25 Pengertian Puisi Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

Mengetahui Pendapat Para Ahli Tentang Definisi Puisi Terlengkap

Puisi merupakan sebuah sastra hasil ungkapan pemikiran dan perasaan manusia dengan menggunakan bahasa yang terikat oleh irama, matra, rima, penyusunan lirik dan baik, serta penuh dengan makna. Sebuah puisi akan memiliki nilai yang baik jika puisi tersebut memiliki makna yang mendalam, dan makna diungkapkan dengan memadatkan segala unsur bahasa. Dalam puisi menggunakan bahasa yang ringkas tapi memiliki mkan yang dalam dan kata kata yang diungkapkan memiliki banyak arti. Itulah pengertian puisi secara umum, untuk mengetahui pengertian Puisi menurut pendapat ahli, simak ulasan berikut ini.

Pengertian Puisi Menurut Ahli 

1. Menurut Samuel Taylor Coleridge
Puisi adalah kata-kata yang terindah dalam susunan terindah. Penyair memilih kata-kata yang setepatnya dan disusun secara sebaik-baiknya, misalnya seimbang, simetris, antara satu unsur dengan unsur lain sangat erat berhubungannya, dan sebagainya.

2. Menurut Carlyle
Puisi merupakan pemikiran yang bersifat musikal. Penyair menciptakan puisi itu memikirkan bunyi-bunyi yang merdu seperti musik dalam puisinya, kata-kata disusun begitu rupa hingga yang menonjol adalah rangkaian bunyinya yang merdu seperti musik, yaitu dengan mempergunakan orkestra bunyi.

3. Menurut Wordsworth
Puisi adalah pernyataan perasaan yang imajinatif, yaitu perasaan yang direkakan atau diangankan.

4. Menurut Dunton
Puisi merupakan pemikiran manusia secara konkret dan artistik dalam bahasa emosional serta berirama.

5. Menurut William Wordsworth
Puisi adalah peluapan yang spontan dari perasaan-perasaan yang penuh daya, memperoleh asalnya dari emosi atau rasa yang dikumpulkan kembali dalam kedamaian.

6. Menurut Putu Arya Tirtawirya
Puisi merupakan ungkapan secara implicit dan samar, dengan makna yang tersirat, dimana kata-katanya condong pada makna konotatif.

7. Menurut Pradopo
Puisi adalah aktivitas yang bersifat pencurahan jiwa yang padat, bersifat sugestif dan asosiatif.

8. Menurut Samad Said
Pada hakikatnya puisi adalah satu pernyataan perasaan dan pandangan hidup seorang penyair yang memandang sesuatu peristiwa alam dengan ketajaman perasaannya.

9. Menurut Shahnon Ahmad
Puisi merupakan unsure-unsur berupa emosi, imajinasi, pemikiran, ide, nada, irama, kesan pancaindera, susunan kata, kata kiasan, kepadatan, dan perasaan yang bercampur baur.

10. Menurut H.B. Jassin
Puisi adalah pengucapan dengan perasaan yang didalamnya mengandung fikiran-fikiran dan tanggapan-tanggapan.

11. Menurut Waluyo
Puisi adalah karya sastra dengan bahasa yang dipadatkan, dipersingkat dan diberi irama dengan bunyi yang padu dan pemilihan kata-kata kias (imajinatif).

12. Menurut Edwin Arlington Robinson
Puisi adalah bahasa yang menyampaikan sesuatu yang sukar hendak dinyatakan, tidak kira sama ada puisi itu benar atau sebaliknya.

13. Menurut Muhammad H. Salleh
Puisi merupakan bentuk sastra yang kental dengan music bahasa serta kebijaksanaan penyair dan tradisinya. Dalam segala kekentalan itu, maka pusis setelah dibaca akan menjadikan kita lebih bijaksana.

14. Menurut Menurut Kamus Istilah SastraSudjiman
Puisi merupakan ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait.

15. Menurut Watt-Dunton
Puisi adalah ekpresi yang kongkret dan yang bersifat artistik dari pikiran manusia dalam bahasa emosional dan berirama.

loading...

16. Menurut Herman J. Waluyo
Puisi adalah bentuk karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengonsentrasikan semua kekuatan bahasa dengan pengonsentrasian struktur fisik dan struktur batinnya.

17. Menurut John Keats
Puisi adalah suatu usaha untuk membaca indah dari membayangkan narasi proses pemikiran atau logis. Dia tidak menyiratkan puisi yang tidak masuk akal atau tidak memiliki narasi.

18. Menurut William Wordsworth
Puisi adalah overflow spontan perasaan kuat, yang diperlukan berasal dari emosi teringat dalam ketenangan, emosi yang dimaksud sampai oleh suatu jenis reaksi, ketenangan secara bertahap menghilang, dan emosi, kerabat itu yang merupakan subjek kontemplasi, diproduksi secara bertahap, dan tidak itu sendiri sebenarnya ada dalam pikiran.

19. Menurut Paul Valery
Puisi adalah seni didasarkan pada bahasa, namun puisi memiliki makna yang lebih umum yang sulit untuk menentukan karena kurang menentukan; puisi juga mengungkapkan keadaan pikiran tertentu.

20. Menurut Aristoteles
Puisi adalah fragmen yang ada penyair yang menggambarkan tiga genre puisi adalah epik, komik, yang tragis dan mengembangkan aturan untuk membedakan puisi kualitas tertinggi setiap genre, berdasarkan tujuan yang mendasari genre.

21. Menurut Carol Sebuah Duffy
Puisi adalah sebuah pakian perasaan: karya sastra darimana kata-kata tampaknya di buat khusus dari memori atau keinginan.

22. Menurut Vicil C. Coulter
Puisi adalah teknologi, dengan menggunakan tubuh manusia sebagai media perantara, berevolusi untuk keperluan spesifik; untuk menahan hal dalam memori, baik dalam maupun di luar rentang kehidupan individu, untuk mencapai intensitas dan daya tarik sensual.

23. Menurut Jason Stone
Puisi adalah untuk mengekspresikan perasaan dan ide-ide dengan cepat dan mengesankan, untuk berbagi perasaan dan ide dengan sahabat, dan juga dengan mati dan dengan orang-orang untuk dating setelah kami.

24. Menurut Anne Rouse
Pusi adalah tentang intensitas di pusat kehidupan, dan tentang kerumitan berekspresi tanpa apresiasi dari mereka, orang yang dikutuk untuk emosi sederhana dan ekspresi mentah.

25. Menurut Rahmat Joko Pradopo
Puisi ialah ekspresi pemikiran yang membangkitkan perasaan, ia mampu membangkitkan imajinasi panca indera dalam suasana yang berirama.

Demikian artikel yang diberikan tentang Pengertian Puisi Menurut Para Ahli Terlengkap  . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda. Sampai jumpa di postingan selanjutnya..