Pengertian Enkulturasi : Fungsi, Media, Proses dan Contoh Enkulturasi

Posted on

Pengertian Enkulturasi – Apa yang dimaksud dengan enkulturasi? Sebutkan contoh enkulturasi? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian enkulturasi menurut para ahli, fungsi, media, proses, dampak dan contoh enkulturasi secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Akulturasi

Pengertian Enkulturasi

Secara etimologis, enkulturasi berasal berasal dari kata bahasa inggris yaitu institutionalization yang berarti pembudayaan.

Pengertian enkulturasi adalah pengkajian tentang nilai juga norma kebudayaan yang terjadi pada seseorang di masa hidupnya.

Enkulturasi atau pembudidayaan diartikan sebagai mekanisme pembelajaran dan penyesuaian antara pikiran dan sikap seseorang pada norma, adat istiadat dan juga kebijakan yang ada dalam kebudayaan sekitarnya.

Definisi enkulturasi yakni proses sosial individu dalam mengkaji dan melakukan penyesuaian ide dan sikap pada tradisi, norma, tatanan sosial dan juga hukum yang tumbuh dalam kebudayaannya.

Enkulturasi iyalah proses yang dilakukan secara ajeg oleh seseorang yang kemudian menjadi suatu kebiasaan dan juga kultur dalam kehidupannya.

Lebih singkatnya, pengertian alkulturasi ialah proses seseorang dalam memahami hasil kebudayaannya yang berlangsung secara berkesinambungan.

Hasil proses enkulturasi ialah jati diri pribadi individu dalam kelompok masyarakat dimana individu akan dibuat mempunyai rasa tanggung jawab oleh masyarakat. Seringkali, proses enkulturasi ini membuat sejumlah orang diasingkan tujuannya untuk membuat mereka memiliki rasa tanggung jawab.

Ada 2 aspek utama dalam proses enkulturasi diantaranya pendidikan formal melalui instansi pendidikan dan pendidikan informal melalui pendidikan keluarga maupun teman.

Suatu enkulturasi terjadi saat individu bersosialisasi dengan masyarakat mulai dari ia kanak-kanak sampai ia tua. Dengan adanya proses enkulturasi maka individu belajar menghargai dan respect terhadap lambang bangsa dengan menyanyikan lagu kebangsaan di sekolah dan berbagai hal positif lainnya serta membuat indivitu menyadari hak dan kewajiban dari diri sendiri dan orang lain.

Baca Juga : Pengertian Masyarakat Multikultural

Pengertian Enkulturasi Menurut Para Ahli

Redfield, Linton dan Herskovits (1936)

Akulturasi yaitu memahami fenomena yang terjadi ketika kelompok individu yang memiliki budaya berbeda melakukan kontak langsung secara terus menerus, dengan perubahan selanjutnya dalam pola budaya asli dari salah satu atau kedua kelompok.

Havilland (1988)

Arti enculturation merupakan penerapan pendidikan oleh seseorang yang bermula dari tradisi masyarakat yang berkaitan dengan perlindungan atau papan dan pangan. Penerapan pendidikan ini pada anak akan membuat anak saat dewasa nanti memiliki personality yang baik

Koentjaraningrat

Pengertian enkulturasi adalah sistem pembelajaran dann penyesuaian nalar dan sikap pada peraturan, norma dan adat istiadat yang ada dalam kultur individu.

Peter Poole (2002)

Enkulturasi mengacu pada proses belajar suatu budaya yang terdiri dari pengetahuan yang didistribusikan secara sosial dan dibagikan yang diwujudkan dalam persepsi, pemahaman, perasaan, niat, dan orientasi yang menginformasikan dan membentuk imajinasi dan pragmatik kehidupan sosial.

M.J.Herskovits

Definisi enkulturasi ialah sebuah proses dimana seseorang dengan sadar ataupun tak sadar, mengekplorasi semua kultur masyarakat.

