Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Ahli, Ciri, Fungsi, dan Bentuk Struktur Sosial Lengkap

Posted on

Pengertian Struktur Sosial menurut Pendapat Para Ahli lengkap dengan Ciri, Fungsi, Unsur dan Bentuknya

Pengertian struktur sosial merupakan sebuah bangunan yang tersusun atas berbagai unsur pembentuk masyarakat. Unsur-unsur tersebut saling berkaitan satu dengan yang lain secara fungsional. Dalam arti fungsional yaitu apabila terjadi perubahan pada salah satu unsur tersebut maka unsur yang lain akan mengalami perubahan juga.

Struktur sosial dibagi menjadi 2 susunan, yaitu Horizontal dan Vertical. Sebagai contoh pada susunan Horizontal terdapat kelompok pria dan kelompok pria, atau kelompok orang beragama, kristen , hindu, budha dan Islam. Ciri masing-masing dalam kelompomk tersebut tidak bertingkat, artinya memiliki kedudukan yang sama. Sedangakn contoh struktur sosial vertical seperti terdapat kelompok kaya dan kelompok miskin, contoh ini menunjukkan perbedaan kedudukan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang definisi Struktur Sosial, berikut ini merupakan pendapat para ahli tentang definisi dari Struktur Sosial.

Pengertian Menurut Ahli

Menurut Koentjaraningrat, struktur sosial adalah kerangka yang dapat menggambarkan kaitan dengan berbagai elemen dalam masyarakat.

  1. Menurut Soeleman B.Taneko, struktur sosial adalah keseluruhan jalinan antara unsur-unsur soosial yang pokok, yaitu kaidah-kaidah sosial, lembaga-lembaga sosial, kelompok-kelompok sosial, dan lapisan-lapisan sosial.
  2. Menurut Soerjono Soekanto, struktur sosial adalah hubungan timabl balik antara posisi-posisi dan peranan sosial.
  3. Menurut Raymond Flirt, struktur sosial merupakan suatu pergaulan hidup manusia yang meliputi berbagai tipe kelompok yang terjadi dari banyak orang dan meliputi pula lembaga-lembaga dimana orang banyak tersebut ambil bagian.
  4. Menurut George Simmel, struktur sosial adalah kumpulan individu serta pola perilakunya.
  5. Menurut Coleman, struktur sosial adalah Pola hubungan antar manusia dan antarkelompok manusia.
  6. Menurut Kornblum, Struktur sosial adalah Pola perilaku individu dan kelompok, yaitu perilaku berulang-ulang yang menciptakan hubungan antar individu dan antar kelompok dalam masyarakat.
  7. Menurut George C. Homans, struktur sosial merupakan hal yang memiliki hubungan erat dengan perilaku sosial dasar dalam kehidupan sehari-hari.
  8. Menurut E.R. Lanch, struktur sosial adalah cita-cita tentang distribusi kekuasaan di antara individu dan kelompok sosial
  9. Menurut Abdul syani, struktur sosial adalah suatu tatanan sosial dalam kehidupan masyarakat yang merupakan jaringan dari unsur-unsur sosial yang poko.
  10. Menurut D. Hendropuspito, Struktur sosial adalah skema penempatan nilai-nilai sosio-budaya dan organ-organ masyarakat pada posisi yang dianggap sesuai, demi berfungsinya organisme masyarakat sebagai suatu keseluruhan, dan demi kepentingan masing-masing bagian untuk jangka waktu yang relatif lama.

Unsur Struktur Sosial

Struktur sosial muncul karena adanya dua unsur, yaitu:

loading...
  1. Individu, Individu memiliki arti sebagai pembentuk masyarakat, sekaligus pembentuk struktur sosial. Jika tidak ada individu makan tidak akan mungkin ada masyarakat.
  2. Interaksi, Interaksi berarti antar individu dalam masyarakat akan membentuk struktur sosial, tanpa adanya interaksi maka struktru sosial tidak mungkin terbentuk.

Ciri-Ciri Struktur Sosial

  1. Muncu pada kelompok masyarakat
  2. Berkaitan erta dengan kebudayaan
  3. Dapat berubah dan berkembang
  4. Struktur sosial mengacu pada hubungan sosial yang pokok
  5. Lingkup cakupan struktur sosial adalah smeua hubungan sosial antara individu-individu pada suatu saat tertentu.

Fungsi Struktur Sosial

  1. Fungsi identitas, yaitu sebagai penegas identitas yang dimiliki suatu kelompok
  2. Fungsi kontrol yaitu untuk mengontrol individu yang berada dalam struktur sosial tertentu
  3. Fungsi pembelajaran, yaitu dengan adanya struktur sosial individu dapat belajar melalui interaksi yang terjadi di dalamnya

Bentuk Struktur Sosial

Dalam masyarakat bentuk struktur sosial dapat dilihat dari beberapa sudut, yaitu

  1. Dilihat dari sifatnya
    Bentuk struktur sosial suatu masyarakat dapat dibedakan menjadi struktur sosial yang kaku, struktur sosial yang luwes, struktur sosial formal, dan struktur sosial informal
  2. Dilihat dari identitas keanggotaan masyarakatnya
    Bentuk struktur sosial ini dapat dikelompokkan menjadi 2 yaitu struktur sosial yang homogen dan struktur sosial yang heterogen.
  3. Dilihat dari ketidaksamaan sosial
    Bentuk struktur sosial berdasarkan ketidaksamaan sosial adalah pengelompokkan manusia secara horizontal dan vertikal.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Ahli, Ciri, Fungsi, dan Bentuk.  Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.