Pengertian Laring : Fungsi, Struktur Bagian, Gangguan dan Penyakit Pada Laring

Posted on

Fungsi Laring (Kotak Suara) – Apa yang dimaksud dengan laring? Bagaimana fungsi laring? Apa fungsi laring dan faring? Apa itu faring laring dan trakea?

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian laring, fungsi, struktur bagian, gangguan dan penyakit pada laring (kotak suara) secara lengkap.

Baca Juga : Mekanisme Pernapasan Pada Manusia

Pengertian Laring

Laring merupakan organ pada bagian leher yang melindungi trakea dan organ yang terlibat dalam proses produksi suara. Laring disebut juga kotak suara (voicebox). Letak laring berada sebelum kerongkongan (trakea).

Laring termasuk organ yang berperan dalam sistem pernapasan manusia. Fungsi laring dalam sistem pernapasan adalah melindungi organ yang berada setelahnya dan mengatur masuknya udara ke trakea. Trakea menempel pada esofagus sehingga laring juga berperan dalam menjaga sistem pencernaan.

Fungsi Laring

Fungsi laring atau kotak suara, diantaranya yaitu:

Menghasilkan Nada Suara

Tulang laring yang melebar akan membentuk pita suara, terdiri dari ligamen atau otot rangka. Suara yang keluar bergantung pada pembukaan laring. Getaran otot dan ligamen terbentuk karena adanya gesekan dengan udara. Oleh sebab itu, fungsi laring yaitu mengatur nada suara.

Mengarahkan Makanan ke Esofagus

Ketika makan, epiglotis akan membuka esofagus yang akan mengarahkan makanan dan air ke saluran pencernaan. Ketika makan sembari berbicara, maka akan ada makanan atau air yang masuk ke saluran pernapasan dan hal itu akan menyebabkan batuk ataupun bersin.

Melindungi Saluran Pernapasan dari Makanan

Laring yang berada sebelum trakea. Fungsi epiglotis yang berada pada bagian pangkal laring adalah untuk melindungi makanan dan air masuk ke saluran pernapasan. Secara otomatis, epiglotis akan menutup trakea sehingga saluran pernapasan tetap aman saat makan.

Struktur dan Bagian Laring

Struktur dan bagian laring atau kotak suara diantaranya yaitu:

Jaringan Epitel

Terdapat sejumlah jaringan epitel yang menjadi penyusun laring, namun sebagian besar disusun oleh epitel silindris bersilia. Sedangkan epiglotis disusun oleh epitel pipih.

Baca Juga : Sistem Pernapasan Manusia

Jaringan Ikat

Berikut ini jenis jaringan ikat yang menyusun laring, antara lain:

Lamina Propria
Lamina proparia adalah bagian membran basal pada lapisan epitel yang berfungsi sebagai penghubung antara lapisan epidermis dan jaringan lainnya. Didalam lamina propria terdapat kartilago laringeal yang akan mengapur bersamaan pertambahan usia.

Ligamen
Ligamen meryupakan kelompok jaringan ikat padat yang menghubungkan otot dengan tulang. Berkas ligamen membentuk pita suara yang menghasilkan nada bunyi.

Tulang Rawan (Kartilago)

Jenis tulang rawan yang umumnya menyusun laring adalah jenis tulang rawan hialin. Fungsi tulang rawan adalah sebagai penyokong struktural dan fungsional laring. Adapun tulang rawan penyusun laring, diantaranya yaitu:

  • Tulang rawan besar yang tidak berpasangan, diantaranya krikoid; tiroid; epiglotis
  • Tulang rawan kecil yag berpasangan, diantaranya aritenoid; corniculate; cuneiform.

Jaringan Otot

Bersama ligamen, otot menjadi penyusun pita suara. Jenis otot penyusun laring adalah otot rangka atau otot lurik.Gesekan antara pita suara dengan otot dan ligamen dengan udara yang masuk menghasilkan getaran untuk memproduksi suara.

Jakun

Jakun merupakan kelenjar tiroid yang terlihat menonjol pada leher pria. Sebenarnya, wanita juga ada yang memiliki jakin tapi tak sebesar pada pria. Letak jakun berada pada tulang rawan tiroid yang merupakan tempat pertemuan dua tulang rawan hialin.

Epiglotis

Epiglotis merupakan susunan tulang rawan yang berada dibagian belakang lidah dan didepan laring. Biasanya epiglotis mempunyai konformasi menghadap atas agar udara dapat masuk ke saluran pernapasan berikutnya. Apabila terjadi proses menelan makanan, epiglotis akan menghadap ke bawah untuk menutup saluran pernapasan dan membawa makanan ke esofagus.

Gangguan dan Penyakit Pada Laring

Berikut ini beberapa gangguan dan penyakit yang dapat terjadi pada laring atau kotak suara, diantaranya:

Laringitis

Laringitis adalah penyakit yang terjadi akibat adanya peradangan pada laring (kotak suara). Penyebab laringitis diantatanya penggunaan laring yang berlebihan, infeksi atau iritasi.

Kanker Laring

Kanker laring adalah kondisi dimana muncul tumor ganas pada saluran pernapasan, yakni tempat dimana pita suara berada yang letaknya setelah tenggorokan dan sebelum trakea.

Baca Juga : Fungsi Bronkiolus

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian laring, fungsi, struktur bagian, gangguan dan penyakit pada laring (kotak suara) secara lengkap. Semoga bermanfaat