E. Adamson Hoebel

Enkulturasi iyalah situasi dimana individu dengan sadar maupun tanpa sadar dapat mengakulturasikan budaya dan memasukkan nilai budaya tersebut dalam kehidupan masyarakat.

Baca Juga : Pengertian Kebudayaan Nasional

Fungsi Enkulturasi

Adapun manfaat enkulturasi diantaranya yaitu:

Sosialiasasi Nilai
Yakni fungsi untuk memberikan pengetahuan dan perkenalan terhadap nilai kultur yang ada.

Identitas Sosial
Ini akan tergambar dengan perilaku dalam berbahasa baik verbal maupun nonverbal. Dari perilaku berbahasa tergambar identitas diri dan identitas sosial sehingga bisa diketahui asal usul suatu suku bangsa, agama dan juga jenjang pendidikan individu.

Media Enkulturasi

Ada 3 media yang digunakan dalam enkulturasi, diantaranya:

  • Keluarga
  • Masyarakat
  • Pendidikan formal di sekolah.

Proses Enkulturasi

Dalam proses enkulturasi, seseorang mengkaji dan menyelaraskan sikap dan akal dengan hukum adat, norma juga kebijakan yang tumbuh di dalam kebudayaan.

Dalam kehidupannya, seseorang seringkali mencontoh dan membudidayakan beragam aktivitas setelah emosi juga nilai kultur yang memberikan dorongan pada kegiatan mencontoh dan ditanamkan dalam kepribadian miliknya.

Pada kehidupan awal, individu menghabiskan masa kecilnya dengan keluarga dan merefleksi nilai juga perilaku dari keluarganya. Anak kecil belajar norma yang ada di masyarakat dari keluarga dan juga teman sepermainannya, ia akan mengikuti segala aktivitas yang ada di masyarakat. Terkadang orang tua memberikan dorongan pada anak mereka untuk bertindak sama seperti kemauan masyakarat dengan memuji dan memberikan hukuman jika perilakunya menyimpang.

Terkadang seseorang mempelajari norma yang berlaku dalam masyarakat hanya penggalan-penggalan saja karena mendengar dari orang berbeda di lingkungan tang berbeda pula. Sebenarnya, tidak hanya diajarkan di lingkungan keluarga dan masyarakat, norma juga diajarkan disekolah formal.

Baca Juga : Pengertian Integrasi Nasional

Dampak Kegagalan Enkulturasi

Apabila terjadi kegagalan dalam proses enkulturasi maka seorang individu akan tampak canggung dan kaku dalam bergaul dalam masyarakat, ia akan lebih menghindari norma dan aturan yang berlaku dalam masyarakat sehingga hidupnya penuh konflik.

Contoh Enkulturasi

Berikut ini beberapa contoh bentuk enkulturasi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat juga dalam kebudayaan dan pendidikan diantaranya yaitu:

  • Kebiasaan waktu sarapan seseorang, dimana kebiasaan tersebut terjadi dari penyesuaian diri dengan apa yang sudah diajarkan dan tertanam padanya.
  • Kebiasaan tidur siang seseorang, dimana seseorang yang sudah biasa dengan keteraturan tidur siang yang dilakukan maka itu akan ia lakukan secara terus menerus bahkan setelah berkeluarga dan keluarga barunya kemungkinan juga akan memiliki kebiasaan yang sama.
  • Perilaku suku Baduy yang menutup diri dari pengaruh dunia luar yang dianggap akan berdampak buruk bagi kehidupan mereka. Hal ini secara turun temurun tertanam pada generasi suku baduy, sehingga tak heran apabila kebudayaan tak menerima perkembangan.
  • Pemberian pendidikan tentang ideologi negara Indonesia yaitu ideologi pancasila sejak dini harus dilakukan secara ajeg hingga ia memahami ideologi yang dianut bangsa Indonesia.

Baca Juga : Pengertian Asimilasi

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian enkulturasi menurut para ahli, fungsi, media, proses, dampak dan contoh enkulturasi secara lengkap. Semoga bermanfaat