Pengertian Harga Keseimbangan : Penentuan dan Contoh Soal Harga Keseimbangan

Posted on

Pengertian Harga Keseimbangan – Apa yang dimaksud dengan harga keseimbangan? Bagaimana cara menghitung harga keseimbangan? Agar lebih memahaminya, kali kita akan membahas tentang pengertian harga keseimbangan (equilibrium), penentuan harga keseimbangan serta contoh soal harga keseimbangan dan jawabannya secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Penetapan Harga

Pengertian Harga Keseimbangan

Pengertian harga keseimbangan (equilibrium) dalam ilmu ekonomi adalah harga yang terjadi dari pertemuan titik kurva penawaran juga kurva permintaan. Harga dan juga kuantitas keseimbangan terbentuk sebagai buah dari kesepakatan antara produsen dan konsumen dimana terjadi keseimbangan antara permintaan dan penawaran. Apabila terjadi keseimbangan maka titik keseimbangan yang terbentuk akan bertahan lama dan dijadikan sebagai pedoman penentuan harga diantara penjual dan pembeli. Harga keseimbangan juga sebut sebagai harga bebas atau harga ekuilibrium.

Lebih singkatnya, definisi harga keseimbangan adalah kesepakatan harga dari proses tawar menawar antara penjual dan pembeli.

Awal terbentuknya harga keseimbangan terjadi melalui interaksi antara penjual dengan konsumen yang dipengaruhi oleh hukum permintaan dan hukum penawaran. Hukum permintaan berbunyi “jumlah permintaan akan meningkat jika harga menurun”; sedangkan hukum penawaran berbunyi “jumlah penawaran akan meningkat jika harga meningkat”

Berdasarkan hukum permintaan dan penawaran, maka terdapat hukum harga keseimbangan yang berbunyi: “Apabila jumlah penawaran lebih kecil dibanding jumlah permintaan maka akan terjadi kenaikan harga, sedangkan apabila jumlah permintaan lebih kecil dibandingkan jumlah penawaran maka akan terjadi penurunan harga.

Baca Juga : Pengertian Indeks Harga

Agar lebih memahaminya, perhatikan gambar grafik harga keseimbangan berikut:

Cara Menghitung Harga Keseimbangan

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menentukan harga keseimbangan diantaranya yaitu:

Dengan Menggunakan Pendekatan Matematis

Pendekatan matematis digunakan untuk menentukan harga dan jumlah keseimbangan saat data yang didapatkan ternyata merupakan fungsi permintaan dan penawaran. Untuk menentukan harga keseimbangan antara permintaan dan penawatran, maka bisa digunakan rumus kesetimbangan berikut ini:

Qd = Qs atau Pd = Ps

Keterangan:
Qd = Jumlah permintaan
Qs = Jumlah penawaran
Pd = Harga permintaan
Ps = Harga penawaran

Dengan Menggunakan Kurva

Kadang kala, ditemukan tabel yang tak secara langsung menunjukkan harga dan jumlah saldo seperti berikut ini:

[table id=17 /]

Untuk itu, agar diperoleh harga keseimbangan maka digambar dengan menggunakan kurva.

Berikut ini contoh kurva permintaan dan penawaran kacang tanah:

Baca Juga : Pengertian Elastisitas

Dengan Menggunakan Tabel

Sebelum menghitung harga keseimbangan dengan tabel yang berisi maka susun P (harga), Qd (jumlah permintaan) dan Qs (jumlah penawaran) berdasarkan data yang ada terlebih dahulu.

Setelah disusun maka akan ditemukan kesamaan harga jumlah yang diminta dan harga jumlah yang ditawarkan, yakni harga keseimbangan yang akan dihitung.

Berikut tabel yang sudah disusun berdasarkan data yang tersedia:

[table id=18 /]

Dari data pada tabel tersebut, bisa diketahui bahwa pada harga Rp.4.000, antara jumlah barang yang diminta dan barang yang di tawarkan sama.

Keseimbangan harga terjadi ketika harga barang Rp.4.000. dan jumlah keseimbangan terjadi ketika jumlah pena drnsmusl 60 biji.

Contoh Soal Harga Keseimbangan

Diketahui, fungsi permintaan suatu barang di pasar menunjukkan bahwa Qd = 40-P dan fungsi penawaran Qs = 4P-60

Tentukan berapa jumlah harga keseimbangannya?

Jawab :

Syarat ekuilibrium yaitu Qd = Qs atau Pd = Ps

Qd = Qs
40-P = 4P-60
-P -4P = -60-40
-5P = -100
P = -100/-5
P = 20

Maka bisa diketahui bahwa harga keseimbangan yaitu 20.

Selanjutnya dalam mencari Q atau jumlah keseimbagan kita harus memasukan harga keseimbangan (18) kesalah satu fungsi di atas.

P yang telah diperoleh bisa dimasukkan ke fungsi permintaan maupun fungsi penawaran.

P = 20 —> Q = 40-P
Q = 40-20
Q = 20

Sehingga bisa diketahui jumlah keseimbangan (Q) yaitu 22.

Baca Juga : Hukum Permintaan Dan Hukum Penawaran

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian harga keseimbangan (equilibrium), penentuan harga keseimbangan serta contoh soal harga keseimbangan dan jawabannya secara lengkap. Semoga bermanfaat