan tentang, perbuatan, tingkah laku atau hal mengenai seseorang.

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian puisi rakyat, ciri, unsur, jenis dan contoh teks puisi rakyat secara lengkap. Semoga bermanfaat