Pengertian Bronkus : Letak, Fungsi, Struktur Bagian, Gangguan dan Penyakit Pada Bronkus

Posted on

Fungsi Bronkus – Apa yang dimaksud dengan bronkus? Apa itu bronkus? Apa fungsi trakea dan bronkus? Apa fungsi bronkus kiri? Bagaimana proses bronkus? Dimana letak bronkus?

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas materi bronkus, mulai dari pengertian bronkus, letak, fungsi, struktur bagian serta gangguan dan penyakit pada bronkus secara lengkap.

Baca Juga : Fungsi Bronkiolus

Pengertian Bronkus

Bronkus merupakan percabangan dari tenggorokan, letak bronkus berada setelah trakea dan sebelum pulmo (paru-paru). Sesudah masuk dalam paru-paru, bronkus akan bercabang dan percabangan bronkus disebut dengan bronkiolus.

Bronkus kanan akan bercabang menjadi 3 bronkus lobaris dan bronkus kiri akan menjadi 2 bronkus lobaris. Fungsi bronkus adalah membawa udara ke paru-paru.

Fungsi Bronkus

Fungsi bronkus dalam pernapasan manusia, diantaranya yaitu:

  • Menyaring Udara Pernapasan. Lapisan epitel pada bronkus mempunyai sel yang menghasilkan mukus (lendir). Selain itu, dinding sel bronkus mempunyai bulu halus (silia). Adanya mukus dan silia berfungsi menyaring dan membuat kotoran atau benda asing menempel sehingga tak akan masuk ke paru-paru.
  • Melembabkan Udara Pernapasan. Selain berfungsi membuang komponen berbahaya, mukus yang dihasilkan sel gobet pada jaringan epitel juga berfungsi melembabkan atau menghangatkan udara pernapasan.
  • Sebagai konduktor udara antara atmosfer (lingkungan luar) dengan alveoli.
  • Menghubungkan tenggorokan (trakea) dengan paru-paru.

Struktur dan Bagian Bronkus

Pada setiap lobus paru-paru, terdapat beberapa bagian bronkus, diantaranya bronkus lobaris yaitu cabang bronkus utama dengan jumlah sebanyak 3 bronkus pada paru-paru kanan dan 2 pada paru-paru kiri.

Selanjutnya, bronkus lobaris bercabang lagi menjadi bronkus segmental dimana terdapat 10 pada paru-paru kanan dan 8 pada paru-paru kiri. Bronkus segmental lalu bercabang lagi menjadi bronkus subsegmental. Bronkus subsegmental dikelilingi jaringan ikat, pembuluh darah, pembuluh limfatik dan pembuluh saraf. Setelah itu, bronkus segmental akan bercabang lagu menjadi bronkiolus dengan dinding tak berkartilago.

Baca Juga : Mekanisme Pernapasan Pada Manusia

Pada dinding bronkus tersusun dari beberapa lapisan, antara lain:

Lapisan Epitel

Jenis jaringan epitel yang menjadi penyusun bronkus yaitu epitel silindris bersilia, sel ini akan menghasilkan mukus atau cairan kental seperti lendir yang berfungsi menangkap kotoran dan melindungi saluran pernapasan dari benda asing.

Lamina Propia

Lamina propia atau jaringan ikat merupakan lapisan yang berfungsi sebagai tempat menempelnya sel-sel epitel. Lamina propia adalah lapisan jaringan ikat yang mengandung pembuluh darah, saraf dan pembuluh limfa.

Lapisan Otot

Lapisan otot yang menjadi penyusun bronkus terdiri atas otot polos. Sifat otot polos adalah bekerja tak sadar sehingga tidak dapat dikendalikan. Fungsi lapisan otot adalah sebagai pengatur lebar dari dinding bronkus yang disebabkan karena kontraksi ataupun relaksasi otot polos pada lapisan ini.

Lapisan Tulang Rawan

Tulang rawan merupakan tulang utama yang berperan sebagai penyusun sebagian besar saluran pernapasan. Pada bronkus, susunan tulang rawan mirip jala yang tak teratur. Sifat tulang rawan yaitu lunak dan elastis sehingga dapat mempermudah gerakan pernapasan. Namun percabangan bronkus yaitu bronkiolus tidak bertulang rawan.

Gangguan dan Penyakit Pada Bronkus

Berikut ini beberapa gangguan dan penyakit yang terjadi didalam bronkus, diantaranya:

Adenoma Bronkus

Pengertian adenoma bronkus adalah salah satu jenis tumor jinak yang terjadi di trakea atau bronkus yang dapat menghambat saluran pernapasan. Adenoma bronkus dapat menyebar ke bagian tubuh lain kecuali kelenjar lendir, namun jenis kanker ini sangat jarang terjadi.

Bronkitis

Pengertian bronkitis adalah peradangan yang terjadi pada bronkus yang merupakan saluran utama pernapasan. Ada 2 jenis bronkitis yaitu bronkitis akut yang umumnya dialami balita dan akan sembuh setelah 7-10 hari serta bronkitis kronis yang umumnya dialami orang dewasa 40 tahun keatas dan akan sembuh setelah 2 bulan atau kurang.

Baca Juga : Sistem Pernapasan Manusia

Bronkiektasis

Pengertian bronkiektasis adalah kondisi dimana terjadi kerusakan dan pelebaran bronkus dan saluran pernapasan secara permanen. Penyebab bronkiektasis adalah adanya penumpukan lendir dalam paru-paru. Gejala umum bronkiektasis diantaranya sesak napas dan batuk berdahak.

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian bronkus, letak, fungsi, struktur bagian serta gangguan dan penyakit pada bronkus secara lengkap. Semoga bermanfaat