Tips dan Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar 2016

Posted on

Tips dan Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Agar Lolos ke Tahap Selanjutnya

Bagi anda yang ingin mencari pekerjaan, biasanya awal dalam mencari pekerjaan dimulai dengan membuat surat lamaran kerja. Baik dalam perusahaan umum, Bank, CPNS, bahkan banyak perusahaan swasta pun menggunakan surat lamaran kerja sebagai syaratnya.

Untuk membuat surat lamaran kerja memanglah tidak sulit tapi membutuhkan waktu untuk menyusun rangkaian kalimat agar surat lamaran kerja yang kita kirimkan menjadi kesan pertama yang baik dan akan menambah peluang untuk diterima menjadi salah satu karyawan.

Kesan pertama yang diberikan kepada HRD melalui surat lamaran kerja yang anda kirimkan dapat menentukan langkah selanjutnya. HRD akan tertarik dengan cara penulisan surat lamaran kerja yang rapi, tidak bertele-tele, jelas dan baik. Untuk itu kali ini pelajaransekolahonline.com akan memberikan tips dan cara membuat surat lamaran kerja dan disertai dengan contoh surat lamaran kerja dengan baik dan benar.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar

Untuk membuat surat lamaran kerja tidak serta merta menggunakan bahasa dan format bebas, tetapi harus tetap memperhatikan format, maupun tatacara penggunaan bahasa yang benar serta beberapa kesiapan surat pendukung lainnya yang mendukung. Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat kita lakukan dan harus disiapkan sebelum membuat surat lamaran kerja.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

  1. Gunakan bahasa yang baik dan benar
    Untuk membuat surat lamaran kerja yang baik, gunakan selalu bahasa yang baik, benar dan jelas. Sebenarnya tidak hanya dalam membuat surat lamaran kerja, untuk membuat surat resmi lainnya gunakan juga bahasa yang baik dan benar.
  2. Gunakan kalimat yang sopan
    Selain menggunkan bahasa yang baik dan benar, kita juga harus menggunakan kalimat yang sopan dan jangan pernah gunakan kalimat yang terkesan menyombongkan diri.
  3. Kerapian
    Selain dua hal diatas, hal lain yang menjadi nilai tambah yaitu kerapian dari tulisan surat. Meskipun perkembangan teknologi sudah semakin canggih, namun hingga saat ini masih banyak perusahaan yang lebih menyukai surat lamaran kerja yang ditulis dengan manual menggunakan ballpoint. Karena HRD lebih mudah menilai kepribadian dari bentuk tulisan tangan. Selain itu usahakan lembar surat lamaran kerja tidak kotor dan terdapat coretan.
  4. Surat dan syarat pendukung dari perusahaan.
    Usahakan melengkapi surat-surat yang dibutuhkan atau yang disyaratkan dari perusahaan.
  5. Lampirakan sertifikat pendukung lainnya
    Jika anda memiliki sertifikat, boleh saja dilampirkan untuk menambah nilai tambah dan kriteria kemampuan anda, sehingga pihak HRD lebih mempertimbangkan anda.

Format Penulisan Surat Lamaran Kerja

Dalam membuat surat lamaran kerja terdapat format pendukung yang menjadikan surat lamaran kerja yang anda kirimkan dapat dipertimbangkan, seperti bagian pembuka, bagian isi atau uraian dan bagaina penutup.

  1. Bagian Pembuka
    Pada bagian pembuka biasanya terdiri atas sumber informasi lowongan kerja yang diperoleh dari pelamar, serta bagaian yang ingin ditempati oleh pelamar.
  2. Bagian Isi
    Bagian isi menjelaskan bahwa pelamar telah memenuhi persyaratan yang diinginkan oleh perusahaan yang dilamar, selain itu pada bagian ini juga menjelaskan informasi biodata dengan lengkap, seperti nama lengkap, alamat, jenjang pendidikan dan lain sebagainya.
  3. Bagian Penutup
    Bagian penutup ini merupakan inti, karena bagian ini berisi harapan dari pelamar kerja tentang proses selanjutnya, tidak lupa dilengkapi dengan ucapan terimakasih.

Untuk lebih jelasnya perhatikan beberapa contoh surat lamaran kerja dibawah ini. Membuat sebuah surat lamaran kerja sebenarnya tidak membutuhkan waktu yang lama, namun kita harus selalu memperhatikan cara dan tulisan agar terlihat sopan, dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar namun tetap jelas seperti penjelasan diatas.

Contoh Surat Lamaran Kerja


Contoh 1

Hal : lamaran pekerjaan

Kepada Yth.,
Bpk / Ibu Personalia
PT. Sejahtera Adil dan Makmur
Jl. KH R. Muhammad Rosyidi
Pringsewu

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Sejahtera Adil dan Makmur yang saya dapatkan dari harian Lampung Post pada tanggal 29 September 2016. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Administrasi (ADM) di perusahaan PT. Sejahtera Adil dan Makmur.

Berikut ini adalah data singkat saya

Nama : Fariza Ulfa
Tempat / tgl. lahir : Gadingrejo, 12 Mei 1998
Pendidikan Terakhir : S1 Manajemen Informatika
Alamat : Jl. Raden Intan no.53 Kec.Gadingrejo Kab.Pringsewu
Telepon (HP) : 085712345678
Status : Belum kawin

loading...

Dan saat ini saya dalam keadaan yang sehat dan dapat berbahasa Inggris dengan fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dan latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan, dan saya juga dapat mengoperasikan komputer baik itu Lotus Spreedsheet, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy ijazah S1
3. Foto copy transkrip nilai
4. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan
5. Pas photo yang terbaru

Kesempatan wawancara dari Bapak / Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Demikian surat lamaran ini, Saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu personalia.

Hormat saya,

Fariza Ulfa


Contoh 2

TulungAgung, 29 September 2016
Kepada Yth. HRD
Pt. Sejahtera Adil dan Makmur
Jl. KH R. Muhammad Rosyidi
Pringsewu

Dengan hormat,
Saya yang bertandatangan di bawah ini :
Nama : Chyntia Carolina
Tempat, Tgl. Lahir : Tulung Agung, 21 Januari 1993
Alamat : Jl. Yudhistira Rt/Rw 003/004 Tulungagung, Kec.Gadingrejo. Kab.Pringsewu
No. Telp/HP : 081234567891
Pendidikan : S1 Manajemen

Dengan surat ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai seorang Marketing.

Saya memiliki sedikit pengalaman bekerja sebagai Marketing Manajer di salah satu perusahaan terkemuka di Surabaya. Dan dengan surat permohonan ini saya siap untuk memberikan kompetensi waktu dan tenaga saya apabila diperlukan dan sangat besar harapan saya agar dapat diberikan kesempatan wawancara maupun tes lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan surat :

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy Ijazah
3. Foto copy sertifikat
4. Foto copy KTP
5. Foto copy transkrip nilai
6. Pas photo terbaru

Demikian surat lamaran kerja ini, saya ucapakan banyak terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu.

Hormat saya,

Chyntia Carolina


Dari contoh surat lamaran kerja diatas, anda dapat merubah sedikit dengan memodifikasi sesuai denga biodata dan persyaratan lengkap lainnya serta sertifikat yang anda miliki, hal tersebtu dilakukan untuk lebih memperbesar kemungkinan anda dapat diterima diperusahaan yang anda lamar atau memperbesar kemungkinan anda lolos dari seleksi berkas.

Itulah Tips dan Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar 2016 semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda. Sampai jumpa di postingan selanjutnya..