Pengertian Alat Pemuas Kebutuhan : Macam Jenis dan Contoh Alat Pemuas Kebutuhan Manusia

Posted on

Alat Pemuas Kebutuhan Manusia – Apa yang dimaksud dengan alat pemuas kebutuhan manusia? Apa yang dimaksud dengan alat pemuas kebutuhan barang dan jasa? Apa saja yang menjadi alat pemuas kebutuhan? Dalam ilmu ekonomi apa yang dimaksud dengan alat pemuas?

Baca Juga : Pengertian Kebutuhan Manusia

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian alat pemuas kebutuhan manusia, jenis dan contoh alat pemuas kebutuhan manusia secara lengkap.

Pengertian Alat Pemuas Kebutuhan

Alat pemuas kebutuhan adalah segala hal yang mampu memenuhi kebutuhan manusia baik berupa barang dan jasa.

Pengertian barang adalah alat pemuas kebutuhan yang berwujud, bisa dilihat dan diraba oleh indera, contohnya seperti buku, tas, baju, sepatu, perumahan, dan kendaraan. Sedangkan, pengertian jasa adalah alat pemuas kebutuhan yang tidak berwujud (abstrak), namun dapat dirasakan manfaatnya sebagai alat pemuas kebutuhan, contohnya seperti jasa guru, jasa pengacara, jasa hakim, jasa dokter, jasa perawat, jasa tukang becak, jasa tukang ojek, dan jasa taksi.

Macam-Macam Alat Pemuas Kebutuhan Manusia

Alat pemuas kebutuhan manusia diklasifikasi atau dibagi menjadi beberapa kelompok diantaranya:

Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Menurut Wujudnya

Barang Konkrit

Pengertian barang konkrit adalah jenis alat pemuas kebutuhan manusia yang dapat dilihat, diraba maupun dirasakan. Contoh barang konkret diantaranya makanan, pakaian, rumah, mobil, tas, dan lain sebagainya.

Barang Abstrak

Pengertian barang abstrak adalah jenis alat pemuas kebutuhan manusia yang tidak dapat dilihat maupun diraba tapi bisa dirasakan. Contoh barang abstrak diantaranya jasa supir taksi, jasa guru, jasa dokter, jasa petani dan lain sebagainya.

Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Menurut Cara Memperolehnya

Barang Ekonomi

Pengertian barang ekonomi adalah jenis alat pemuas kebutuhan manusia yang jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah kebutuhan manusia itu sendiri dan untuk memperolehnya dibutuhkan pengorbanan tertentu. Pengorbanan ini biasanya dalam bentuk biaya. Contoh barang ekonomi diantaranya rumah, sepatu, emas, lemari, laptop, dan lain sebagainya

Baca Juga : Pengertian Pelaku Ekonomi

Barang Bebas

Pengertian barang bebas adalah jenis alat pemuas kebutuhan manusia yang jumlahnya banyak sehingga tidak diperlukan pengorbanan tertentu dan cara memperolehnya bisa mengambilnya secara bebas. Contoh barang bebas diantaranya air laut, es di kutub, pasir di padang pasir, sinar matahari, angin, dan lain sebagainya.

Barang Illith

Pengertian barang illith adalah jenis alat pemuas kebutuhan manusia yang jumlahnya berlimpah sehingga berdampak buruk bagi kehidupan masyarakat. Contoh barang illith diantaranya air, apabila air jumlahnya berlebihan maka akan mengakibatkan banjir; dan lain sebagainya.

Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Menurut Kegunaannya

Barang Konsumsi

Pengertian barang konsumsi adalah jenis alat pemuas kebutuhan manusia yang secara langsung bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia sehingga dapat dirasakan dan dinikmati kegunannya tanpa melalui proses pengolahan. Barang ini juga sering disebut barang siap pakai atau barang jadi. Contoh barang konsumsi diantaranya seperti buah-buahan, roti, sepatu, pakaian, jam tangan, minuman kaleng, dan lain sebagainya.

Barang konsumsi dapat dibedakan menjadi barang konsumsi tahan lama dan barang konsumsi tidak tahan lama. Barang konsumsi tahan lama yaitu barang yang tidak sekali habis dipakai. Contohnya seperti pakaian, sepatu, perabotan rumah tangga, dan lainnya. Sedangkan, barang konsumsi tidak tahan lama yaitu barang yang sekali dipakai sekaligus habis. Contohnya seperti buah-buahan, roti, minuman kaleng, dan lain sebagainya.

Barang Produksi

Pengertian barang produksi adalah jenis alat pemuas kebutuhan manusia yang tidak secara langsung dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, akan tetapi harus melalui proses pengolahan dan menghasilkan barang lain. Biasanya barang produksi disebut juga barang modal. Contoh barang produksi diantaranya kain yang akan digunakan untuk membuat pakaian, dan lain sebagainya.

Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Menurut Proses Pembuatannya

Barang Mentah

Pengertian barang mentah adalah jenis alat pemuas kebutuhan berupa barang baku yang belum melalui proses pengolahan. Contohnya seperti kapas, padi, rotan, tembakau, dan lainnya.

Barang Setengah Jadi

Pengertian barang setengah jadi adalah jenis alat pemuas kebutuhan berupa barang yang sudah melalui proses pengolahan namun belum bisa digunakan karena prosesnya belum selesai. Contoh barang setengah jadi diantaranya benang dari kapas untuk membuat kain dan laininya.

Baca Juga : Pengertian Pertumbuhan Ekonomi

Barang Jadi

Pengertian barang jadi adalah jenis alat pemuas kebutuhan berupa barang yang sudah melalui proses pengolahan dan siap dipakai untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh barang jadi diantaranya pakaian, lemari, tas, televisidan lainnya.

Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Menurut Hubungannya dengan Benda Lain

Barang Subtitusi

Pengertian barang subtitusi adalah jenis alat pemuas kebutuhan manusia yang dalam pemakaiannya bisa saling menggantikan antara barang satu dengan barang lainnya. Barang subtitusi disebut juga barang pengganti. Contoh barang substitusi diantaranya beras dengan singkong, bus dengan mikrolet, kopi dengan teh, gelas dengan cangkir, dan lain sebagainya.

Barang Komplementer

Pengertian barang komplementer adalah alat pemuas kebutuhan manusia yang dalam penggunaannya dasaling melengkapi. Barang ini bisa dimanfaatkan jika dipakai bersama dengan barang pemuas kebutuhan lainnya. Barang komplementer biasanya disebut barang pelengkap. Contoh barang komplementer seperti gula dan kopi dan lain sebagainya.

Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Menurut Sifatnya

Barang Bergerak

Pengertian barang bergerak adalah jenis alat pemuas kebutuhan manusia yang digunakan sebagai jaminan untuk memperoleh kredit jangka pendek. Contoh barang bergerak seperti mobil, motor, dan lain sebagainya.

Barang Tidak Bergerak

Pengertian barang tidak bergerak adalah jenis alat pemuas kebutuhan manusia yang digunakan sebagai jaminan untuk mendapatkan kredit jangka panjang. Contoh barang tidak bergerak diantaranya rumah, tanah, dan lainnya.

Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Menurut Kualitasnya

Barang Superior

Pengertian barang superior adalah jenis alat pemuas kebutuhan manusia yang berkualitas tinggi yang ditunjukkan dengan harga mahal sehingga umumnya barang hanya dikonsumsi oleh orang yang berpenghasilan menengah ke atas. Contoh barang seperti pakaian mahal, mobil mewah dan lainnya.

Barang Inferior

Pengertian barang inferior adalah alat pemuas kebutuhan manusia yang berkualitas tapi memiliki harga rendah dan biasanya barang ini dikonsumsi oleh orang yang berpenghasilan rendah. Contohnya barang loak, pakaian bekas dan lainnya.

Baca Juga : Pengertian Pembangunan Ekonomi

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian alat pemuas kebutuhan manusia, jenis dan contoh alat pemuas kebutuhan manusia secara lengkap. Semoga bermanfaat