Pengertian Diferensiasi : Macam Jenis dan Strategi Diferensiasi

Posted on

Pengertian Diferensiasi – Apa yang dimaksud dengan diferensiasi? Apa yang dimaksud dengan diferensiasi? Mengapa organisasi perlu melakukan diferensiasi? Apa yang dimaksud dengan diferensiasi sosial dan contohnya? Apa itu diferensiasi produk dan contohnya?

Baca Juga : Pengertian Diferensiasi Sosial

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian diferensiasi menurut para ahli, jenis dan strategi diferensiasi secara lengkap.

Pengertian Diferensiasi

Diferensiasi adalah proses pembedaan. Terdapat beberapa jenis diferensiasi diantaranya diferensiasi sosial, diferensiasi produk dan lainnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian diferensiasi adalah proses, cara, perbuatan membedakan, pembedaan. Tujuan diferensiasi adalah mengembangkan positioning dengan tepat.

Pengertian Diferensiasi Menurut Para Ahli

Lewit (1983)

Diferensiasi adalah salah satu jenis keunggulan bersaing yang dimiliki perusahaan untuk memenangkan persaingan di pasar global.

Kotler dan Susanto (2001)

Diferensiasi adalah cara merangsang perbedaan yang berarti untuk membedakan penawaran perusahaan dari penawaran pesaingnya.

Aaker dalam Ferdinand (2003)

Diferensiasi yang sukses haruslah strategi yang mampu menghasilkan nilai pelanggan, memunculkan persepsi yang bernilai khas dan tampil sebagai wujud berbeda yang sulit untuk ditiru.

Mowen dan Miror (2005:55)

Diferensiasi adalah proses manipulasi bauran pemasaran untuk menempatkan sebuah mereka sehingga para konsumen dapat merasakan perbedaan yang berarti antara mereka tersebut dengan pesaing.

Kotler (2007:385)

Diferensiasi produk adalah salah satu strategi perusahaan untuk membedakan produknya terhadap pesaing.

Kartajaya dalam Syafrizal (2007:183)

Diferensiasi adalah semua upaya yang dilakukan untuk membedakan diri dari pesaing lain baik konten (what to offer), konteks (how to offer) dan infrastruktur (enabler).

Kotler (2009:328)

Diferensiasi adalah tindakan merancang serangkaian perbedaan yang berarti untuk membedakan tawaran perusahaan dengan tawaran pesaing.

Baca Juga : Pengertian Struktur Sosial

Porter

Diferensiasi produk adalah perusahaan tertentu yang memiliki identifikasi merek dan keseimbangan pelanggan, yang disebabkan dari periklanan, pelayanan pelanggan, perbedaan produk dimasa lalu, atau juga sekarang karena perusahaan pertama yang memasuki industri. Sedangkan pengertian diferensiasi sosial adalah suatu pembeda antar masyarakat ke dalam golongan atau kelompok secara horizontal.

Jenis-Jenis Diferensiasi

Secara umum, contoh jenis diferensiasi menurut Rapliansyah (2012:20-21), diantaranya:

Diferensiasi Psikologis

Pengertian diferensiasi psikologis adalah diferensiasi yang dibuat berdasarkan pesaingnya melalui penciptaan kreasi yang bisa diasumsikan oleh konsumen bahwa terdapat produk yang sesuai dengan harapan konsumennya.

Diferensiasi Fisik

Pengertian diferensiasi fisik adalah diferensiasi yang dibuat ulang berdasarkan bentuk atas suatu perbedaan secara fisik.

Selain itu, berikut ini macam-macam jenis diferensiasi yang lainnya, diantaranya:

Diferensiasi Sosial

Pengertian diferensiasi sosial adalah suatu pembedaan penduduk atau warga masyarakat ke dalam golongan atau kelompok secara horizontal atau tidak bertingkat yakni berdasarkan perbedaan dalam hal yang tidak menunjukkan tingkatan seperti jenis kelamin, ras, agama, profesi dan suku bangsa.

Diferensiasi Produk

Pengertian diferensiasi produk adalah proses pembedaan suatu produk/jasa untuk membuatnya lebih menarik terhadap pasar sasaran tertentu.

Diferensiasi Jenis Kelamin

Diferensiasi jenis kelamin adalah pembedaan antara laki-laki dengan perempuan berdasarkan ciri fisik biologi tidak dapat dipertukarkan.

Baca Juga : Pengertian Stratifikasi Sosial

Diferensiasi Bisnis

Pengertian diferensiasi bisnis adalah pembedaan bisnis yang dimiliki dengan bisnis kompotitor.

Diferensiasi Pelayanan

Differensiasi pelayanan adalah pembedaan pelayanan berdasarkan kemudahan pemesanan, pengiriman, pemasangan, pelatihan pelanggan, konsultasi pelanggan, pemeliharaan dan perbaikan.

Strategi Diferensiasi

Proses diferensiasi memerlukan beberapa tahap, sehingga diferensiasi membutuhkan strategin. Strategi deferensiasi adalah suatu strategi yang mampu memelihara loyalitas pelanggan ataupun konsumen melalui strategi diferensiasi, pelanggan atau konsumen mendapat nilai lebih dibandingkan dengan produk yang lainnya.

Menurut Aaker dalam ferdinad (2003:87), strategi diferensiasi harus mampu:

  • Menciptakan nilai pelanggan atau konsumen
  • Menciptakan perspepsi bernilai khas yang baik.
  • Menghasilkan wujud yang berbeda yang sulit untuk ditiru.

Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa kunci untuk strategi diferensiasi yang sukses atau bisa terlaksana dengan semestinya haruslah mengembangkan point of differentiation khususnya dalam pandangan pelanggan dari pada pandangan operasi bisnis.

Baca Juga : Pengertian Peran Sosial

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian diferensiasi menurut para ahli, jenis dan strategi diferensiasi secara lengkap. Semoga bermanfaat

Cialis Générique Tadalafil. Viagra dosage habituel. Cialis générique sans ordonnance. Echantillons de viagra gratuits par mail. cialispascherfr24 Cialis générique au tadafil.