Bagian Bagian Pada Bunga Lengkap dengan Fungsi dan Penjelasannya

Posted on

Bagian Bagian Pada Bunga Lengkap dengan Fungsi dan Penjelasannya

Bunga adalah alat reproduksi seksual perkembangbiakkan generatif pada tumbuhan biji tertutup. Secara botani, bunga adalah bagian tanaman untuk menghasilkan biji. Penyerbukan dan pembuahan berlangsung pada bunga. Setelah pembuahan, bunga akan berkembang lebih lanjut membentuk buah. Pada tumbuhan berbunga, buah adalah struktur yang membawa dan melindungi biji.

Pada bunga terdapat benang sari dan putik yang berfungsi sebagai organ reproduksi. Dalam bagian bunga terdapat macm-macam jenis bagian dan memiliki fungsinya masing-masing. Untuk lebih mengetahui bagian-bagian bunga dan fungsinya secara lengkap dibagi berdasarkan tiga kelompok. Simak uraian dibawah ini untuk penjelasan yang lebih lanjut.

Fungsi Bunga

  • Fungsi biologi bunga yaitu sebagai organ seksual, yaitu sebagian wadah menyatunya gamet jantan (mikrospora) dan betina (makrospora) untuk menghasilkan biji.
  • Bunga merupakan analog dengan organ seksual pada hewan baru didasari secara ilmiah pada abad ke-17 di Eropa.
  • Pada bunga yang memiliki warna cerah befungsi sebagai pemikat hewan pembantu penyerbukan.
  • Bunga yang menghasilakan panas dan mengeluarkan aroma yang khas bertujuan memikat hewan untuk membantu penyerbukkan.
  • Bunga dianggap sebagai organ yang bertahan pada kondisi yang kurnag beruntung bagi pertumbuhan. Sejumlah tumbuhan akan segera membentuk bunga apabila mengalami kekurangan air atau bersuhu rendah.

Bagian Bagian Bunga dan Fungsinya

bagian bunga

Bagian bunga secara umum

1. Tangkai Induk Bunga
Tangkai induk bunga atau sering disebut sebagai ibu tangkai bunga (rachis, penduluncus, penduluncus communis) merupakan aksis perbungaan dalam lanjutan dari batang atau cabang.

2. Tangkai bunga
Tangkai bunga (pedicellus) yaitu bagian bunga yang berada tepat dibagian bawah bunga yang mendukung munculnya bunga. Fungsi dari tangkai bunga yaitu sebagai penghubung antara bunga dengan ranting bunga yaitu untuk mnompang bunga.

3. Dasar bunga
Dasar bunga (receptacle) merupakan bagian ujung bunga yang melekat dan bertumpu pada mahkota bunga. Fungsi dari dasar bunga yaitu sebgai tempat bertumpunya atau letak mahkota dari bunga.

4. Daun pelindung
Daun pelindung (brachtea) merupakan daun yang berada pada ketiak bunga. daun pelindung merupakan daun terakhir.

5. Daun tangkai
Daun tangkai (brachteola) merupakan daun yang letaknya berada pada pangkal tangkai bunga yang berfungsi sebagai pelindung.

6. Kelopak Bunga
Kelopak bunga (sepal) adalah bagian bunga ynag berfungsi untuk melindungi dan menyelimuti mahkota saat bunga masih kuncup. Kelopak bunga biasanya berwarna hijau dan memiliki bentuk mirip daun.

7. Mahkota bunga
Mahkota bunga (corolla) merupakan bagian bunga yang paling indah, memiliki beraneka ragam warna yang menarik, dari keindahan yang dimilikinya hingga sering disebut dengan perhiasan bunga. Dari warna yang beraneka ragam itulah akan membuat banyak serangga mendekat dan terjadilah proses penyerbukkan.

8. Benang sari
Benang sari (stamen) merupakan alat kelamin jantan pada bunga yang digunakan sebagi alat perkembangbiakkan bunga atau fertil yang terdiri atas kepala sari (anthera), serbuk sari (polen), tangaki sari (filament) dan penunjang kepala sari.

9. Putik
Putik (pistil) yaitu alat perkembangbiakkan pada kelamin betina dan terdapat bakal bunga dan bakal biji pada putik. Putik terdapat ditengah-tengah bagian bunga yang dikelilingi oleh benang sari. Putik terdiri atas dua bagian yakni kepala putik dan tangkai putik.

Berdasarkan Kelengkapan Bagian Bunga

Berdasarkan kelengkapan bagian bunga dibedakan menjadi dua, yaitu perhiasan bunga dan alat kelamin bunga yang dibedakan menjadi dua bunga lengkap dan bunga tidak lengkap.

  • Bunga lengkap adalah bunga yang mempunyai kelopak, mahkota, benang sari dan putik. Bunga lengkap memiliki kelamin ganda atau hermatrofit. contoh: Bunga sepatu, tembakau, mawar, melati dan terung.
  • Bunga tidak lengkap yaitu bunga yang tidak memiliki salah satu dari beberapa bagian perhiasan atau alat kelamin bunga. Bunga tidka lengkap dibedakan menjadi dua, yaitu perhiasan bunga tidak lengkap dan alat kelamin tidak lengkap.

Berdasarkan Kelengkapan Alat Kelamin

Dilihat dari kelengkapan alat kelaminnya, bunga dibedakan menjadi bunga sempurna dan bunga tidak sempurna.

  • Bunga sempurna adalah bunga yang memiliki dua macam alat kelamin yaitu benang sari dan putik. Perhiasan bunga berupa kelopak dan mahkota bunga tidak selalu harus pada bunga sempurna.
  • Bunga tidak sempurna yaitu bunga yang hanya memiliki satu macam alat kelamin, seperti hanya memiliki benang sari atau putik saja.
    Ada juga dikatakan monoesis dan diesis, monoesis adalah bunga yang memiliki alat kelamin jantan dan bunga yang memiliki alat kelamin betina terdapat pada satu tumbuhan, contoh tumbuhan jagung dan mentimun sedangkan diesis adalah bunga jantan dan bunga betina terdapat pada individu tumbuhan yang berlainan, maka disebut tumbuhan berumah dua. Contohnya adalah tumbuhan salak dan siwalan.

Demikian penjelasan singkat seputar Bagian Bagian Pada Bunga Lengkap dengan Fungsi dan Penjelasannya, semoga informasi yang diberikan bermanfaat.