Aransemen

Pengertian Aransemen, Tujuan, Jenis dan Langkah Langkah Aransemen Lengkap

Posted on

Pengertian Aransemen, Tujuan, Jenis dan Langkah Langkah Aransemen Lagu Aransemen berasal dari bahasa Belanda “Arrangement” yang artinya penyesuaian komposisi musik dengan nomor suara penyanyi atau instrumen musik yang didasarkan atas komposisi yang sudah ada sehingga esensi musik tidak berubah. Orang yang melakukan aransemen lagu disebut dengan Arranger atau Pengaransemen. Modal dasar yang harus dimiliki oleh seorang arranger yaitu menguasai pengetahuan tentang harmoni. Tujuan Aransemen yaitu membuat sebuah lagu menjadi lebih baik dan indah.

Jenis Aransemen

Terdapat 3 jenis aransemen, yaitu aransemen vocal, aransemen instrumen dan aransemen campuran.

Aransemen Vokal

Setiap lagu bisa dibuatkan aransemen khusus vokal, yakni dalam dua suara, tiga suara, atau empat suara. Namun aransemen vokal dalam dua suara merupakan aransemen lagu yang paling mudah. Penyusunan aransemen vokal dalam tiga dan empat suara membutuhkan lebih banyak persyaratan.

Setelah aransemen lagu selesai disusun, lagu tersebut dicoba dinyanyikan secara bersama-sama. Jika aransemen masih kurang baik atau kurang memuaskan, maka aransemen tersebut bisa disusun kembali hingga diperoleh hasil akhir yang memuaskan.

Aransemen Instrumen

Penyusunan aransemen instrumen harus disesuaikan dengan alat-alat musik yang nantinya akan digunakan untuk memainkan lagu tersebut. Semakin lengkap alat musik yang dipakai maka akansemakin banyak pula kemungkinan variasi yang bisa diciptakan. Penyusunan aransemen instrumen berpedoman pada pengetahuan ilmu harmoni dan juga akord.

Bagian-bagian dari aransemen musik dikenal dengan Partitur. Dalam aransemen instrumen, kebanyakan partitur yang dimainkan bergantian tugas, sedangkan dalam aransemen vokal semua partitur umumnya berbunyi bersamaan.

Aransemen Campuran

Aransemen ini merupakan aransemen yang menggabungkan atau mencampurkan aransemen vokal dan aransemen instrumen yang telah ada. Pada aransemen campuran, umumnya aspek vokal yang paling ditonjolkan, sementara instrumen hanya berfungsi sebagai pengiring sekaligus memeriahkan, sehingga pertunjukan bertambah sempurna.

Seorang dirigen/konduktor berfungsi sebagai pemimpin yang mengendalikan keseimbangan dalam menampilkan aransemen yang telah disusun.

Cara Membuat Aransemen

Ada 2 cara membuat aransemen yairu secara tertulis dan tidak tertulis.

Secara tertulis
Maksudnya arasemen dilakukan dengan menambahkan notasi atau mengubah notasi yang dilakukan secara tertulis pada susunan not partiture sebuah lagu.

Secara tidak tertulis
Maksudnya aransemen dilakukan dengan melakukan mengubah langsung pada saat penggarapan lagu atau biasa disebut improvisasi panggung.

Langkah-langkah Membuat Aransemen Lagu

Adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membuat sebuah aransemen lagu:

  • Pertama, tentukan naskah lagu asli yang akan di aransemen.
  • Selanjutnya amati, cermati dan pahami perjalanan melodi lagu asli yang akan di aransemen.
  • Setelah itu, amati dan cermati tanda-tanda lagu yang digunakan dan juga makna dari lagu aslinya.
  • Kemudian kelompokkan jenis-jenis alat musik yang akan dilibatkan dalam aransemen baru sesuai peran dan fungsinya masing-masing.
  • Seimbangkan komposisi jumlah alat musik yang akan digunakan dalam aransemen lagu agar tercipta sebuah harmoni.
  • Penulisan partitur lagu secara terpisah untuk setiap alat musik dan terpadu secara keseluruhan.
  • Dan hal yang paling penting, jangan lupa minta izin kepada pembuat lagu (jika masih ada) dan mencantumkan nama pencipta lagu ke dalam naskah hasil aransemen.

Demikian artikel yang diberikan tentang Pengertian Aransemen, Tujuan, Jenis dan Langkah Langkah Aransemen Lengkap semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda.