11 Pengertian Aplikasi dan Klasifikasi Aplikasi Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pendapat Para Ahli Tentang Pengertian Aplikasi dan Klasifikasi Aplikasi Terlengkap

Dengan berkembangnya teknologi di era modern saat ini, pembaca PelajaranSekolahOnline pasti sudah tidak asing lagi dengan kata aplikasi. Apalagi untuk para pengguna smartphone, aplikasi sudah menjadi kebutuhan pokok tersendiri untuk penggunanya. Contohnya dalam dunia pendidikan kita sering menggunakan aplikasi microsoft office seperti word, excel atau power point untuk menunjang dunia pendidikan. Sedangkan untuk para pengguna smartphone kalian pasti menggunakan media sosial seperti Facebook, BBM, Twitter, Path, dan berbagai macam media sosial lainnya. Contoh-contoh tersebut merupakan sebuah aplikasi.

Jika contoh tersebut merupakan contoh dari aplikasi, lalu apa yang disebut dengan aplikasi? Kali ini PelajaranSekolahOnline akan memberikan informasi kepada pembaca mengenai pengertian Aplikasi. Simak ulasan berikut ini.

Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan pengertian aplikasi menurut pendapat para ahli.

  1. Ali Zaki dan Smitdey Comunity
    Menurut mereka, aplikasi adalah komponen yang bermanfaat sebagai media untuk menjalankan pengolahan data ataupun berbagai kegiatan lainnya seperti pembuatan atau pengolahan dokumen atau file.
  2. Sri Widianti
    Menurutnya, aplikasi adalah sebuah software atau perangkat lunak yag bertugas sebagai font end pada sebuah sistem yang digunakan untuk mengolah berbagai macam data sehingga menjadi sebuah informasi yang bermanfaat untuk penggunanya dan juga sistem yang berkaitan.
  3. Harip santoso
    Menurutnya, aplikasi adalah sebuah kelompok file (class, form, report) yang ditujukan sebagai pengeksekusi aktivitas tertentu yang saling berkaitan seperti contohnya aplikasi payroll dan aplikasi fixed asset.
  4. Yuhefizar
    Menurutnya, aplikasi adalah program yang sengaja dibuat dan dikembangkan sebagai pemenuh kebutuhan penggunanya dan menjalankan suatu pekerjaan tertentu.
  5. Jogianto
    Menurutnya, aplikasi adalah penggunaan dalam komputer, intruksi atau pernyataan, yang disusun sedemikian rupa sehingga komputer dapat memproses input dan menjadi output.
  6. KBBI
    Menurut KBBI, aplikasi adalah penerapan dari rancang sistem untuk mengolah data yang menggunakan aturan atau ketentuan bahasa pemograman tertentu. Aplikasi merupakan suatu program komputer yang dibuat untuk mengerjakan dan melaksanakan tugas khusus dari pengguna
  7. Rachmad Hakim S
    Menurutnya, aplikasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk tujuan tertentu, seperti mengolah dokumen, mengatur Windows dan permainan dll.
  8. Hendrayudi
    Menurutnya, aplikasi adalah kumpulah perintah program yang sibuat untuk melakukan pekerjaan pekerjaa tertentu.
  9. Hengky W.Pramana
    Menurutnya, aplikasi adalah suatu unit perangkat lunak yang dibuat untuk melayani kebutuhan akan beberapa aktivitas seperti sistem perniagaan, game pelayanan masyarakat, atau semua proses yang hampir dilakukan manusia.
  10. Ibisa
    Menurutnya. aplikasi adalah alat bantu untuk mempermudah dan mempercepat proses pekerjaan dan melakukan beban bagi pengguna.
  11. Eko. I & Djokopran
    Menurutnya, aplikasi adalah proses atau prosedur aliran data dalam infrastruktur teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan oleh para pengambil keputusan yang sesuai dengan jenjang dan kebutuhan.

Secara umum, aplikasi merupakan sebuah alat terapan yang difungsikan secara khusus dan terpadu sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Secara etimologi, aplikasi berasal dari bahasa inggris yaitu Application yang berarti penerapan, lamaran dan penggunaan. Secara istilah aplikasi merupakan sebuah program siap pakai yang dipakai untuk melaksanakan suatu fungsi bagi pengguna atau aplikasi yang lain dpat digunakan oleh sasaran yang dituju.

loading...

Dapat dikatakan juga, bahwa aplikasi merupakan suatu perangkat lunak yang siap pakai dengan menjalankan instruksi-instruksi dari pengguna (user), aplikasi banyak diciptakan untuk membantu berbagai keperluan, seperti contoh : membuat laporan, percetakan dan lain-lain.

Klasifikasi Aplikasi

Aplikasi dapat digolongkan menjadi beberapa kelas, antara lain:

  1. Perangkat lunak perusahaan (enterprise)
  2. Perangkat lunak infrastruktur perusahaan
  3. Perangkat lunak informasi kerja
  4. Perangkat lunak media dan hiburan
  5. Perangkat lunak pendidikan
  6. Perangkat lunak pengembangan media
  7. Perangkat lunak rekayasa produk

Demikian artikel yang diberikan tentang 11 Pengertian Aplikasi dan Klasifikasi Aplikasi Menurut Para Ahli . semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda.