Pengertian Status Sosial Ekonomi : Tingkatan, Tolak Ukur dan Faktor Yang Mempengaruhi Sosial Ekonomi

Posted on

Pengertian Status Sosial Ekonomi – Apa yang dimaksud dengan status sosial ekonomi? Apa saja faktor yang mempengaruhi status sosial ekonomi? Agar lebih memahaminya kali ini kita akan membahas tentang pengertian status sosial ekonomi menurut para ahli, tingkatan, tolak ukur dan faktor yang memengaruhi status sosial ekonomi seseorang secara lengkap.

Baca JugaPengertian Status Sosial

Pengertian Status Sosial Ekonomi

Pengertian status sosial ekonomi adalah tolak ukur wibawa milik individu dalam masyarakat didasarkan pada posisi yang didudukinya ; profesi yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari; kondisi yang mencitrakan kedudukan sebuah keluarga dalam masyarakat atas dasar materi/harta yang dimilikinya.

Tolak ukur status sosial ekonomi individu bisa dari sejumlah unsur kepentingan dalam kehidupan manusia dan juga statusnya dalam masyarakat diantaranya profesi, sistem kekerabatan, jabatan serta agama yang dianutnya.

Pengertian sosial ekonomi merupakan statkedudukan individu dalam suatu kelompok masyarakat berdasarkan jenis kegiatan ekonomi, pendapatan dan pendidikan mereka.

Status sosial ekonomi yang dimiliki menunjukkan adanya ketidakseimbangan tertentu dalam masyarakat akibat pekerjaan yang setiap individu miliki dengan perbedaan prestasi, serta kemampuan individu dalam mencapai jabatan yang lebih tinggi dari orang lain; perbedaan jenjang pendidikan, besarnya kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang jauh lebih baik dari orang lain; perbedaan sumber daya ekonomi yang dimiliki serta otoritas mempengaruhi kelompok masyarakat, kemampuan mempengaruhi sumber daya dan keikut sertaan yang berbeda dalam masyarakat menyebabkan ketidaksetaraan peluang yang dimiliki.

Lengkapnya, suatu status sosial ekonomi melukiskan situasi dari individu atau kelompok masyarakat yang dilihat dari segi ekonomi yang dimiliki, lukisan tersebut mulai dari jenjang pendidikan, jabatan dalam pekerjaan, serta penghasilan/gaji.

Semua orang pasti ingin memiliki status sosial ekonomi yang lebih baik dari sebelumnya tapi nyatanya banyak yang masih memiliki status sosial ekonomi yang rendah.

Pengertian Sosial Ekonomi Menurut Para Ahli

Nasution dan Nur (1986)

Pengertian status sosial ekonomi ialah sebuah taraf hidup yang seseorang miliki atas dasar kemampuan dalam mencukupi kebutuhan harian dari perolehan penghasilan sehingga berperan dalam status sosial seseorang tersebut dalam masyarakat.

FS Chapin

Definisi status sosial ekonomi adalah posisi yang diduduki seseorang ataupun keluarga berkaitan dengan standar yang umumya berlaku mengenai kultural, penghasilan, kepemilikan barang dan keikutsertaannya dalam kelompok komunitas.

Baca Juga : Pengertian Kelompok Sosial

Abdulsyani (1994)

Pengertian sosial ekonomi ialah posisi individu dalah kehidupan masyarakat berdasarkan pangkat, tipe tempat tinggal, kegiatan ekonomi, penghasilan dan juga jenjang pendidikannya.

Soekanto (2001)

Sosial ekonomi yaitu status individu dalam masyarakat berhubungan dengan individu lain dalam artian lingkungan pergaulan, prestasi, hak dan kewajiban berkaitan dengan sumber daya.

Santrock (2007:282)

Sosial ekonomi merupakan penggolongan individu atas dasar kesesuaian ciri profesi, economic education.

Melly G Tan

Sosial ekonomi juga bisa diartikan sebagai status sosial ekonomi memiliki 3 faktor yakni profesi, pendidikan dan penghasilan.

Baswori dan Juariyah (2010)

Status sosial ekonomi didefinisikan sebagai kondisi yang menyatakan kemampuan keuangan keluarga dan instrumen material yang dipunyai.

Tingkatan Status Sosial Ekonomi

Di dalam bermasyarakat dikenal 3 tingkatan status sosial ekonomi, antara lain:

Kelas Atas

Kelas atas atau upper class adalah kelompok atau kelas sosial yang berisi orang maupun keluarga berstatus sosial tinggi atau kaya raya mulai dari konglomerat, orang dengan kekuatan politik besar, goloongan eksekutif dan lainnya.

