Pengertian Resensi, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Unsur Unsurnya Terlengkap

Posted on

Ulasan kali ini pelajaransekolahonline.com akan membahas seputar pengertian Resensi dan mengetahui unsur-unsur didalamnya serta tujuan dibuatnya sebuha resensi. Simak ulasan berikut ini :

Pengertian Resensi

Resensi berasal dari bahasa Belanda “Resentie” dan dalam bahasa latin “Recensio” yang memiliki arti mengulas kembali. Sedangkan dalam kamus KBBI Resensi memiliki arti sebuah ulasan buku. Jadi dapat diartikan, bahwa resensi merupakan ulasan kembali sebuah karya baik berupa buku, film ataupun album. Menulis resensi terdiri dari kelebihan, kekurangan dan informasi yang diperoleh dari buku dan disampaikan kepada masyarakat.

Tujuan Resensi

Terdapat beberapa tujuan dibuatnya sebuha resensi, antara lain

  1. Dibuatnya sebuah resensi mengajak para pembaca untuk membicarakan dan berdiskusi lebih jauh tentang masalah yang di angkat dalam karya yang dibuat resensi.
  2. Resensi dibuat untuk memberikan pemahaman serta informasi secara komprehensif kepada pembaca tentang sebuah karya yang diresensi.
  3. Memberikan pertimbangan kepada pembaca tentang kelayakan sebuah karya untuk dibaca atau diterbitkan.
  4. Memberikan jawaban mengenai pertanyaan-pertanyaan dari pembaca ketika sebuah karya diterbitkan.

Manfaat Resensi

  1. Bahan pertimbangan. Memberikan gambaran kepada para pembaca tentang suatu karya dan mempengaruhi mereka atas karya tersebut.
  2. Nilai ekonomis. Mendapatkan uang atau imbalan serta buku-buku yang diresensikan secara gratis dari penerbit buku apabila resensinya dimuat di koran atau majalah.
  3. Sarana promosi buku. Buku yang diresensikan adalah buku baru yang belum pernah diresensi.[1] Dengan demikian, resensi merupakan media untuk mempromosikan buku baru tersebut.
  4. Pengembangan Kreativitas. Semakin sering menulis, maka semakin terasah kebiasaan menulis untuk setiap individu.[1] Hal ini dilakukan untuk mengembangkan kreativitas menulis.

Jenis Resensi

  1. Resensi Informatif
    Resensi Informatif merupakan resensi yang hanya menyampaikan isi dari resensi secara singkat dan umum dari keseluruhan ini buku atau karya.
  2. Resensi Deskriptif
    Resensi Deskriptif merupakan resensi yang membahas secara detail pada tiap bagian atau babnya.
  3. Resensi Kritis,
    Resensi kritis merupakan resensi yang berbentuk ulasan detail dengan metodologi ilmu pengetahuan tertentu. Isi dari resensi biasanya kritis dan objektif dalam menilai isi buku.

Unsur Resensi

Tujuan adanya unsur resensi yaitu agar resensi yang dibuat lebih jelas dan berkualitas. Berikut ini merupakan unsur-unsur dari resensi.

loading...
  1. Isi resensi
    Isi resensi buku memuat tentang sinopsis, ulasan singkat buku dengan kutipan secukupnya, keunggulan dan kelemahan buku, rumusan kerangka buku dan penggunan bahasa.
  2. Penyusunan data
    Penyusunan data meliputi

    • Judul buku;
    • Pengarang;
    • Penerbit;
    • Tahun terbit beserta cetakannya;
    • Dimensi buku;
    • Harga buku;
  3. Judul resensi
    Judul resensi harus memiliki keselarasan dengan isi resensi yang dibuat. Judul yang dibuat usahakan menarik karena akan memberikan nilai lebih.
  4. Penutup resensi
    Pada bagian penutup biasanya berisi alasan kenapa buku tersebut ditulis dan kepada siapa buku tersebut ditujukan.

Demikian artikel yang diberikan tentangĀ Pengertian Resensi, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Unsur Unsurnya semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda. Sampai jumpa di postingan selanjutnya..