Penerapan Komitmen Tinggi Terhadap Peluang Dan Sumber Daya

Posted on

Dalam waktu terbatas, kadang seseorang harus menghasilkan sesuatu dan dalam waktu yang pendek itu juga orang tersebut dapat menderita kerugian. Kemampuan berpikir dan kemauan bekerja keras hanya akan bermanfaat apabila seseorang dapat memanfaatkan komitmen tinggi dan tepat waktu dalam menghasilkan sesuatu. Komitmen tinggi terhadap usaha merupakan salah satu faktor seorang wirausaha dapat meraih kesuksesan. Bagaimana seorang wirausaha memahami komitmen tinggi serta bagaimana mereka menerapkan konsep komitmen tinggi itu dalam menjalankan usaha.

peran komitmen tinggi

Penerapan Komitmen Tinggi

Seorang wirausaha apabila memiliki sikap positif dan berkomitmen tinggi, biasanya akan cepat maju di dalam bisnisnya. Sikap positip yang sangat penting bagi wirausaha yakni tidak menunda pekerjaan dan selalu konsisten pada tugasnya. Sikap ini merupakan sikap komitmen tinggi yang dijalankan seorang wirausaha. Sikap komitmen tinggi ini sangat penting dan merupakan kunci kesuksesan di dalam berwirausaha. Seorang wirausaha yang memiliki komitmen tinggi selalu memerhatikan hal-hal kecil yang diperlukan untuk mencapai tujuan. Dalam tim kerja yang efektif, semua anggota tim wirausaha akan menyadari perannya. Dengan demikian, siapapun yang mendapatkan tugas akan berusaha untuk menyelesaikannya dengan sebaik-baiknya. Seorang wirausaha selalu sadar bahwa sekecil apa pun tugasnya, ada kontribusi yang berarti bagi tercapainya suatu tujuan.

Melaksanakan komitmen tinggi dengan konsekuen dan konsisten, berarti akan menghindari ucapan-ucapan: ”saya mau melaksanakan asal …”. Kata asal menunjukkan adanya syarat tertentu. Kata tersebut hendaknya sudah tidak ada lagi di dalam perbendaharaan pribadi seorang wirausaha.

Komitmen tinggi yang diterapkan seorang wirausaha hams dipercaya dan didukung oleh seluruh pihak yang terkait dengan pemsahaan. Komitmen tinggi dengan dukungan para karyawan akan meningkatkan kesuksesan di dalam berwirausaha. Apa sebabnya? Sebab, wirausaha tersebut dapat menerapkan dan melaksanakan hal-hal berikut.

  1. Tepat janji dan tepat waktu dalam bekerja.
  2. Konsisten terhadap tujuan.
  3. Disiplin, ulet, dan selalu bekerja sama di dalam bekerja.
  4. Menjadi suri teladan pada dirinya maupun kepada para karyawannya.

Seorang wirausaha yang mempunyai komitmen tinggi akan selalu jujur. Jujur artinya mau dan mampu mengatakan sesuatu apa adanya. Jujur juga dipersamakan dengan ’’amanah”, yaitu apabila diberi kepercayaan, tidak berkhianat. Jika berkata selalu benar dan jika berjanji selalu ditepati. Sifat jujur perlu dimiliki oleh seorang wirausaha. Salah satu tingkah laku seorang wirausaha dalam berbuat baik dan terpuji yaitu menepati janji. Tindakan menepati janji pada hakikatnya berhubungan dengan janji yang diungkapkan, baik melalui lisan, tulisan, maupun dengan isyarat lain. Apabila kata-kata yang disampaikan mengandung janji, seorang wirausaha wajib untuk menaatinya. Apabila tidak ditaatinya, wirausaha tersebut akan kehilangan kepercayaan orang lain atau mitra usahanya.

loading...

Berkomitmen Tinggi terhadap Peluang

Perbedaan antara orang yang berjiwa wirausaha dan yang tidak terletak pada keniampuannya dalam memahami bisnis. Seorang wirausaha memiliki kemampuan membaca peluang bisnis relatif lebih baik dibandingkan dengan orang pada umumnya. Sebaliknya, perusahaan yang memiliki strategi negosiasi yang lambat, mereka akan lambat pula dalam membuat suatu komitmen. Perusahaan seperti ini disebut perusahaan dengan tingkah laku administratif. Adapun perusahaan yang mempunyai action orientation, memiliki proses pengambilan keputusan yang cepat dan membuat komitmen tinggi dalam bisnisnyh. Perusahan seperti ini disebut perusahan yang memiliki pola tingkah laku kewirausahaan.

Berkomitmen Tinggi terhadap Somber Daya

Seorang wirausaha akan berusaha membuat komitmen tinggi untuk mendapatkan hasil maksimal dengan sumber daya minimal. Dengan pemakaian sumber daya yang efisien, perusahaan akan terdorong ke arah tingkah laku kewirausahaan. Pelaku ekonomi akan terdorong ke arah tingkah laku adminstratif jika muncul dorongan untuk mengurangi risiko.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Penerapan Komitmen Tinggi Terhadap Peluang Dan Sumber Daya. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: