Pengertian Wirausaha : Karakteristik, Tujuan, Peran, Faktor dan Contoh Wirausaha

Posted on

Pengertian Wirausaha – Apa yang dimaksud dengan wirausaha? Apa pengertian wirausaha dan contohnya? Apa itu wirausaha dan ciri cirinya? Apa perbedaan wirausaha dan wiraswasta? Apa tujuan seorang wirausaha?

Baca Juga : Pengertian Kewirausahaan

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian wirausaha menurut para ahli, ciri dan karakteristik, tujuan, peran, faktor kegagalan, sikap dan contoh wirausaha secara lengkap.

Pengertian Wirausaha

Wirausaha adalah orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatan bisnis serta mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan dan tindakan yang tepat guna meraih kesuksesan. Para wirausaha yakni individu yang berorientasi pada tindakan, bermotivasi tinggi, dan bersedia mengambil risiko dalam mencapai tujuannya.

Dari segi karakteristik perilaku, wirausaha adalah mereka yang mendirikan, mengelola, mengembangkan, dan melembagakan perusahaan miliknya sendiri.

Pengertian wiraswasta atau wirausaha merupakan mereka yang bisa menciptakan kerja bagi orang lain. Definisi ini mengandung asumsi bahwa setiap orang yang mempunyai kemampuan normal dapat menjadi wirausaha dengan syarat mau dan mempunyai kesempatan untuk belajar dan berusaha. Berwirausaha melibatkan dua unsur pokok, yaitu peluang dan kemampuan menanggapi peluang.

Wirausaha adalah kegiatan usaha atau bisnis yang dilakukan secara mandiri oleh individu dengan melakukan inovasi produk. Seorang wirausaha memiliki berbagai karakteristik, salah satunya percaya diri.

Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

Richard Cantilom

Wirausaha adalah seseorang yang mampu memindahkan atau mengkonversikan sumber-sumber daya ekonomis dari tingkat produktivitas rendah ketingkat produktivitas yang lebih tinggi.

Raymond W.Y. Kao

Wirausaha adalah orang yang mampu menciptakan dan merancang suatu gagasan menjadi realita.

Edi Swasono

Wirausaha adalah pengusaha, tapi tidak semua pengusaha merupakan wirausaha. Wirausaha merupakan pelopor dalam bisnis (inovator), penanggung resiko yang memiliki visi ke depan dan memiliki keunggulan dalam prestasi di bidang usaha.

Kasmir

Wirausaha adalah seseorang yang berjiwa pemberani yang berani mengambil kemungkinan untuk buka satu usaha di berbagai peluang yang ada.

Zimmerer (1996)

Wirausaha adalah suatu proses penerapan kreativitas dan keinovasian dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan usaha.

Kathleen

Wirausaha adalah seorang yang menggerakkan, mengatur, serta berani mengambil kemungkinan untuk pekerjaan yang digerakkannya dalam dunia usaha.

Baca Juga : Pengertian Lembaga Ekonomi

Jean Baptista Say

Wirausahawan adalah agen yang menggabungkan berbagai alat produksi & menemukan nilai dari yang diproduksinya.

Marzuki Usman

Wirausaha adalah seseorang yang memiliki kemampuan dalam menggunakan dan mengombinasikan sumber daya, seperti keuangan, tenaga kerja, material, keterampilan untuk menghasilkan produk, bisnis, proses produksi dan organisasi usaha baru.

Frank Knight

Seseorang wirausahawan berusaha untuk menyikapi dan memperkirakan pergantian pasar.

Arif F. Hadipranata

Wirausaha adalah sosok yang mengambil kemungkinan yang diperlukan untuk mengelola dan mengatur semua masalah dan terima beberapa keuntungan financial ataupun non financial.

Andrew J Dubrin

Wirausaha adalah orang yang mendirikan dan menjalankan sebuah usaha yang inovatif.

Peter F Drucker

Wirausaha adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.

Prawirokusumo

Wirausaha adalah mereka yang melakukan upaya kreatif dan inovatif dengan jalan mengembangkan ide dan meramu sumber daya untuk menemukan peluang dan perbaikan hidup.

Syamsudin Suryana

Wirausaha adalah seseorang yang memiliki karakteristik percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, pengambil resiko yang wajar, kepemimpinan yang lugas, kreatif menghasilkan inovasi, serta berorientasi pada masa depan.

Joseph C Schumpeter

Wirausaha adalah orang yang mampu menghancurkan keseimbangan pasar dan kemudian membentuk keseimbangan pasar yang baru dan mengambil keuntungan atas perubahan tersebut. Wirausaha adalah seorang inovator sebagai individu yang melakukan perubahan dalam pasar dengan menggabungkan sejumlah hal baru.

Say (1996)

Wirausaha adalah orang yang mempunyai kemampuan untuk melakukan koordinasi, organisasi dan pengawasan. Wirausaha berpengetahuan luas tentang lingkungan dan membuat keputusan tentang lingkungan usaha, mengelola sejumlah modal dan menghadapi ketidakpastian untuk meraih keuntungan.

