Pengertian Temperamental : Ciri, Penyebab, Jenis, Contoh dan Cara Mengatasi SifatĀ  Temperamental

Posted on

Sifat Temperamental atau Tempramen – Apa itu orang yang temperamental? Bagaimana cara mengatasi orang yang temperamental? Apakah orang temperamen bisa berubah? Apakah temperamen berbeda dengan kepribadian?

Agar lebih memahaminya, kali ini kita membahas materi temperamental tentang pengertian tempramental menurut para ahli, ciri, jenis, faktor penyebab, contoh dan cara mengatasi sikap temperamental secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Agresivitas

Pengertian Temperamental

Pengertian temperamen yaitu gaya perilaku individu dan cara khas merika dalam memberikan respon/tanggapan. Terdapat individu dengan temperamen aktif dan ada juga yang memiliki temperamen tenang.

Temperamen juga diartikan sebagai perbedaan perilaku dan emosi setiap orang dalam merespon suatu hal. Lebih singkatnya temperamental bukan yang membedakan perilaku tapi kecenderungan dalam berperilaku. Sikap temperamental identik dengan orang yang mudah marah.

Terbentuknya sikap tempramen terjadi karena watak bawaan biologis seorang individu. Untuk mengetahui tingkat temperamental bisa dilakukan dengan mengikuti tes psikologi dan tingkah laku. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi temperamen seseorang tapi tak ada yang tahu secara pasti kapan temperamen tersebut terlihat bahkan orang tua mereka sekalipun.

Temperamen berbeda dengan kepribadian, temperamen merupakan sifat-sifat individu yang sudah menjadi bawaan dari lahir, sedangkan kepribadian adalah gabungan sifat yang dimiliki individu yang memberi pengarahan untuk bertingkah laku, berperasaan dan berpikir secara khas berkaitan dengan lingkungan sosial mereka.

Pengertian Temperamen Menurut Para Ahli

Sujanto

Asal istilah tempramen yaitu tempra yang artinya campuran. Sikap temperamen berasal dari sejumlah zat dalam tubuh yang mempengaruhi tingkah laku seseorang.

Edwald

Definisi tempramaen iyalah suatu sikap yang mendapat pengaruh dari jasmani dan psikis. Sikap tempramen merupakan keturunan dan watak bawaan individu. Lingkungan dan pendidikan tak berdampak langsung pada temperamen individu.

Alport

Pengertian tempramen ialah suatu jenis sifat emosi milik seseorang, tanggapan terhadap dorongan emosi, kecepatan menanggapi suatu hal serta suasana hati. Gejala itu bergantung pada diri individu dan dapat dipengaruhi faktor keturunan.

Baca Juga : Pengertian Budi Pekerti

Ciri-Ciri Temperamental

Adapun ciri atau karakteristik orang temperamen, antara lain:

  • Tujuan hidupnya hanya untuk menyenangkan diri sendiri karna ia menganggap kekayaan yang dimiliki adalah haknya dan sukar berempati juga bersimpati pada orang lain.
  • Menuntut banyak hal secara berlebihan kepada orang sekitarnya.Benyak Membuat banyak aturan yang mengekang pasangan sehingga sang pasangan tak bebas melakukan hal yang ia inginkan.
  • Memiliki rasa iri dan cemburu yang berlebihan terhadap orang lain sehingga ia tak banyak disukai orang disekitarnya.
  • Memiliki perasaan yang terlalu sensitif atau mudah tersinggung sebab merasa ia sedang dibicarakan dirinya padahal ia belum tahu hal yang sebenarnya.
  • Tak pernah pernah mau disalahkan dan menganggap dirinya paling benar.
  • Banyak menyimpan dendam dan ingin membalasnya.
  • Buruk dalam mengatur emosi sehingga ia sering berkata kasar.
  • Tidak bisa mengendalikan emosinya sehingga mudah emosi.

Penyebab Temperamental

Berikut ini beberapa faktor yang dapat mempengaruhi temperamen, diantara yaitu:

Jenis Kelamin dan Budaya

Gender sangat berpengaruh pada tingkat temperamental dari seorang individu. Laki-laki terkadang lupa mengontrol emosi sebab ia lebih mementingkan ego. Meski begitu, ada juga perempuan yang tempramen.

Selain itu, tradisi dan budaya juga berpengaruh pada pembentukan karakter individu. Karakter seseorang akan berbeda ketika dalam suatu lingkungan budaya dimana seseorang akan mengerjakan suatu hal dengan halus, berbeda dengan karakter seseorang yang hidup dalam budaya yang keras.

Lingkungan

Lingkungan sangatlah berpengaruh pada seseorang, baik secara tak langsung maupun langsung. Lingkungan pergaulan akan menggambarkan cara bersikap seseorang. Lingkungan pergaulan tersebut bisa berupa lingkungan pergaulan yang sehat yang tertunya akan memberikan pengaruh yang baik bagi individu dan lingkungan tak sehat akan memberikan pengaruh yang buruk.

