Pengertian Sumber Daya Alam dan Persebarannya Menurut Ahlinya

Posted on

Pengertian Sumber Daya Alam dan Persebarannya

Pengertian Sumber Daya Alam

Sumber daya alam adalah semua kekayaan berupa benda mati maupun benda hidup yang berada di bumi dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Pengertian sumber daya alam ditentukan berdasarkan kegunaannya bagi manusia. Oleh karena itu, nilai sumber daya alam juga ditentukan oleh nilai kemanfaatannya bagi manusia.

Contoh, lahan yang subur dapat dijadikan daerah pertanian potensial sehingga merupakan sumber daya alam yang tinggi nilainya.

Manusia atau penduduk merupakan sumber daya bagi negaranya. Manusia dapat memberikan manfaat bagi negara, seperti sebagai tenaga kerja, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, pelaku ekonomi negara, dan sebagainya. Sumber daya manusia ini penting dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada.

Penggolongan Sumber Daya Alam

Ada beberapa macam sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan dengan berbagai cara. Sumber daya alam tersebut dapat diklasifikasikan menurut beberapa hal.

Berdasarkan bagian atau bentuk yang dapat dimanfaatkan, sumber daya alam diklasifikasikan seperti berikut ini.

a. Sumber daya alam materi, yaitu apabila yang dimanfaatkan adalah materi sumber daya alam tersebut.

Contoh: Mineral magnetit (Fe[Fe02]2), hematit (Fe203), limonit (Fe203H20), siderit (Fe3), dan pasir kuarsa (SI02) dapat dilebur menjadi besi/baja yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia di antaranya: kerangka beton, bahan kendaraan, alat rumah tangga, dan masih banyak lagi kegunaannya.

b. Sumber daya alam hayati, ialah sumber daya alam yang berbentuk makhluk hidup, yaitu hewan dan tumbuh-tumbuhan. Sumber daya alam tumbuh-tumbuhan disebut sumber daya alam nabati, sedangkan sumber daya alam hewan disebut sumber daya alam hewani. Bila kita telusuri lebih jauh, sumber daya alam hayati dapat digolongkan sebagai sumber daya alam materi maupun energi.

Contoh: Barang yang kita makan secara langsung adalah materinya, tetapi di dalam tubuh makanan tersebut memberikan energi, sehingga manusia mempunyai tenaga untuk bergerak dan bekerja.

c.Sumber daya alam energi, yaitu apabila barang yang dimanfaatkan lusia adalah energi yang terkandung dalam sumber daya alam ebut.

Contoh: Bahan bakar minyak (bensin, solar, minyak tanah, dan lain- lain). Gas alam, batu bara, dan kayu bakar merupakan sumber daya alam energi. Manusia menggunakan energi yang dihasilkan oleh sumber daya alam itu untuk memasak, menggerakkan kendaraan, mesin industri, dan sebagainya.

loading...

d. Sumber daya alam ruang, yaitu ruang atau tempat yang diperlukan manusia dalam hidupnya. Makin besar kenaikan jumlah penduduk, sumber daya alam ruang makin sulit diperoleh. Ruang, dalam hal ini, dapat berarti ruang untuk mata pencarian (pertanian dan oerikanan), tempat tinggal, arena bermain anak-anak, dan sebagainya. Di kota-kota besar, seperti Jakarta, sumber daya alam ruang makin sulit didapat.

e. Sumber daya alam waktu, sulit dibayangkan bahwa waktu merupakan sumber daya alam. Sebagai sumber daya alam, waktu tidak oerdiri sendiri melainkan terikat dengan pemanfaatan sumber daya alam lainnya.

Contoh: Air sulit didapat pada musim kemarau. Akibatnya, meng- ganggu tanaman pertanian.

Berdasarkan pembentukannya, sumber daya alam dapat diklasifikasi- sebagai berikut.

a. Sumber daya alam yang dapat diperbarui (Renewable Resources)
Disebut sebagai sumber daya alam yang dapat diperbarui, karena alam mampu mengadakan pembentukan barn dalam waktu relatif cepat. Dengan demikian, sumber daya alam ini tidak dapat habis. Pembaruan bisa terjadi dengan dua jalan, yaitu secara reproduksi atau dengan adanya siklus.

b. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui (Unrenewable Resource)
Sumber daya alam ini terdapat dalam jumlah yang relatif statis karena uiak ada penambahan atau pembentukannya sangat lambat bila mbandingkan dengan umur manusia. Pembentukannya kembali memerlukan waktu ratusan bahkan jutaan tahun. Manusia tidak dapat memanfaatkannya selama 2-3 generasi. Sumber daya alam ini dapat habis. Contoh: Bahan mineral, batu bara, gas alam, dan sumber daya alam fosil lainnya.

Sekian materi yang diberikan seputar Pengertian Sumber Daya Alam dan Persebarannya Menurut Ahlinya, semoga dapat membantu dan menambah wawasan para pembaca khusus nya dalam pelajaran Geografi. Semoga artikel ini bermanfaat, sampai bertemu dipostingan selanjutnya…