Pengertian Rasisme : Penyebab, Dampak, Cara Mengatasi dan Contoh Tindakan Rasisme

Posted on

Contoh Rasisme – Apa yang dimaksud dengan rasisme? Apa penyebab terjadinya rasisme? Apa dampak rasisme? Sebutkan contoh rasisme!

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian rasisme menurut para ahli, penyebab, dampak, cara mengatasi dan contoh rasisme secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Nasionalisme

Pengertian Rasisme

Pengertian rasisme atau rasialisme adalah pandangan pada ideologi yang dianut masyarakat yang merasa tak suka atau menolak golongan tertentu yang umumnya atas dasar ras, derajat dan lainnya.

Rasisme juga diartikan sebagai sebuah doktrin atau sistem kepercayaan yang menyerukan bahwa perbedaan biologis pada ras manusia memutuskan pencapaian budaya atau individu. Atau bisa dikatakan, rasisme merupakan anggapan dimana sebuah ras tertentu yang lebih unggul berhak mengatur ras lainnya.

Rasisme merupakan paham diskriminasi terhadap suku, agama, ras, adat (SARA), golongan maupun ciri fisik umum untuk tujuan tertentu.

Rasisme mendorong terjadinya kekerasan rasial, segregasi dan diskriminasi sosial, termasuk juga genosida.

Rasisme muncul dalam bentuk perlakukan yang berbeda terhadap individu yang dianggap berbeda dengan pengukuran penilaian atas dasar karakteristik ras, sosial atau konsep self-mental, yaitu anggapan bahwa bahasa, agama, jenis kelamin, bukan berorientasi seksual milik individu menjadi penentu kedudukan atau derajat manusia dalam kehidupan.

Dalam suatu tindakan rasisme yang dilakukan ras/kelompok tertentu yang mayoritas pada ras/kelompok yang dianggap minoritas terdapat intimindasi baik itu berupa intimidasi verbal melalui kata-kata maupun intimidasi non verbal melalui kekerasan fisik atau yang lainnya.

Baca Juga : Pengertian Radikalisme

Berdasarkan sistem atau ideologi, ada 3 struktur pengertian rasisme, diantaranya (Marger, 1994):

  • Manusia telah dibedakan atau dibagi berdasarkan keadaan fisik secara alami.
  • Berdasarkan kondisi fisik suatu suku atau ras, serta kepribadian dan kemampuan intelektual.
  • Jika dilihat berdasarkan genetik suatu suku atau kelompokmerasa lebih kuat dari suku lainnya.

Pengertian Rasisme Menurut Para Ahli

Daldjoeni (1991)

Pengertian rasisme adalah teori atau gagasan yang menyatakan bahwa hubungan kausal antara karakteristik jasmaniah yang diturunkan dan karateristik tertentu dalam hal kepribadian, intelek, budaya atau gabungan semuanya, menyebabkan superioritas dari ras tertentu pada ras lain.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Rasisme merupakan paham atau kelompok yang menerapkan pembedaan ciri fisik (warna kulit) dalam masyarakat.

Pramoedya Ananta Toer

Definisi rasisme atau rasialisme yaitu pemahaman yang menolak golongan masyarakat berdasarkan beda ras. Dengan kata lain, memiliki kelainan dibandingkan umumnya.

Alo Liliweri

Rasisme diartikan sebagai ideologi yang mendasarkan diri pada diskrimisasi terhadap individu atau kelompok sebab ras mereka bahkan hal ini menjadi doktrin politis.

Baca Juga : Pengertian Kolonialisme

Human Rights and Equal Opportunity Commission

Rasisme yakni ideologi yang memberikan pernyataan mitos mengenai kelompok ras atau etnis lain yang merendahkan komunitas atau kelompok tersebut.

Oliver C. Cox

Arti rasisme ialah peristiwa, kondisi atau situasi yang memberikan penilaian beragam tindakan, nilai dalam kelompok berdasarkan sudut pandang kultural yang menganggap selain mereka nilai sosial masyarakat lain itu salah dan tak bisa diterima.

Penyebab Rasisme

Berikut ini beberapa penyebab terjadinya rasisme, diantaranya:

Komunikasi dalam Keluarga

Semua hal yang diakarkan orang tua kepada anaknya tentu akan melekap pada diri sang anak, baik itu ajaran baik maupun ajaran buruk. Ini menjadi salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya rasisme dimana rasa kebencian tak terputus sebab terus didoktrin dari generasi ke generasi.

Kebijakan Pemerintah

Keputusan pemerintah juga menjadi penyebab rasisme terjadi, dimana pemerintah yang otoriter memberikan kebijakan yang mendiskriminasikan ras atau etnis tertentu. Contohnya saha pada masa orde lama dan orde baru, etnis tionghoa mendapatkan diskriminasi dan ruang gerak meraka dibatasi.

Baca Juga : Pengertian Altruisme

Budaya dan Adat Istiadat

Adat istiadat dan budaya yang dimiliki setiap bangsa atau daerah tentunya berbeda yang juga pasti berpengaruh pada pikiran juga pemahaman serta perasaan yang memberikan pengaruh pada persepsi penanganan fenomena sosial dalam masyarakat.

Dampak Rasisme

Berikut ini beberapa dampak adanya tindakan rasisme diantaranya yaitu:

Dalam bidang pendidikan, adanya reaksi atau sikap yang berbeda ke orang sebab jenjang pendidikan yang berbeda, sebagai contoh orang berkulit hitam lebih dimarginalisasi dibanding orang berkulit putih.

Dalam bidang ketenagakerjaan, wanita berpendidikan lebih tinggi memperoleh gaji dibawah pria.

Dalam bidang kesehatan, kaum peremppuan tak diberi cuti haid dan cuti melahirkan cukup padahal mereka berhak.

Kekerasan, orang berkulit hitam tak lebih dihormati dibanding kaum kulit putih, sehingga sering menjadi korban kekerasan umum.

Cara Mengatasi Rasisme

Cara mengatasi rasisme di Indonesia bisa dilakukan bersama apabila kita menyadari bahwasanya kita dilahirkan sebagai manusia yang sama dan saling membutuhkan serta kita tak menyembunyikan kepentingan kelompok tertentu.

Contoh Tindakan Rasisme

Berikut ini sejumlah contoh rasisme yang terjadi di Indonesia dan dunia:

Etnis Tionghoa di Indonesia
Masyarakat etnis tionghoa seringkali menjadi bahan rasisme sebab adanya anggapan bahwa mereka menjajah karena mereka lebih sejahtera dibidang ekonominya.

Mahasiswa Papua
Tindakan rasisme yang diterima masyarakat papua yang hidup dan tinggal di pulau Jawa yang sedang melanjutkan pendidikan, mereka sering dicibiar berkaitan dengan warna kulit mereka.

Baca Juga : Pengertian Nepotisme

Rasisme Klub Sepak Bola Spanyol Terhadap Samuel Eto’o.
Samuel Eto’o Fils adalah pemain sepak bola Kamerun yang acapkali mendapatkan tindakan rasisme dari sejumlah klub Spanyol. Tindakan rasisme tersebut dilakukan para tim lawan dalam bentuk ejekan dengan menirukan suara mirip suara monyet setiap Eto’o menggiring bola.

Rasisme Warga Kulit Hitam
Di AS, kini terjadi pandemi rasisme dimana warga berkulit hitam mendapatkan tindakan rasisme dari warga berkulit putih, dimana mereka juga mendapatkan kekerasan fisik atas itu.

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian rasisme menurut para ahli, penyebab, dampak, cara mengatasi dan contoh rasisme secara lengkap. Semoga bermanfaat