Baca Juga : Pengertian Kecerdasan Moral

Cara Mendidik

Pola asuh atau cara mendidik anak yang dilakukan orang tua akan membentuk karakter mereka. Sifat anak tidak akah jauh berbeda dengan pola asuh yang diberikan oleh orang tua mereka.

Keturunan

Asal sifat temperamental seseorang bisa saja adalah faktor keturunan atau bawaan dari lahir. Sikap temperamen bawaan lahir sulit diubah tapi jika ada keinginan maka bisa dikendalikan.

Jenis Temperamen

Terdapat beberapa macam jenis temperamental diantaranya yaitu:

Sanguinis

Individu dengan temperamen sanguin mempunyai karakteristik periang dan penuh harapan, serta menganggap semua hal yang ia lakukan sangatlah penting, namun bisa melupakannya dengan cepat. Mereka selalu ingin tepat janji tapi selalu gagal melakukannya sebab ia tak cukup ingin melakukannya.

Si sangunis merupakan orang yang sangat luwes, pandai bergaul dan periang. Namun si sanguin ini selalu berhutang, sulit membayar dan terus meminta jangka waktu tambahan untuk bisa melunasinya.

Melakolis

Individu dengan temperamen melankolis memiliki ciri-ciri seperti selalu menganggap semua hal itu sangat penting; selalu mengkhawatirkan hal yang kecil dan sepele, ia mengganggap hal tersebut adalah kesulitannya. Sikap tersebut muncul akibat pengaruh lingkungan pergaulan bukan karena pengetahuannya terhadap suatu hal.

Si melankolis ini sulit merasa bahagia penyebabnya adalah ia terus menghawatirkan semua hal, selalu berprasangka serta selalu memikirkan hal yang ditakuti.

Baca Juga : Pengertian Kecerdasan Sosial

Kolerik

Seseorang dengan temperamen kolerik memiliki karakteristik mudah marah dan mudah emosi tapi apabila lawannya mengakui kekalahan maka ia juga mudah tenang; si kolerik adalah orang sibuk tapi tak suka berada ditengah kesibukan sebab ia suka ketenangan; si kolerik lebih suka memberi perintah dibanding bekerka tapi ia tak suka jika perintahnya diganggu dan hanya ingin tahu hasilnya.

Si kolerik suka dipuji, cinta dan bangga pada diri sendiri, suka kemewahan dan penampilan, kirir, sangat sopan tapi sebab ada tujuan tertentu, serta jika ada yang menilak kerja sama dengannya maka ia akan sangat sakit hati.

Fletmatik

Seseorang dengan temperamen fletmatis atau phlegmatis memiliki karakteristik tak bersemangat tinggi dan tak bergairrah, mampu memalsukan perkataannya sehingga tak terlihat hanya sesuai spekulasinya dan ia tak mudah dipengaruhi orang lain; sukar dekat dengan orang lain tapi jika sudah dekat maka hubungan mereka akan lama bertahan.

Selain itu, si fletmatik akan bertindak sesuai keyakinannya; bijaksana, cerdik dan ramah sehingga jika ia absen dari sejumlah hal maka ia tetap dihormati; ia seolah-olah memberikan solusi kepada orang lain tapi ada maksud dibalik itu semua diantaranya bermanfaat baginya dan mengembangkan kemampuannya.

Dampak Sifat Temperamental

Adapun bahaya sifat temperamental alias suka marah-marah bagi kesehatan diantaranya yaitu:

  • Risiko gangguan jantung meningkat.
  • Sistem imum melemah.
  • Risiko gangguan paru-paru meningkat.

Contoh Temperamental

Berikut ini beberapa contoh sifat tempramen pada diri seseorang, diantaranya:

  • Kurang dapat menyesuaikan diri (adaptasi) terhadap lingkungannya.
  • Lambat melakukan suatu hal.
  • Kegiatan sehari-hari tidak dilakukan dengan baik.
  • Mudah gelisah tanpa sebab atau hanya karena masalah sepele.

Cara Mengatasi Sifat Temperamental

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi sifat temperamental yang kalian miliki, diantaranya:

  • Pertama, ketahui penyebab dari sifat temperamental yang kalian miliki.
  • Selanjutnya, menerapkan kesadaran penuh (mindfulness) yang dapat membantu mengendalikan tanggapan pada sesuatu yang menyulut emosi.
  • Kemudian, mulai lakukan olahraga secara rutin sebab bisa membantu kalian mengontrol diri.

Baca Juga : Pengertian Metakognisi

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian tempramental menurut para ahli, ciri, jenis, faktor penyebab, contoh dan cara mengatasi sikap temperamental secara lengkap. Semoga bermanfaat