Skinner (1992)

Wirausaha (enterpreneur) adalah seseorang yang mengambil risiko yang diperlukan untuk mengorganisasikan dan mengelola suatu bisnis menerima imbalan jasa berupa profit nonfinancial.

Geoffrey G. Meredit (1995)

Wirausaha adalah orang yang berkemampuan melihat dan menilai kesempatan kesempatan bisnis mengumpulkan sumber sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan daripadanya serta mengambil tindakan yang tepat, guna memastikan kesuksesan.

Mas’ud Machfoedz dan Mahmud Machfoedz (2004)

Wirausaha adalah seorang inovator yang mampu mengubah kesempatan menjadi sebuah ide yang bisa di jual, dapat memberikan nilai tambah melalui upaya, waktu, biaya, serta kecakapan dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Baca Juga : Pengertian Ekonomi Mikro

Vernon A. Musselman dan John H. Jackson

Wirausaha (wiraswasta) adalah menginvestasikan dan mempertaruhkan waktu, uang, dan usaha untuk memulai suatu perusahaan dan menjadikannya berhasil.

Dan Stein dan Jhon F.Burgess (1993)

Wirausaha adalah orang yang mengelola, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala resiko untuk menciptakan peluang usaha dan usaha baru.

Encyclopedia of Americana

Entrepreneur (wirausahawan) didefinisikan sebagai seseorang yang berani mengambil risiko dengan menyatukan berbagai fungsi poduksi, termasuk modal, bahan baku, tenaga kerja, dan menerima imbalan dalam bentuk laba dari nilai pasar yang dihasilkannya.

Richard Cantillon (1755)

Wirausaha adalah seorang penemu dan individu yang membangun sesuatu yang unik dan baru.

J.B Say (1803)

Wirausaha adalah pengusaha yang mampu mengelola sumber daya yang dimiliki secara ekonomis dan tingkat produktivitas yang rendah menjadi tinggi.

Ciri-Ciri Wirausaha

Berikut ini ciri atau karakteristik seorang wirausaha dalam berwirausaha, diantaranya:

  • Percaya diri. Ini sangat diperlukan sebab dalam menjalankan usaha dibutuhkan sikap yakin untuk memperoleh kesuksesan.
  • Berani bertanggung jawab dan mengambil risiko. Dengan kepercayan diri tersebut, maka seseorang harus berani menanggung segala risiko atas tugas yang dibebankan padanya. Dimana wirausaha sejati adalah wirausaha yang tidak takut menanggung resiko.
  • Selalu berpikir positif. Dalam menjalankan usaha tentunya ada hambatan yang perlu dilalui, maka perlu berpikir positif tentang hambatan yang terjadi dan menjadinya sebagai tantangan untuk terus maju dan berkembang.
  • Berorientasikan tugas dan hasil.
  • Kepemimpinan.
  • Kreatif dan inivatif.
  • Memiliki komitmen yang tinggi terjadap apa yang telah ia jalani. Wirausaha yang komitmen adalah wirausaha yang menaati dan mematuhi janji untuk memajukan bisnis hingga mencapai keberhasilan.
  • Keorisinilan.
  • Cerdas finansial.
  • Berorientasi ke masa depan.
  • Jujur dan tekun.
  • Disiplin.
  • Mandiri dan realistis
  • Menerima saran positif dan tolak saran negatif.
  • Mengenali kelebihan diri. Jangan bandingkan diri sendiri dengan orang lain, karena kelebihan setiap orang berbeda, untuk itu gali dan kembangkan terus potensi yang dimiliki.

Tujuan Wirausaha

Tujuan dari wirausaha, diantaranya yaitu:

Menyebarluaskan Pengaruh Wirausaha

Kebanyakan orang akan cenderung meniru apa yang dirasa berdampak positif bagi dirinya, begitu pula dengan wirausaha. Ketika ada orang yang sukses berwirausaha maka orang lain akan mencoba menggali informasi bagaimana ia bisa menjadi wirausaha yang sukses dalam membangun usahanya.

Membangun Karakter Wirausaha

Kemampuan yang kompeten yang dimiliki wirausaha menciptakan karakter kesuksesan yang akan membuat orang lain percaya bahwa suatu saat nanti usaha mereka akan sukses.

Baca Juga : Pengertian Ekonomi Makro

Membentuk Kualitas Wirausaha

Melalui, kompetisi yang terjadi antar wirausaha akan membentuk wirausaha yang berkualitas juga orang yang berkompeten dibidangnya.

Membangun Kesejahteraan Masyarakat

Dengan banyaknya orang yang terlibat didalam dunia wirausaha maka masyarakat juga akan semakin sejahtera. Dengan adanya usaha disuatu wilayah akan membuka peluang kerja bagi masyarakat sekitar sehingga mereka bisa menaikan taraf hidup mereka.

