Pengertian Kesempatan Kerja : Jenis dan Faktor Yang Mempengaruhi Kesempatan Kerja

Posted on

Pengertian Kesempatan Kerja – Apa yang dimaksud dengan kesempatan kerja? Sebutkan jenis kesempatan kerja? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian kesempatan kerja, jenis dan faktor yang mempengaruhi kesempatan kerja secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Penempatan Kerja

Pengertian Kesempatan Kerja

Pengertian kesempatan kerja atau peluang kerja adalah ketersediaan lapangan kerja untuk angkatan kerja yang memerlukan pekerjaan.

Definisi kesempatan adalah jumlah lapangan kerja yang ada atau yang siap ditempati para angkatan kerja (orang yang sudah bekerja atau sedang mencari kerja, contohnya siswa, mahasiswa, irt dan lain sebagainya).

Kesempatan kerja berkaitan erat dengan kemampuan pemerintah untuk membuat investasi yang aman. Apabila negara dapat menyediakan semakin banyak lapangan kerja maka kesempatan kerja bagi pencari kerja semakin besar dan jumlah pengangguan akan berkurang.

Kesempatan kerja juga menggambarkan jumlah keseluruhan angkatan kerja yang dapat terserap dan aktif dalam kegiatan ekonomi.

Jenis Kesempatan Kerja

Ada 2 jenis kesempatan kerja diantaranya yaitu:

Kesempatan Kerja Permanen

Pengertian kesempatan kerja permanen adalah peluang kerja yang memberikan kemungkinan seseorang untuk bekerja secara berkelanjutan hingga pensiun atau hingga mereka tak mampu lagi bekerja. Kesempatan kerja permanen ini umumnya berupa pekerjaan di perusahaan pemerintahan ataupun swasta yang memiliki jaminan sosial atau jaminan hari tua. Contoh kesempatan kerja permanen diantarnya yaitu Pegawai Negeri Sipil (PNS), Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polri (Kepolisian Negara Republik Indonesia) dan lain sebagainya.

Kesempatan Kerja Temporer

Pengertian kesempatan kerja temporer adalah peluang kerja yang memberikan kemungkinan seseorang bekerja dalam waktu yang tidak lama kemudian menjadi penganggura lalu berusahan menemukan pekerjaan baru yang lainnya. Contoh kesempatan kerja kontemporer diantaranya karyawan atau pekerja yang terkait dengan kontrak dalam waktu yang telah tertera dalam kontrak.

Baca Juga : Pengertian Kesiapan Kerja

Faktor yang Mempengaruhi Kesempatan Kerja

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi suatu kesempatan kerja diantaranya yaitu:

  • Jumlah pertumbuhan/pertambahan penduduk di suatu negara, sebab semakin besar tingkat pertumbuhan penduduk maka semakin besar pula jumlah angkatan kerja baik yang sedang bekerja dan sedang mencari pekerjaan.
  • Taraf pemberian upah atau gaji kepada pekerja atau sumber daya manusia.
  • Situasi ekonomi yang ada di sebuah daerah/negara.
  • Mutu atau keproduktifan yang dimiliki sumber daya manusia di suatu negara/daerah.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Mencari Pekerjaan

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi pencari kerja saat mencari pekerjaan, antara lain.

  • Tipe usaha dan ilustrasi perusahaan/organisasi juga dimana adanya lowongan kerja tersebut.
  • Kesesuaian pekerjaan dengan pendidikan ataupun latar belakang yang dimiliki.
  • Ruang lingkup pekerjaan tersebut.
  • Jumlah upah atau gaji yang ditawarkan atau yang nantinya akan diterima.
  • Prospek perusahaan dan pekerjaan di masa yang akan datang.
  • Keuntungan lain yang nantinya akan diperoleh seperti asuransi jiwa, perolehan cuti, dan jaringannya.

Baca Juga : Pengertian Disiplin Kerja

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian kesempatan kerja, jenis dan faktor yang mempengaruhi kesempatan kerja secara lengkap. semoga bermanfaat