Masyarakat upper class bisa dengan mudah memenuhi kebutuhan hidupnya bahkan melebihinya mulai dari kebutuhan primer (sandang, pangan, papan), kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier.

Kelas Menengah

Kelas menengah atau middle class adalah kelompok atau status sosial dalam masyarakat yang memiliki kemampuan berada dibawah kelas atas dan diatas kelas bawah alias memiliki stasus ekonomi sosial sedang.

Orang dalam middle class ini umumnya terdiri dari profesional atau pengusaha kecil yang memiliki kehidupan tidak berlebihan atau lebih dari cukup dalam mencukupi kebutuhan hariannya.

Kelas Bawah

Kelas bawah atau lower class adalah kelompok dalam masyarakat yang memiliki gaji/pendapatan lebih kecil dibandngkan kebutuhan primernya. Orang dalam kelompok ini disebut orang miskin dan biasanya mereka berprofesi sebagai asisten rumah tangga dan lain sebagainya.

Baca Juga : Pengertian Ketimpangan Sosial

Tolak Ukur Status Sosial Ekonomi

Ada beberapa tolak ukur yang dipakai untuk menentukan status sosial ekonomi individu atau keluarga dalam masyarakat, diantaranya yaitu:

Kekayaan. Seseorang yang berlimpahan harta akan masuk ke kelas atas dan seseorang yang minim harta akan masuk ke kelas bawah. Ukuran kekayaan atau harta yang banyak digunakan untuk menentukan kelas atau status sosial ekonomi seseorang diantaranya kondisi rumah, kendaraan, pakaian dan juga kebiasaan berbelanja.

Kekuasaan. Individu yang mempunyai otoritas yang besar termasuk dalam kelompok masyarakat kelas atas dan individu yang tidak mempunyai otoritas maka termasuk dalam kelompok masyarakat kelas bawah.

Kehormatan. Individu yang disegani atau dihormati dalam masyarakat berada di lapisan masyarakat kelas atas dan biasanya ini terjadi dalam masyarakat tradisional.

Ilmu pengetahuan. Meski terkadang salah diartikan oleh masyarakat yang biasanya hanya memandang seseorang dari gelarnya saja, sehingga bisa menyebabkan pemanipulasian dimana individu yang ingin masuk dalam kelas atas melakukan berbagai cara untuk mendapatkan gelar yang diinginkan.

Faktor yang Mempengaruhi Status Sosial Ekonomi

Ada sejumlah faktor yang dapat mempengaruhi status sosial ekonomi seseorang dalam kehidupan dalam bermasyarakat, diantaranya:

Pendidikan

Jenjang pendidikan yang ditempuh berperan penting dalam pembentukan watak juga perilaku individu. Individu yang mengenyam pendidikan tinggi, umumnya lebih baik segi intelektualnya, mereka bisa berpikir kritis yang nantinya bisa digunakan untuk membantu peningkatan kualitas hidup mereka.

Profesi

Aktivitas ekonomi yang dilakukan atau pekerjaan yang individu/kelompok miliki diharapkan memperoleh imbalan yang setimpal untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan keluarga.

Pendapatan

Pendapatan merupakan semua hasil kerja yang didapatkan baik uang atau barang. Untuk dapat menduduki setiap pekerjaan membutuhkan bakat dan keahlian yang berbeda.

Kedudukan Sosial

Kedudukan atau status sosial berperan penting dalam penentuan sikap dan tingkah laku individu. Kedudukan tersebut bisa memberikan pengaruh pada persepsi individu. Maksud sosial tersebut ialah kedudukan yang dimiliki individu dalam pekerjaan, dimana seorang pemimpin mempunyai otoritas yang besar dibanding karyawannya dan ia juga lebih disegani.

Lebih singkatnya, faktor yang mempengaruhi sosial ekonomi seseorang dalam masyarakat antara lain:

Baca Juga : Pengertian Modal Sosial

  • Pendidikan yang ditempuh.
  • Profesi yang digeluti.
  • Jumlah gaji.
  • Kondisi rumah.
  • Domisili.
  • Kekayaan yang dimiliki.
  • Posisi dalam perusahaan/organisasi
  • Kegiatan ekonomi

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian status sosial ekonomi menurut para ahli, tingkatan, tolak ukur dan faktor yang mempengaruhi status sosial ekonomi seseorang secara lengkap. Semoga bermanfaat