Pengertian Psikologi Pendidikan dan Ruang Lingkupnya Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Psikologi Pendidikan dan Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan Menurut Pendapat Para Ahli

Psikologi pendidikan merupakan sebuah ilmu yang mempelajari bagaimana manusia belajar dalam pendidikan pengaturan, efektivitas intervensi pendidikan, psikologi pendidikan, psikologi pengajaran dan psikologi sosial dari sekolah sebagai organisasi.

Psikologi pendidikan berkaitan erat dengan bagaimana seorang siswa mampu belajar dan berkembang, dan sering terfokus pada sub kelompok seperti bakat anak-anak dan mereka yang tunduk pada khusus penyandang cacat.

Pengertian Psikologi Pendidikan

Beberapa ahli mengemukakan pendapatnya tentang definisi Psikologi Pendidikan, Antara lain:

Menurut Muhibin Syah (2002), mengungkapkan pendapatnya tentang psikologi pendidikan adalah sebuah disiplin psikologi yang menyelidiki masalah psikologis yang terjadi dalam dunia pendidikan.

Menurut ensiklopedia Amerika menyebutkan bahwa psikologi pendidikan adalah ilmu yang lebih berprinsip dalam proses pengajaran yang terlibat dengan penemuan-penemuan dan menerapkan prinsip-prinsip dan cara meningkatkan ke-efisien-an di dalam pendidikan.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa psikologi pendidikan merupakan sebuah cabang dari psikologi yang dalam penelitiannya lebih menekankan pada masalah pertumbuhan dan perkembangan anak dalam lingkup pendidikan baik fisik maupun mental yang mempengaruhi proses dan keberhasilan belajar.

Menurut Witherington, mengungkapakn pendapatnya bahwa psikologi pendidikan adalah sebuah studi sistematis tentang proses-proses dan faktor-faktor yang berhubungan erat denga pendidikan manusia.

Menurut Tardif, mengungkapkan bahwa psikolgi pendidikan adalah sebuah bidang studi yang berhubungan dengan penerapan pengetahuan tentang perilaku manusia untuk usaha-usaha kependidikan.

Dari pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa psikologi pendidikan adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia didalam dunia pendidikan yang meliputi studi sistematis tentang proses-proses dan faktor yang berhubungan dengan pendidikan manusia yang tujuannya mengembangkan dan meningkatkan keefisienan dalam pendidikan.

Psikologi pendidikan merupakan sumbangsih dari ilmu pengetahuan psikologi terhadap dunia pendidikan dalam kegiatan pendidikan pembelajaran, pengembangan kurikulum, proses belajar mengajar, sistem evaluasi, dan layanan konseling merupakan serta beberapa kegiatan utama dalam pendidikan terhadap peserta didik, pendidik, orang tua, masyarakat dan pemerintah agar tujuan pendidikan dapat tercapai secara sempurna dan tepat guna.

loading...

Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan

Ruang lingkup psikologi merupakan batasan ilmu apa saja yang dipelajari dalam psikolgi pendidikan. Secara luas ruang lingkup psikolgi pendidikan membahas tentang proses, lingkungan dan hereditas, evaluasi belajar, perkembangan, kesehatan mental dan sebagainya.

Menurut Soerjabrata, ruang lingkup psikologi pendidikan dapat dilihat dari segi situasi dan prose belajar yang dijadikan pusatnya yaitu kajian psikologi tentang anak didik dalam peninjauan yang statis dan dinamis dalam situasi belajar dan proses pendidikan didalam kelasnya.

Sedangkan pada dasarnya dalam ilmu psikologi pendidikan membahas tentang beberapa hal berikut ini:

  1. Lingkungan dan hereditas
  2. Pertumbuhan dan perkembangan anak didik
  3. Potensi dan karaterisktik tingkah laku peserta didik
  4. Hasil proses pendidikan dan pengaruh kepada individu yang sifatnya personal dan sosial
  5. Higine mentasl dan pendidikan dari peserta didik
  6. Evaluasi hasil belajar

Demikian artikel yang diberikan tentang Pengertian Psikologi Pendidikan dan Ruang Lingkupnya Menurut Para Ahli semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda. Sampai jumpa di postingan selanjutnya..