Sikap dan Sifat Wirausaha

Sikap yang harus dimiliki seorang wirausaha atau wirausahawan, diantaranya yaitu:

Kreatif dan Inovatif

Seorang wirausaha harus memiliki kreatif dan inovatif dalam menciptakan usaha agar berbeda yang tentunya lebih baik dari pihak pesaing sehingga dapat memenangkan persaingan.

Berani Mengambil Risiko

Seorang pengusaha harus berani mengambil risiko atas apa yang telah mereka lakukan dari ide, waktu dan modal usaha yang belum pasti, mereka harus bersedia mempertaruhkan karier dan keuangan mereka.

Nyaman dengan Ketidakpastian

Seorang pengusaha harus nyaman dengan ketidakpastian usaha yang mereka rintis, sebab tidak tahu bagaimana usaha dimasa mendatang apakah akan sukses atau tidak.

Berfokus Tinggi

Pengusaha harus memiliki fokus yang tinggi dan sungguh-sungguh dalam mencapai sasaran yang akan dicapai dan tidak memiliki pikiran lain yang bisa menghambat tujuan usaha.

Peka Terhadap Perubahan Pasar

Pengusaha harus memahami perkembangan yang sedang terjadi di pasar sehingga dapat memberikan apa yang diinginkan konsumen disaat itu.

Jujur

Pengusaha harus jujur tentang produk yang mereka miliki.

Realistis

Wirausaha juga harus berpikir rasional dalam pengambilan keputusan juga tindakan yang berkaitan dengan usahanya agar tidak salah dan mengalami kegagalan.

Mandiri

Pengusaha harus mandiri dan tidak tergantung pada pihak lain dalam pemenuhan kegiatan usahanya.

Disiplin

Kedisiplinan perlu dikembangkan dalam berwirausaha agar kualitas kerja, sistem kerja juga kepercayaan konsumen tumbuh.

Peran Wirausaha Dalam Perekonomian

Peran wirausaha dalam perekonomian suatu negara, diantaranya yaitu:

  • Menciptakan lapangan pekerjaan.
  • Mengurangi tingkat pengangguran.
  • Meningkatkan pendapatan masyarakat
  • Mengombinasikan faktor produksi seperti alam, tenaga kerja, modal dan keahlian.
  • Meningkatkan produktivitas nasional.

Baca Juga : Pengertian Perusahaan Dagang

Faktor Kegagalan Dalam Wirausaha

Ada beberapa faktor yang menyebabkan wirausaha gagal menjalankan usaha barunya menurut Zimmerer dalam Suryana (2003: 44-45), diantaranya yaitu:

  • Ketidakkompetenan manajerial.
  • Kurang berpengalaman dalam mengkoordinasikan, mengelola sumber daya manusia, juga mengintegrasikan operasi perusahaan.
  • Kurang tertatanya manajemen keuangan.
  • Kurang matangnya perencanaan usaha yang dibuat.
  • Lokasi yang kurang memadai.
  • Kurangnya pengawasan peralatan.
  • Sikap yang kurang sungguh-sungguh dalam berusaha.
  • Ketidakmampuan untuk beralih kewirausahaan.

Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta

Berikut ini perbedaan antara wirausaha dan wiraswasta, diantaranya yaitu:

Fokus Usaha
Fokus usaha wirausaha mencakup keseluruhan waktu dalam hidupnya, sedangkan, wiraswasta hanya paruh waktu.

Kepemilikan Aset
Wirausaha terlibat secara relatif pada kegiatan operasional saja, sedangkan wiraswasta mempunyai aset sendiri.

Rencana Pengembangan Usaha
Seorang wirausaha mempunyai pemahaman yang kuat untuk selalu melakukan inovasi terhadap usahanya dengan teknologi. Sedangkan, wiraswasta cenderung masih menggunakan alat tradisional dan merasa puas dengan target jangka pendek.

Pola Pikir
Wirausaha adalah pembuka usaha baru dan mandiri serta dapat melihat peluang yang bisa dimanfaatkan untuk memperoleh profit. Sedangkan, wiraswasta adalah orang yang meneruskan konsep yang sudah ada dan dapat menghasilkan profit yang lebih besar.

Contoh Wirausaha

Berikut ini beberapa contoh wirausaha yang saat ini banyak digeluti oleh masyarakat, diantaranya:

  • Influencer
  • Wirausaha online
  • Usaha Ritel
  • Startup
  • Laundry
  • Toko Pakaian
  • Kerajinan tangan
  • Cafe
  • Barber shop
  • Katering
  • Pembayaran tagihan online
  • Desain grafis
  • Percetakan
  • Warabala kuliner
  • Cuci kendaraan
  • Bimbingan belajar
  • Konter handphone dan pulsa
  • Reseller dan dropship produk
  • Dan lain-lain.

Baca Juga : Pengertian Perusahaan Manufaktur

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian wirausaha menurut para ahli, ciri dan karakteristik, tujuan, peran, faktor kegagalan, sikap dan contoh wirausaha secara lengkap. Semoga bermanfaat