Penjelasan Ruang Lingkup Ilmu Kimia Terlengkap

Posted on

Ilmu yang mempelajari alam semesta disebut ilmu pengetahuan alam (,natural science = IPA). Ilmu kimia merupakan salah satu di antara ilmu-ilmu IPA. Ilmu pengetahuan alam sudah diajarkan sejak di Sekolah Dasar (SD) dengan memperkenalkan beberapa topik pilihan. Dengan diberlakukannya Kurikulum 2004, ilmu kimia mulai diperkenalkan di Sekolah Menengah Pertama (SMP).  Namun demikian, selama tiga tahun pertama (2004-2007) siswa kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) pada umumnya belum mendapatkan pelajaran kimia di SMP. Oleh karena itu, untuk sementara waktu kita akan memulai ilmu kimia SMA dengan pengenalan ilmu kimia.

kimia

Sulit mendefinisikan ilmu kimia sehingga mencakup semua ruang lingkup kimia. Secara singkat dapat dikatakan bahwa ilmu kimia adalah ilmu rekayasa materi, yaitu mengubah suatu materi menjadi materi yang lain. Untuk dapat melakukan rekayasa tersebut para ahli perlu mengetahui susunan, struktur, serta sifat-sifat materi. Oleh karena itu, ilmu kimia dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, dan perubahan materi, serta energi yang menyertai perubahan tersebut. Kita akan membahas definisi ini sehingga menjadi lebih jelas.

Pertama, apa yang dimaksud dengan susunan materil Cobalah renungkan pertanyaan berikut: Apakah air itu? Apakah hakikat perbedaan air dan zat11 lainnya, misalnya alkohol? Mengapa alkohol dapat terbakar, sedangkan air justru mematikan api? Dalam ilmu kimia air dan alkohol digolongkan sebagai senyawa, yaitu perpaduan dari dua jenis unsur atau lebih dengan komposisi tertentu. Unsur adalah zat yang paling dasar dan penyusun segala macam senyawa. Air adalah senyawa dari dua jenis unsur, yaitu hidrogen (H) dan oksigen (O) dengan rumus kimia H20, sedangkan alkohol adalah senyawa dari tiga jenis unsur, yaitu karbon, hidrogen, dan oksigen dengan rumus kimia C2H5OH. Rumus kimia menyatakan susunan atau hakikat zat. Setiap zat mempunyai susunan tertentu yang berbeda dari zat lainnya. Para ahli kimia menentukan susunan setiap zat melalui percobaan, dari zat yang sederhana seperti air hingga zat yang sangat kompleks, misalnya protein dan DNA. Pengetahuan tentang susunan zat membantu pemahaman tentang sifatnya. Alkohol dapat terbakar karena mengandung karbon (C) dan hidrogen (H) yang dapat bergabung atau bereaksi dengan oksigen (O) dari udara, sedangkan air adalah senyawa hidrogen dengan oksigen, tidak dapat mengikat oksigen lebih banyak lagi.

Kemudian, apa yang dimaksud dengan struktur materi? Kita akan segera mempelajari bahwa materi terdiri dari butiran kecil (partikel) yang disebut atom. Atom sejenis atau berlainan dapat bergabung membentuk molekul. Atom dan molekul bersifat netral. Atom atau kumpulan atom yang bermuatan listrik disebut ion. Jadi, yang dimaksud dengan struktur materi adalah gambaran tentang bagaimana atom-atom saling terikat.
Selain susunan, struktur juga menentukan sifat-sifat materi.
Intan dan grafit (arang) keduanya adalah karbon (C), tetapi keduanya sangat berbeda bukan? Perbedaan tersebut terjadi karena perbedaan struktur. Struktur zat dapat ditentukan melalui percobaan. Apalagi, dewasa ini telah dikembangkan berbagai alat canggih untuk penetapan struktur zat, termasuk berbagai jenis spektrometer dan difraktometer sinar X.

loading...

Ilmu kimia juga mempelajari sifat materi. Para ahli telah mengidentifikasi dan mencatat sifat dari jutaan jenis zat. Setiap zat mempunyai sifat khas (spesifik) yang membedakannya iari zat lain. Selain itu, antara berbagai zat juga terdapat kemiripan sifat. Berdasarkan kemiripan sifatnya, zat kimia dapat iiklasifikasikan dan hal ini sangat memudahkan orang mempelajari mu kimia. Pengetahuan yang diperoleh dari pengamatan tentang sifat zat disebut pengetahuan deskriptif.

Ilmu kimia tidak hanya mempelajari sifat zat tetapi berusaha mencari prinsip yang mengatur sifat-sifat materi tersebut serta merumuskan teori untuk menerangkan mengapa hal itu terjadi. misalnya, salah satu sifat kimia alkohol adalah dapat terbakar. Ilmu i:mi a mencoba menjelaskan mengapa alkohol dapat terbakar. Seperti sudah disebutkan di atas, sifat dapat terbakar alkohol terjadi karena zat dapat bereaksi dengan oksigen. Bagian dari ilmu kimia yang Mencoba memberi penjelasan tentang sifat materi disebut kimia teoritis.
elasan ini berfokus pada sifat partikel dasar penyusun materi.

Bagian paling menarik dari ilmu kimia adalah tentang perubahan materi. Para ahli menggunakan perubahan kimia untuk membuat bahan baru dari bahan alam yang relatif murah. Hal ini sangat nyata dalam bidang farmasi, dan penciptaan barang baru seperti obat-obatan, plastik, nilon, dan lain-lain. Perubahan materi sering disertai perubahan energi dalam jumlah yang cukup besar. Misalnya adalah reaksi pembakaran. Energi yang dibebaskan pada reaksi pembakaran kita gunakan untuk memasak, menggerakkan kendaraan, industri, dan sebagainya.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Penjelasan Ruang Lingkup Ilmu Kimia Terlengkap. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: