Pencegahan Penyakit Jantung

Fungsi Jantung : Pengertian, Gambar, Anatomi Bagian, Gangguan dan Penyakit Pada Jantung Manusia

Posted on

Fungsi Jantung Manusia – Apa yang dimaksud dengan jantung? Apa fungsi jantung? Sebutkan bagian jantung dan fungsinya! Sebutkan gangguan dan penykait pada jantung!

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian jantung, fungsi, struktur anatomi bagian, gangguan dan penyakit pada jantung manusia secara lengkap.

Baca Juga : Fungsi Otot Jantung

Pengertian Jantung

Jantung merupakan sebuah rongga organ berotot yang berfungsi memompa darah ke pembuluh darah dengan irama berulang. Istilah kardiak berkaitan dengan jantung, dari kata Yunani cardia untuk jantung. Jantung adalah salah satu organ manusia yang memiliki peran penting dalam sistem peredaran darah.

Fungsi Jantung

Secara umum, fungsi utama jantung adalah sebagai alat atau organ oemonpa darah pada manusia dimana jantung memompa darah ke seluruh tubuh dan menampungnya kembali setelah dibersihkan paru-paru.

Untuk menjalankan fungsinya, jantung akan mengumpulkan darah yang kekurangan oksigen dari seluruh tubuh kemudian memompanya ke paru-paru dan darah yang kaya oksigen dari paru-paru akan diedarkan ke seluruh jaringan tubuh manusia.

Struktur Anatomi Jantung

Jantung berperan penting dalam proses peredaran darah. Jantung manusia terbagi menjadi empat ruang yaitu atrium kanan dan kiri serta ventrikel kanan dan kiri. Secara struktur, dinding atrium lebih tipis dibandingkan dinding ventrikel. Dinding ventrikel kiri lebih tebal dibanding ventrikel kanan. Hal tersebut dikarenakan ventrikel kiri membutuhkan kekuatan yang lebih besar untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Antara atrium kiri dan kanan tersekat oleh bagian yang disebut septum atrioreum. Sedangkan ventrikel kiri dan kanan tersekat oleh septum interventri-kularis. Pada embrio, sekat atrium belum tertutup sehingga sekat ini berlubang yang disebut dengan foramen ovale. Sekat pemisah antara atrium dan ventrikel disebut dengan septum atrioventrikularis.

Selain sekat, jantung mempunyai katup yang disebut valvula. Letak katup jantung tersebut berada diantara atrium kanan dan ventrikel kanan disebut valvula trikuspidalis. Katup atrium kiri dan ventrikel kiri disebut dengan valvula bikuspidalis. Fungsi dari katup-katup tersebut adakah untuk menjaga agar darah dalam ventrikel tidak kembali ke atrium. Selain itu, aorta dan arteri pulmonalis juga memiliki katup yang disebut valvula semilunaris. Fungsi valvula semilunaris adalah mencegah darah yang menuju ke tubuh dan ke paru-paru tidak kembali ke jantung.

Struktur otot jantung (miokardium)mirip dengan otot lurik, namun bercabang-cabang. Otot jantung disarafi oleh saraf tidak sadar. Saraf tersebut menempel di jantung bagian tengah, diantara dua bilik sebagai berkas saraf yang menyebar yang disebut berkas His.

Cara kerja jantung yaitu berdenyut dengan siklus kontraksi-relaksasi. Periode relaksasi jantung atau diastol adalah periode ketika jantung mengembang sehingga darah mengalir ke dalam jantung. Sedangkan periode kontraksi jantung atau sistol adalah periode ketika jantung menguncup dan darah terdorong keluar. Biasanya, orang dewasa yang normal memiliki tekanan sistol kurang lebih 120 mmHg dan tekanan diastol kurang lebih 80 mmHg. Tekanan darah bisa diketahui menggunakan alat tensimeter atau Sphigmomanometer.

Berikut ini bagian-bagian dari Jantung manusia, antara lain:

Baca Juga : Fungsi Hati Manusia

Atrium atau Serambi

Atrium atau serambi adalah bentuk jamak dari atria. Atrium terbagi menjadi 2 bagian yakni atrium kanan atau serambi kanan dan atrium kiri atau serambi kiri. Letak atrium berada di dua ruang teratas dari empat ruang utama pada jantung. Fungsi atrium kanan adalah menerima darah yang kaya akan karbon dioksida (CO2) dari seluruh tubuh lalu membawanya ke vertikel kanan. Fungsi atrium kiri adalah menerima darah yang kaya akan oksigen (O2) dari paru-paru lalu membawanya ke vertikel kiri.

