Pengertian Manajemen Industri : Sejarah, Fungsi, Tingkat dan Pendidikan Manajemen Industri

Posted on

Pengertian Manajemen Industri – Apa yang dimaksud dengan manajemen industri? Apa saja tingkatan manajemen indutri?

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian manajemen industri, sejarah, fungsi, tingkat dan pendidikan manajemen industri secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Manajemen Administrasi

Pengertian Manajemen Industri

Pengertian manejemen industri secara umum adalah proses mengatur mulai dari merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan dan mengontrol yang dilakukan sutu industri untuk mencapai tujuan usaha secara efektif dan efisien.

Definisi manajemen industri yaitu kemampuan manajemen suatu industri dalam mengembangkan industri dengan prinsip perencanaan, hingga pengontrolan, pemenuhan fungsi manajerial untuk mencapai tujuan usaha, tingkatan manajemen yang didukung oleh keterampilan yang diperlukan dalam menggerakkan sumber daya manusia sampai dengan pasar.

Manajemen industri juga dapat diartikan sebagai cabang teknik yang berkaitan dengan penciptaan dan pengendalian sistem yang menggabungkan sumber daya manusia dan energi dengan lebih produktif.

Sejarah Manajemen Industri

Manajemen industri merupakan hasil pengembangan dari manajemen pabrik, dimana kedua manajemen tersebut mempunyai kemiripan yang kuat yakni manajemen teknis atau manajemen teknik. Manajemen industri dapat membenahi pertanyaan yang ada pada organisasi pabrik dan administrasi perkantoran serta akuntansi keuangan, seperti pembukuan pabrik.

Pada tahun 1952, MIT School of Management Industry berdiri dan pembentukannya sangat berperan dalam perkembangan manajemen industri. Kemudian, tahun 1964 MIT School of Management Industry mengalami pergantian nama menjadi MIT Sloan School of Management.

Tujuan MIT School of Management Industry adalah memebri pendidikan dan membentuk manajer ideal lewat program manajemen pascasarjana. Kemudian, program tersebut menjadi acuan bagi banyak lembaga pendidikan manajemen yang lain.

Fungsi Manajemen Industri

Berikut ini fungsi dan peran manajemen manajemen industri diantaranya yaitu:

Merencanakan (Planning)

Dalam fungsi perencanaan, manajemen industri berfungsi menjabarkan sasaran atau tujuan; menciptakan strategi serta melakukan pengembangan rencana mengkoordinir kegitan.

Mengorganisir (Organizing)

Dalam fungsi pengorganisasian, manajemen industri berperan dalam menentukan apa yang akan dilakukan, bagaimana melakukannya, siapa yang melakukan dan pada siapa melaporkannya.

Membimbing (Leading)

Dalam fungsi pembimbingan, manajemen industri berfungsi memberikan arah dan motivasi, menciptakan komunikasi paling efektif dan mengatasi masalah.

Mengendalikan (Controlling)

Dalam fungsi pengontrolan, manajemen industri berfungsi memantau kegiatan apakah sudah sesuai rencana dan memperbaiki penyimpangan yang terjadi.

Baca Juga : Pengertian Manajemen Krisis

Tingkat Manajemen Industri

Umumnya, terdapat dua tingkatan manajemen industri dalam suatu usaha, antara lain:

Tingkat Manajemen Secara Vertikal

Ada 3 bagian manajemen secara vertikal, yakni

Manajemen Puncak

Manajemen puncak (top management atau coorporate) atau lebih umum disebut Chief Executive Officer (CEO) yang terdiri dari sejumlah pemimpin. CEO memiliki tugas dan kewajiban menciptakan kebijakan strategis dalam jangka panjang dan sifat pekerjaan lebih pada tugas manajerial.

Manajemen Menengah

Manajemen menengah (midle managementm atau business) atau lebih umum disebut Divisional Manager. Tugas dan tanggung jawab manajer divisi adalah merencanakan dan melaksanakan secara taktis.

Manajemen Bawah

Manajemen bawah (first line management atau fungsional) atau yang umumnya disebut functional manager. Dalam jenis manajemen ini, terdapat supervisor dan mandor yang memiliki tugas mengarahkan pekerjaan operasional pada pelaksana sesuai dengan rencana yang telah dibentuk manajer atas.

Tingkat Manajemen Secara Horizontal

Ada 6 tingkat manajemen secara horizontal, antara lain:

Administrasi

Merupakan divisi yang bertugas dan bertanggungjawab membuat, mengarsipkan dan mengekspedisi surat menyurat dari dan untuk perusahaan/organisasi.

Akuntan

Merupakan divisi yang bertugas dan bertanggungjawab mencatat semua transaksi keuangan, baik pemasukan maupun pengeluaran. Selain itu juga bertanggungjawab dalam membuat laporan neraca laba rugi secara berkala.

Keuangan

Merupakan divisi yang bertugas mengelola dan mengalokasikan dana agar keperluan dana organisasi dan semua divisi didalamnya terpenuhi.

Personalia

Merupakan divisi yang bertanggungjawab mengelola sumber daya manusia. Tugas divisi personalia antara lain menyelenggarakan pelatihan, menilai prestasi kerja sampai dengan memberi promosi.

Produksi

Merupakan divisi yang bertanggungjawab merencanakan, melaksanakan dan mengendakan produksi. Tugas divisi produkdi antara lain mengolah bahan baku menjadi produk atau jasa bernilai jual.

Litbang

Merupakan divisi yang bertugas meriset pasar, mengembangkan produk/jasa serta menganalisis persaingan.

Baca Juga : Manajemen Personalia

Pendidikan Manajemen Industri

Saat ini telah banyak perguruan tinggi dengan jurusan manajemen industri. Kelebihan pendidikan manajemen industri adalah terfokus pada bisnis tertentu. Dengan ilmu manajemen industri, maka individu mampu memperkirakan pertumbuhan perusahaan juga dapat ikut serta memecahkan masalah logistik dalam operasional bisnis.

Kebanyakan lulusan manajemen industri memulai karir dengan mengikuti program rotasi pengembangan kepemimpinan organisasi agar mendapatkan pengetahuan dalam teknis dan bisnis. Selain itu, banyak pula lulusan manajemen industri yang memulai karier sebagai analis bisnis software, analis sumber strategis, analis operasio dan penyelia produksi.

Sejumlah jurusan manajemen yang berfokus pada bidang tertentu, antara lain:

  • Sistem Informasi Manajemen
  • Rekayasa Keuangan
  • Ekonomi
  • Konsultasi Analitis (Analytical Consulting)
  • Manajemen Operasi dan Rantai Pemasok (Operasi & Supply Chain Management)
  • Manufaktur dan Jasa Manajemen Operasi
  • Metode Kuantitatif
  • Teknik
  • Ilmu Komputer
  • Statistik dan Ilmu (Ilmu Planet, Atmosfer, Bumi, Fisika, Kimia, Matematika dan Biologi).

Baca Juga : Pengertian Manajemen Keuangan

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian manajemen industri, sejarah, fungsi, tingkat dan pendidikan manajemen industri secara lengkap. Semoga bermanfaat