Perhatikan Aspek Penting ini Sebelum Mengajar Siswa Anda

Posted on

Beberapa Aspek Penting yang dapat Guru Lakukan Sebelum Mengajar Siswa Anda

Perencanaan pembelajaran merupakan salah satu aspek penting yang harus dilakukan oleh guru sebelum melaksanakan kegiatan belajr mengajar dikelas yang bertujuan untuk mencapai akhir pembelajaran. Dalam pelaksanaannya pembelajaran bukan hanya sekedar sebuag rutinitas dalam pendidikan, tetapi merupakan komunikasi edukatif penuh pesan, sistematik, prosedur dan syarat tujuan.

Perencanaan pembelajaran adalah proses pembuatan rencana, model, pola, bentuk atau kontruksi yang melibatkan pendidik dan peserta didik serta fasilitas lain yang tersusun secara sistematis agar terjadi proses pembelajaran yang efektif dan efisien dalma mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Dalam proses pembelajaran pendidik harus memahami beragam dokumen normatif, dan alternatif yang selanjutnya pendidik berhasil mewujudkan pemahaman tersebut menjadi dokumen aplikatif (silabus dan RPP) yang telah dilaksanakan dalam pembelajaran disekolah.

Peran dan Fungsi Perencanaan Pembelajaran

Peran dari perencanaan pembelajaran antara lain:

  • Untuk melaksanakan pengajaran menjadi baik dan efektif , Guru dapat memberikan materi pelajaran dengan baik dan harus mampu menghdapi situasi di dalma kelas secara tegas dna fleksibel.
  • Untuk membuat seseorang dapat tumbuh menjadi seorang guru yang baik. Guru mampu membuat persiapan yang baik yang menimbulkan adanya pertumbuhan berkat pengalaman dan hail dari belajar yang terus menerus.

Fungsi Perencanaan pembelajaran antara lain

  • Sebuah alat yang dapat digunakan untuk membentuk, membuat pola, model dan membuat kontruksi proses pembelajaran yang berfungsi agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Aspek Perencanaan Pembelajaran

Berikut ini merupakan beberapa aspek yang perlu diperhatikan olah para pendidik sebelum melaksanakan pembelajaran.

1. Membuat persiapaan terhadap situasi
Guru harus memiliki pemahaman terhadap situasi tentang tempat, suasana ruang kelas dan situasi lainnya sebelum melakukan pengajaran di dalam kelas. Hal tersebut bertujuan agar pendidik dapa membuat ancang-ancang terhadap variabel faktor masalah dan mampu menghadapi situasi kelas.

2. Membuat persiapan terhadap siswa yang akan dihadapi
Setiap peserta didiki memiliki sifat dan perilaku yang berbeda satu sama lain, jadi sebelum guru melaksanakan pembelajaran sebaiknya guru mengetahui terlebih dahulu keadaan siswa, guru harus membuat sebuah gambaran terlebih dahulu tentang keadaan siswa yang akan dihadapi. Selain memperhatikan faktor internal, guru juga harus memperhatikan taraf kematangan tentang pengetahuan umum dan pengetahuan khusus yang dimiliki siswa.

loading...

3. Mempersiapkan tujuan umum pembelajaran
Seorang guru harus menyiapakn tujuan yang akan diberikan didalam kelas, antara lain seperti pengetahuan, keterampilan, kecakapan, keterampilan, atau sikap tertentu yang konkret yang dpaat diukur dengan alat-alat evaluasi.

4. Mempersiapkan bahan pelajaran yang akan diajarkan
Dengan menyiapkan bahan ajar yang akan diberikan kepada siswa, guru memiliki persiapan yang akan disampaikan kepada sisiwa dengan memperhatikan batas dan urutan pengajaran yang diperlukan.

5. Mempersiapkan metode mengajar yang akan digunakan
Ada beberapa metode yang dapat dilakukan guru dalam melaksanakan pembelajaran dikelas, seperti metode ceramah, tanya jawab, diskusi, permainan dll.

6. Mempersiapkan alat penunjang pembelajaran
Yang dimaksud dengan alat penunjang seperti spidol, penghapus, dan alat-alat penunjang lainnya.

7. Mempersiapkan teknik evaluasi
Tujuan adalanya evaluasi yaitu melihat sampai sejauh mana daya serap siswa terhadap produk bahasan yang guru terapkan. Ada2 jenis evaluasi, yaitu teknik tes dan non tes.

Demikian artikel yang diberikan tentang Perhatikan Aspek Penting ini Sebelum Mengajar Siswa Anda semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda. Sampai jumpa di postingan selanjutnya..