Fungsi Mata : Struktur Bagian, Cara Kerja dan Penyakit Pada Mata Manusia

Posted on

Struktur Mata dan Fungsinya – Bagaimana struktur dan fungsi mata manusia? Apa fungsi dari pupil mata? Apa bagian bagian mata? Apa fungsi dari aqueous humor?

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian mata manusia, struktur bagian, cara kerja dan penyakit pada mata manusia secara lengkap.

Baca Juga : Panca Indera Manusia

Pengertian Mata

Mata merupakan salah satu alat indra manusia yang berperan sebagai organ penglihatan. Mata manusia dapat membedakan sekitar 10 juta warna.

Mata mendeteksi cahaya yang masuk dan mengubah cahaya tersebut menjadi impuls elektronika pada sel saraf. Pada mikroorganisme, mata yang paling sederhana tak melakukan apapun tapi bisa mendeteksi bagimana lingkungan sekitar apakah gelap atau terang.

Sudut pandang yang dimiliki dua bola manusia tidak lebih dari 120 derajat. Dihitung dengan perhitungan kasar, resolusi penglihatan mata manusia yang memandang dalam sudut 90 derajat apabila menggunakan satuan megapixel yaitu sebesar 324 MP, sedangkan apabila memandang dalam sudut 180 derajat maka resolusinya sebesar 576 MP.

Struktur Bagian Mata Manusia

Bagian anatomi mata manusia terdiri dari organ luar mata dan organ dalam mata. Berikut ini struktur mata dan fungsinya secara lengkap:

Organ Luar Mata

Adapun organ mata bagian luar, antara lain:

Alis Mata

Fungsi alis mata yaitu untuk menahan keringat agar tidak masuk ke bola mata.

Kelopak Mata

Fungsi kelopak mata yaitu untuk menutupi dan melindungi mata.

Bulu Mata

Fungsi bulu mata yaitu untuk menyaring cahaya yang akan diterima mata.

Organ Dalam Mata

Semua bagian mata saling bekerjasama meneruskan cahaya yang berasal dari sumber cahaya ke otak untuk dapat diproses oleh sistem saraf. Berikut struktur bagian organ bola mata manusia:

Anterior Chambers dan Posterior Chambers

Ini merupakan bagian mata mirip kantung jelly yang terletak diantara kornea dan iris.

Aqueous Humor

Aqueous humor merupakan cairan yang menyediakan nutrisi dan oksigen bagi kornea dan lensa. Selain itu, fungsi aqueous humor juga sebagai penyeimbang tekanan dalam mata.

Kanal Schlemm

Letak kanal sclemmm berada di sekitar iris dan fungsinya untuk memudahkan pengeringan cairan berair.

Koroid

Koroid merupakan lapisan pembuluh darah diantara sklera dan retina.

Badan Siliari

Badan siliari merupakan tempat produksi aqueous humor.

Otot Siliari

Otot siliari merupakan bagian yang bertanggungjawab untuk mengubah bentuk lensa untuk penglihatan dengan jarak yang berbeda.

Baca Juga : Fungsi Lidah

Konjungtiva

Konjungtiva merupakan membran bening yang terletak dibagian depan mata dan kelopak mata bagian dalam. Fungsi konjungtiva yaitu menghasilkan lendir untuk melumasi mata.

Kornea

Kornea merupakan bagian mata berupa permukaan berbentuk kubah yang merupakan sistem optik nyata. Fungsi kornea adalah untuk melindungi bagian sensitif dibelakangnya dan membantu mata memfokuskan bayangan pada retina.

Lensa Kristal

Fungsi lensa kristal adalah untuk mempertahankan fokus gambar pada retina. Letak lensa kristal berada dibagian belakang kornea.

Bola Mata

Bola mata berfungsi menunjukkan penglihatan binokular dengan menggabungkkan gambar dalam korteks visual.

Rongga Mata

Rongga mata merupakan rongga yang memiliki bentuk kerucut yang berfungsi memberikan perlindungan pada mata.

Fovea

Fovea merupakan lekukan pada makula yang memiliki fungsi memberi ketajaman visual tertinggi.

Kelenjar Lakrimal

Saluran air mata atau dikenal dengan kelenjar lakrimal adalah bagian mata yang memiliki fungsi untuk mencegah dehidrasi pada kornea mata.

Kantung Lakrimal

Fungsi kantong lakrimal adalah untuk menguras air mata dan puing dari mata.

Iris

Iris merupakan bagian berupa cincin serat otot yang terletak di belakang kornea dan berfungsi untuk memberikan respon kecerahan cahaya sekelilingnya.

Makula

Makula merupakan bagian retina yang bertanggung jawab dalam penglihatan sentral.

Optic Disk

Optic disk merupakan lokasi dimana retina menciptakan titik buta.

Saraf Optik

Saraf optik merupakan jaringan serat saraf yang menghubungkan mata ke otak.

Otot Orbital

Pada mata terdapat sebanyak enam otot orbital yang bertanggung jawab dalam menggerakan mata.

Sel Fotoreseptor

Fungsi sel fotoreseptor yang merupakan bagian retina adalah mengirimkan sinyal listrik ke otak.

Baca Juga : Fungsi Kulit

Pupil dan Selaput Pelangi (Iris)

Pupil akan meneruskan cahaya yang berasal dari retina. Kemudian, kuantitas cahaya yang masuk ke bagian yang lebih dalam akan ditentukan oleh pupil. Apabila kondisi ruangan gelap maka pupil mata akan melebar dan apabila kondisi ruangan terang maka pupil akan menyempit. Lebar pupil dipengaruhi oleh selaput pelangi (iris) yang ada disekitarnya. Fungsi selaput pelangi yaitu sebagai diafragma, selaput pelangi ini merupakan bagian yang terlihat sebagai bagian yang berwarna pada mata.

Retina

Retina merupakan film mata yang mengkonversi sinar cahaya menjadi sinyal listrik. Retina atau kerap disebut dengan selaput jala adalah bagian mata yang paling peka terhadap cahaya, terutama bintik kuning. Dari retina, cahaya akan diteruskan ke saraf optik.

Epitel Pigmen Retina

Ini merupakan lapisan sel yang terletak diantara retina dan koroid yang menyerap penyebaran dan penyerminan cahaya.

Sklera (Selaput Putih)

Sklera merupakan dinding mata putih yang memakai tekanan fluida internal untuk mempertahankan bentuk mata. Ketebalan sklera rata-rata manusia yaitu sekitar 1 mm tapi pada irensi otot maka akan menebal menjadi 3 mm.

Sumbu Visual

Sumbu visual merupakan garis imajiner yang menyokong generasi dari titik fiksasi.

Rongga Vitreous

Rongga vitreous merupakan ruang antara lensa dan retina.

Vitreous Humor

Vitreous humor merupakan cairan mirip jelly yang mengisi mata.

Zonules

Zonules merupakan bagian mata yang mirip dengan tali serat dimana fungsi zonules yaitu untuk mempertahankan lensa mata pada posisinya.

Cara Kerja Mata Manusia

Kornea mata akan menerima cahaya dari sumber cahaya, lalu pupil akan meneruskan cahaya tersebut. Pupil akan menentukan kapasitas/jumlah cahaya yang masuk ke bagian mata yang lebih dalam. Apabila kondisi ruangan gelap maka pupil mata akan melebar dan apabila kondisi ruangan terang maka pupil akan menyempit. Lebar pupil dipengaruhi oleh selaput pelangi (iris) yang ada disekitarnya. Fungsi selaput pelangi yaitu sebagai diafragma, selaput pelangi ini merupakan bagian yang terlihat sebagai bagian yang berwarna pada mata.

Baca Juga : Fungsi Hidung

Lensa mata akan menerima cahaya dari pupil dan akan meneruskannya ke retina. Fungsi lensa mata adalah untuk mengatur fokus cahaya sehingga cahaya jatuh tepat pada bintik kuning retina.

Lensa akan menipis ketika melihat benda yang jauh dan lensa akan menebal ketika melihat benda yang dekat. Setelah retina, cahaya akan diteruskan ke saraf optik yaitu saraf yang memasuki sel tali dan kerucut dalam retina untuk menuju ke otak.

Penyakit Pada Mata

Berikut ini beberapa penyakit yang menyerang mata diantaranya:

Rabun Jauh (Miopi)

Pengertian miopi atau rabun jauh adalah kondisi dimana mata tak bisa melihat benda berjarak jauh. Orang dengan miopi bisa dibantu dengan pemakaian kacamata berlensa cekung.

Rabun Dekat (Hipermetropi)

Pengertian hipermetropi aau rabun dekat adalah kondisi dimana mata tidak bisa melihat benda berjarak dekat dan umumnya penderita harus menyipitkan mata untuk dapat melihat benda didekatnya. Namun, kondisi ini bisa dibantu dengan pemakaian kacamata berlensa cembung.

Mata Tua (Presbiopi)

Pengertian presbiopi atau mata tua adalah kondisi dimana tidak dapat melihat benda yang berjarak dekat maupun berjarak jauh. Umumnya kondisi ini diderita pada pertengahan umur 40-an dan memburuk diusia 65-an. Penggunaan kacamata berlensa rangkap dapat membantu kondisi ini.

Buta Warna

Pengertian buta warna adalah kondisi dimana tidak mampu mempresentasikan warna biasanya antara gradien warna merah dan hijau. Umumnya, penyakit buta warna ini merupakan penyakit keturunan tapi bisa juga disebabkan karena obat-obatan atau penyakit mata tertentu.

Katarak

Pengertian katarak yaitu kondisi dimana terjadi penebalan lensa mata sehingga penglihatan menjadi kabur atau buram. Kondisi ini umumnya diderita oleh orang lanjut usia.

Astigmatisma

Pengertian astigmatisme adalah kondisi dimana terjadi ketidakaturan lengkung permukaan bias mata yang menyebabkan cahaya tidak fokus pada satu titik retina (bintik kuning).Penggunaan kacamata silinder atau operasi refraktif dapat membantu kondisi ini.

Rabun Senja (Nyctalopia)

Pengertian rabun senja atau rabun ayam adalah kondisi dimana mata tidak bisa melihat saar sore hari saja, kondisi ini biasanya disebabkan karena mata kekurangan vitamin A.

Kerabunan dan Kebutaan

Pengertian rabun adalah kondisi dimana mata hanya bisa melihat dengan samar-samar. Sedangkan pengertian buta adalah kondisi dimana mata tidak bisa melihat sama sekali.

Baca Juga : Fungsi Telinga

Demikian artikel pembahasan materi tentang pengertian mata manusia, struktur bagian, cara kerja dan penyakit pada mata manusia secara lengkap. Semoga bermanfaat