Ventrikel atau Bilik

Letak ventrikel atau bilik jantung berada di dua ruang terbawah dari empat ruang jantung. Fungsi ventrikel atau bilik jantung adalah menerima darah dari atrium lalu membawanya ke luar jantung. Ada 2 bagian ventrikel atau bilik yakni ventrikel kanan atau bilik kanan dan ventrikel kiri atau bilik kiri. Fungsi bilik atau ventrikel kanan adalah menerima darah dari atrium kanan dan membawanya ke paru-paru, sedangkan fungsi bilik atau ventrikel kiri adalah menerima darah dari atrium kiri dan membawanya ke seluruh tubuh.

Aorta

Aorta adalah pembuluh nadi atau arteri terbesar dalam tubuh, letak pembuluh aorta berada pada bagian atas jantung. Fungsi aorta adalah membawa darah yang kaya oksigen dari ventrikel kiri ke seluruh tubuh.

Katup Aorta

Katup aorta adalah katup yang memisahkan antara aorta dengan ventrikel kiri. Perubahan tekanan darah pada kedua bagian katup menyebabkan katup mampu terbuka dan tertutup. Fungsi katup aorta adalah untuk mencegah darah mengalir ke arah yang salah.

Katup Trikuspidalis

Katup trikuspidalis atau katup trikuspid tersusun atas tiga daun katup. Katup trikuspidalis akan terbuka jika sistole berkontraksi dan akan menutup kembali. Fungsi katup trikuspidalis adalah untuk memisahkan antara atrium kanan dan ventrikel kanan juga membantu mengalirkan darah yang mengandung sedikit oksigen dari atrium kanan ke ventrikel kanan.

Katup Mitral

Katup mitral atau bicuspid adalah jenis katup yang memisahkan antara atrium kiri dan ventrikel kiri. Katup mitral akan terbuka jika darah yang mengandung banyak oksigen dari atrium kiri akan mengalir ke ventrikel kiri. Fungsi katup mitral adalah untuk mencegah darah yang ada dalam ventrikel kiri kembali ke atrium kiri.

Katup Atrioventrikular

Katup atrioventrikular atau katup atrioventrikuler adalah jenis katup yang terletak diantara atrium dan ventrikel. Fungsi katup atrioventrikular adalah membuat darah hanya mengalir dari atrium ke ventrikel.

Arteri Pulmonalis

Arteri pulmonalis adalah jenis arteri yang mengangkut darah dari jantung ke paru-paru. Fungsi arteri pulmonalis adalah untuk mengganti karbondioksida (CO2) dan juga uap air (H2O) yang ada dalam darah dengan oksigen (O2).

Vena Kava Superior

Vena kava superior atau vena cava adalah jenis pembuluh balik (vena) terbesar yang ada dalam tubuh. Letak vena cava berada dibagian atas jantung. Fungsi vena kava superior adalah membawa kembali darah yang mengandung banyak karbondioksida dari seluruh tubuh ke bagian atas jantung.

Vena Pulmonalis

Vena pulmonalis adalah jenis pembuluh vena pembawa darah yang mengandung banyak oksigen dari jantung ke atrium kiri. Vena pulmonalis terbagi menjadi 2 bagian yaitu vena pulmonalis kanan dan vena pulmonalis kiri. Fungsi vena pulmonalis adalah membawa darah yang kaya oksigen ke jantung untuk diedarkan ke seluruh tubuh.

Baca Juga : Fungsi Pankreas

Vena Kava Inferior

Vena kava inferior atau vena cava inferior adalah salah satu pembuluh vena terbesar yang ada dalam tubuh. Fungsi vena kava inferior adalah membawa darah dari bagian bawah tubuh ke atrium kanan.

Dinding Jantung

Dinding jantung merupakan bagian terluar yang melapisi jantung. Terdapat tiga lapisan dinding jantung yang terdiri dari epikardium (terluar), miokardium (bagian tengah), dan endokardium (terdalam). Epikardium merupakan suatu membran fibrosa, miokardium tersusun atas otot jantung atau otot kardiak, dan endokardium tersusun dari epitel pipih selapis. Fungsu dinding jantung adalah untuk membuat jantung berdetak dan mencegah agar jantung tidak bocor.

Perikardium

Perikardium adalah selaput yang membungkus jantung. Fungsi selaput perikardium adalah untuk menjaga jantung dari guncangan.

Gangguan dan Penyakit Pada Jantung

Penyakit jantung biasanya terjadi akibat gaya hidup, pola makan, dan aktivitas sehari-hari yang tidak sesuai dengan kesehatan. Berikut ini beberapa gangguan dan penyakit yang dapat terjadi pada jantung, diantaranya yaitu:

Jantung Koroner

Jantung koroner merupakan kondisi dimana terdapat penyumbatan pada arteri kecil di dinding jantung yang terjadi karena penebalan dinding jantung bagian dalam. Akibatnya, aliran darah menjadi kurang lancar. Jika tidak ditangani dengan cepat, maka penyumbatan ini akan menyebabkan sel-sel otot jantung mati sehingga terjadi gangguan pada kontraksi otot jantung. Gangguan kontraksi jantung ini bisa menghambat proses pemompaan darah. Orang yang rentan terkena penyakit jantung koroner diantaranya perokok, orang yang mengonsumsi lemak berlebihan dan lansia.

Gagal Jantung

Gagal jantung (heart failure) adalah penyakit jantung dimana jantung penderita berdetak tidak normal atau tidak berdetak seperti seharusnya.

Perikarditis

Perikarditis merupakan kondisi dimana terjdi radang pada lapisan jantung (perikardium) yang disebabkan oleh infeksi.

Aritmia

Aritmia adalah gangguan irama jantung akibat gangguan rangsang dan penghantaran rangsang jantung yang berat ataupun ringan.

Inflamasi Jantung

Kondisi ini terjadi pada bagian dinding jantung, selaput yang menyelimuti jantung dan bagian dalam jantung yang disebabkan oleh racun dan infeksi.

Baca Juga : Fungsi Kantung Empedu

Penyakit Jantung Rematik

Rematik jantung adalah kondisi dimana terdapat kerusakan katup jatung yang diakibatkan demam rematik. Salah satu penyebabnya adalah bakteri streptokokus.

Kardiomiopati

Kondisi dimana adanya kerusakan atau gangguan pada otot jantung sehingga dinding jantung menjadi tidak bergerak secara sempurna saat memompa darah dan menyedot darah. Penderia kardiomiopati berisiko tinggi terkena aritmia dan gagal jantung.

Gagal Jantung Kongestif

Gagal jantung adalah kondisi dimana jantung yang tidak mampu lagi memompa darah ke seluruh tubuh. Dikatakan gagal bukan karena jantung berhenti bekerja namun karena jantung tidak dapat memompa darah seperti biasa. Akibatnya darah dapat masuk ke paru-paru atau bagian tubuh lainnya.

Kelainan Katup Jantung

Kelainan pada katup jantung berupa pengecilan, kebocoran, atau tidak sempurna menutup. Kelainan katup jantung bisa merupakan bawaan sejak lahir ataupun karena efek samping pengobatan.

Serangan Jantung (Infark Miokard)

Infark miokard adalah kondisi kematian otot jantung yang disebabkan karena adanya penyumbatan pada arteri koroner. Akibatnya, otot-otot jantung tidak tersuplai darah sehingga mengalami kerusakan bahkan kematian.

Cardiomyopathies

Cardiomyopathies merupakan gangguan otot jantung yang ditandai dengan adanya pembesaran atau pengecilan jantung secara tidak normal sehingga jantung menjadi kaku. Akibatnya jantung dapat melemah sehingga jantung memompa secara tidak normal. Jika tidak segera ditangani, maka dapat berakibat gagal jantung atau jantung dapat berdetak tapi tidak normal.

Heart Valve Disease

Kondisi dimana terjadi kerusakan pada katup jantung. Fungsi katup jantung adalah sebagai pengatur aliran darah yang masuk ke jantung.

Irama Jantung Abnormal

Detak jantung normal yaitu berkisar 60-100 kali per menit (sekitar 100 ribu/hari). Detak jantung tidak normal disebut arrhytmia atau dysrhythmia. Jantung yang berdetak lambat (di bawah 60 kali/menit) disebut bradyarrhythmia, sedangkan jantung yang berdetak cepat (berdetak di atas 100 kali/menit) disebut tachyarrhytmia.

Baca Juga : Fungsi Usus Besar

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian jantung, fungsi, struktur anatomi bagian, gangguan dan penyakit pada jantung manusia secara lengkap. Semoga bermanfaat