Cara Mengidentifikasi Alur, Penokohan, Dan Latar Dalam Cerpen Terlengkap

Posted on

Cerpen dapat dikategorikan sebagai karya prosafiksi. Cerpen adalah cerita rekaan yang relatif pendek karena dapat selesai dibaca dalam satu kali pembacaan. Dalam penyajiannya, cerpen disusun secara cermat dan hemat serta berfokus pada satu pokok permasalahan.

cerpen1

Struktur sebuah cerpen dibentuk oleh unsur-unsur, baik unsur intrinsik maupun unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik karya sastra adalah unsur-unsur yang membangun karya sastra dari dalam. Unsur ekstrinsik karya sastra adalah unsur-unsurvang berada di luar karya sastra, tetapi secara tidak langsung memengaruhi karya sastra.

Cerpen merupakan salah satu bentuk karya sastra jenis prosa yang mengisahkan sepenggal kehidupan tokoh yang penuh pertikaian, peristiwa mengharukan atau menyenangkan, dan mengandung kesan yang tidak mudah dilupakan.

Alur

Alur merupakan rangkaian peristiwa yang membentuk sebuah cerita. Peristiwa- peristiwa tersebut saling berhubungan satu dengan yang lain secara runtut sehingga terjalin suatu cerita yang bulat.

  • Alurmaju, yaitu penceritaan rangkaian peristiwa dari yang paling awal sampai akhir.
  • Alur mundur, yaitu penceritaan rangkaian peristiwa dari yang paling akhir kemudian berbalik ke peristiwa awai.
  • Alur campuran, yaitu perpaduan antara alur maju dan alur mundur di dalam suatu cerita.

Penokohan

Penokohan adalah pemberian sifat atau karakter pada tokoh dalam karyasastra. Tokoh, yaitu orang yang berperan dalam sebuah cerita. Tokoh dapat dibedakan sebagai berikut.

  • Tokoh protagonis, yaitu tokoh yang mendukung cerita.
  • Tokoh antagonis, yaitu tokoh penentang cerita.
  • Tokoh tritagonis, yaitu tokoh pembantu, baik untuk tokoh protagonis maupun tokoh antagonis.

Latar

Latar merupakan keterangan mengenai waktu, ruang, dan suasana terjadinya peristiwa atau cerita. Latar berhubungan erat dengan pelaku (tokoh) dalam suatu peristiwa. Oleh sebab itu, latar sangat mendukung jalan cerita. Adapun jenis-jenis latar sebagai berikut.

  • Latar waktu, yaitu keterangan tentang kapan peristiwa dalam cerpen tersebut terjadi, misalnya pagi hari, siang hari, atau malam hari.
  • Latar tempat (ruang) menunjukkan keterangan tempat peristiwa itu terjadi, misalnya di rumah, di kamar, di dalam bus, di halaman, atau di Jakarta.
  • Latar suasana menggambarkan suasana peristiwa yang terjadi, misalnya suasana gembira, sedih, atau romantis.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Mengidentifikasi Alur, Penokohan, Dan Latar Dalam Cerpen Terlengkap. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.

loading...

Baca postingan selanjutnya: