12 Sistem Anatomi Tubuh Manusia, Fungsi dan Penjelasan Terlengkap

Posted on

12 Sistem Anatomi Tubuh Manusia, Fungsi dan Penjelasan Terlengkap

Anantomi manusia merupakan suatu studi yang mempelajari tentang struktur tubuh manusia. Dalam arti luas, anatomi adalah studi ilmiah morfologi tubuh manusia. Anatomi manusia berkaitan dengan bagian dari manusia, dari molekul ke tulang, berinteraksi untuk membentuk suatu kesatuan fungsional.

Dalam tubuh manusia terdiri dari beberaapa susunan organ, dari susunan organ tersebut membentuk suatu sistem organ. Tubuh manusia terdiri dari sistem kerangka, sistem otot, sistem peredaran darah, sistem pernapasan, Sistem Indera, Sistem Pencernaan, Sistem Imun, Sistem Reproduksi, Sistem Syaraf, Sistem Endokrin. Dan dalam setiap sistem terdapat beberapa organ bagian tubuh, contohnya pada sistem kerangka terdapat bebarapa organ tubuh antara lain tulang kelapa, tulang kerangka dada, tulang wajah dan lainnya.

Kali ini pelajaransekolahonline.com akan membahas secara lengkap seputar anatomi tubuh manusia serta fungsi dan penjelasannya. Simak uraian dibawah ini untuk penjelasan lebih lengkapnya.

Anatomi Tubuh Manusia

1. Sistem Kerangka

sistem kerangka

Kerangka tubuh manusia terdiri dari susunan berbagai macam tulang yang satu dan lainnya saling berhubungan. Kerangka tubuh manusia tersebut antara lain, Tulang kepala: 8 buah, Tulang kerangka dada: 25 buah, Tulang wajah: 14 buah, Tulang belakang dan pinggul: 26 buah, Tulang telinga dalam: 6 buah, Tulang lengan: 64 buah, Tulang lidah: 1 buah Tulang kaki: 62 buah.

Fungsi dari sistem kerangka antara lain, untuk menahan seluruh bagian-bagian tubuh agar tidak rubuh, untuk melindungi alat tubuh yang halus seperti otak, jantung, dan paru-paru, sebagai tempat melekatnya otot-otot, untuk pergerakan tubuh dengan perantaraan otot, sebagai tempat pembuatan sel-sel darah terutama sel darah merah, memberikan bentuk pada bangunan tubuh buah.

2. Sistem Otot

sistem otot

Sistem otot memiliki fungsi untuk menggerakkan tubuh. Sistem otot pada manusia terdiri dari 600 otot. Otot punggung sejati merupakan dua buah jurai yang amat rumit susunannya, terletak di sebelah belakang kanan dan kiri tulang belakang, mengisi ruang antara taju duri dan taju lintang. Otot-otot punggung sejati itu hampir sama sekali tertutup oleh otot-otot punggung sekunder yang sebenarnya termasuk otot-otot anggota gerak atas dan bawah. Kedua jurai otot tersebut dinamakan penegak batang badan dan amat penting artinya untuk sikap dan gerakan tulang belakang.

3. Sistem peredaran darah

sistem peredaran darah

Sistem peredaran darah atau sirkulasi berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Sistem peredaran manusia adalah jantung. Jantung berbentuk runjung yang terbalik letaknya. Letak jantung dalam tubuh sedemikian rupa sehingga ujung runjung tersebut (ujung jantung) mengarah ke bawah, ke depan dan ke kiri. Basis jantung mengarah ke atas, ke belakang dan sedikit ke kanan. Pada basis jantung inilah berhimpun aorta, batang nadi paru-paru, batang pembuluh balik atas dan bawah beserta ke dua (atau empat pembuluh balik paru-paru).

Bagian dalam jantung terdiri atas 4 ruang: serambi kiri, bilik kiri, serambi kanan dan bilik kanan. Serambi kiri dan bilik kiri satu sama lain berhubungan, demikian juga serambi kanan dan bilik kanan. Bagian kiri jantung dipisahkan dari bagian kanan oleh sekat rongga jantung.

Baca Juga

4. Sistem Pernapasan

sistem pernapasan

Sistem pernapasan adalah anatomi tubuh manusia yang berfungsi untuk bernafas. organ tubuh yang digunakan dalah paru-paru. Paru-paru merupakan sebuah alat tubuh yang sebagian besar terdiri dari gelembung (gelembung hawa/alveoli). Gelembung-gelembung hawa terdiri dari sel-sel epitel dan endotel. Banyaknya gelembung paru-paru kurang lebih 700.000.000 buah (paru-paru kanan dan kiri).

loading...

Paru-paru terletak pada rongga dada. Pada rongga dada tengah terletak paru-paru sedangkan pada rongga dada depan terletak jantung. Paru-paru terdiri dari dua bagian, yaitu bagian kanan dan kiri. Paru-paru kanan terbagi atas tiga belah paru (lobus). dan paru-paru kiri terdiri dari dua belah yaitu belah atas dan belah bawah. Pada sistem pernafasan, oksigen merupakan kebutuhan yang sangat utama, karena manusia menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida dan uap air.

5. Sistem Indera

sistem indera

Sistem indera pada manusia berfungsi sebagai penerima rangsangan dari lingkungan sekitarnya. Manusia memiliki 5 sistem indera yang disebut sebagai panca indera. Panca indera tersebut yaitu indera penglihatan oleh mata, indera pengdengaran oleh telinga, indera penciuman oelh hidung, ondera peraba oleh kulit, dan indera pengecap oleh lidah. Dan dari setiap bagian panca indera tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda.

6. Sistem pencernaan

sistem pencernaa

Sistem pencernaan pada tubuh manusia berfungsi untuk menerima makanan, mencerna makanan, memproses pencernaan makanan, lalu menyerap zat gizi yang terdapat pada makanan ke aliran darah, dan membuang ampas atau sisa makanan yang tersisa atau tidak dapat dicerna oleh tubuh. Sistem pencernaan mulai dari mulut sampai ke anus yaitu dari mulut, tenggorokan, kerongkongan, lambung, usus kecil, usus besar, rektum dan berakhir di anus.

7. Sistem Reproduksi

sistem reproduksi

Sistem reproduksi yaitu suatu rangkaian dan interaksi organ dalam yang berfungi untuk berkembang biak. Sistem reproduksi pada perempuan berpusat di ovarium yang fungsinya untuk menghasilkan ovum dan hormon. Alat reproduksi perempuan terdiri dari rahim, indung telur, liang senggama. Indung telur merupakan kelenjar kelamin yang menghasilkan sel-sel telur. Sedangkan alat reproduksi pada laki-laki yaitu testis yang berfungsi sebagai penghasil sperma dan hormon testosteron.

8. Sistem Imun

sistem imun

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh berfungsi untuk mempertahankan tubuh dari serangan benda yang menyebabkan penyakit seperti bakteri, virus, parasit yang dapat menyebabkan penyakit. Sistem imun terdapat diseluruh tubuh terutama pada bagian limpa.

9. Sistem Saraf

sistem saraf

Sistem saraf berfungsi untuk mengumpulkan, mengirimkan, dan memproses informasi dalam otak dan saraf. Sistem saraf pada manusia tesusun atas sistem saraf pusat dan tepi. Sistem saraf pusat terdiri dari otak & sumsum tulang belakang. Sedangkan dalam sistem saraf tepi terdiri dari sistem saraf otonom dan somatis. Sistem saraf bertugas untuk menyampaikan rangsangan dari reseptor untuk direspon oleh tubuh manusia.

10. Sistem Ekskresi

sistem ekskresi

Sistem ekskresi yaitu ginjal dan struktur yang dihubungkan dalam produksi dan ekskresi urin. Organ-organ ekskresi didalam tubuh manusia terdiri dari ginjal, hati, kulit dan paru-paru. Ginjal berfungsi dalam mengeluarkan urine, hati berfungsi mengeluarkan zat warna empedu atau ure, kulit berfungsi mengeluarkan keringat, sedangkan paru-paru berfungsi dalam mengeluarkan uap air & karbondioksida.

11. Sistem limfatik

sistem limfatik

Sistem limfatik yaitu struktur yang terlibat dalam transfer limfa anatar jaringan dan aliran darah. Limfatik befungsi dalam tubuh manusia untuk mengalirkan laimfa didalam tubuh manusia. Sistem limfatik terdiri dari pembuluh limfa dan organ limfoid.

12. Sistem Endorkin

sistem endokrin

Sistem endorking yaitu sistem yang mengontrol kelenjar tanpa adanya saluran yang menghasilkan hormon atau komunikasi didalam tubuh dengan hormon. Hormon merupakan bahan kimia pembawa pesan yang disintesis dan disekresikan oleh kelenjar endokrin. Kelenjar endokrin terdiri dari kelenjar tiroid, kelenjar himofise, hipotalamus, paratiroid, pineal, adrenal.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang 12 Sistem Anatomi Tubuh Manusia, Fungsi dan Penjelasan Terlengkap. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.