Pengertian Ilmu Kalam Menurut Para Ahli, Macam Macam dan Fungsi Ilmu Kalam

Posted on

Mengetahui Pengertian Ilmu Kalam Menurut Para Ahli, Macam Macam dan Fungsi Ilmu Kalam

Secara etimologis ilmu kalam terdiri dari dua perkataan, yaitu pertama ilmu kalam berarti pengetahuan dan arti yang kedua kalam memiliki arti atau percakapan. Ilmu kalam biasa digunakan sebagai nama dari ilmu yang membahas aqidah-aqidah dalam Islam. Ilmu kalam merupakan ilmu yang membicarakan bagaimana menetapkan kepercayaan-kepercayaan keagamaan (agama islam) dengan bukti-bukti yang yakin. Ilmu kalam juga digunakan untuk membahas soal keimanan.

Sedangkan para alhi ilmu kalam (Mutakalimin) menjadikan persoalan teologi sebagai pokok kajian. Berikut ini merupakan pendapat para ahli mengenai pengertian ilmu kalam. Simak ulasan berikut ini.

Pengertian Ilmu Kalam

Menurut Musthafa Abdul Raziq, ilmu kalam merupuakan ilmu yang berkaitan dengan aqidah imani yang dibangun dengan argumentasi-argumentasi rasional.

Menurut Al Farabi, ilmu kalam merupakan disiplin ilmu yang membahas Dzat dan sifat Allah serta eksistensi yang mungkin mulai berkenaan dengan masalah dunia sampai masalah sesudah mati yang berlandaskan doktrin Islam.

Menurut Ibnu Khaldun, ilmu kalam merupakan ilmu yang mendandung berbagai argumentasi tentang akidah imani yang diperkuat dengan dalil-dalil rasional.

Menurut Syekh Muhammad Abduh, ilmu kalam merupakan ilmu yang membahas tentang wujud Allah, sifat-sifat wajib bagi-NYA, sifat-sifat jaiz yang disifatkan bagi-NYA, dari sifat-sifat yang tidak ada bgai-NYA. Ilmu kalam juga membahas tentang rasul-rasul Allah untuk menetapkan kebenaran risalahnya, apa yang wajib ada pada dirinya, hal-hal jaiz dihubungkan pada diri mereka dan hal-hal jaiz yang dihubungkan pada diri mereka, dan hal-hal terlarang yang dihubungkan kepada diri mereka.

Dari beberapa definisi diatas, dapat dikatakan bahwa ilmu kalam adalah ilmu yang membicarakan atau membahas tentang masalah ketuhanan/ketauhidan dengan menggunakan dalil-dalai dan disertai alasan-alasan rasional.

Macam-Macam Ilmu Kalam

1. Ilmu Tauhid
Ilmu tauhid merupakan ilmu yang membahas tentang wujud Allah, sifat-sifat Allah, yang membahas tentang dalil-dalil untuk membuktikan adanya Dzat yang mewujudkan, dan membahas dalil-dalil sam’iyat untuk mempercayai sesuatu dengan yakin.

2. Ilmu Aqa’id
Ilmu Aqa’id adalah simpulan atau buhul yang berarti kepercayaan yang tersimpul dalam hati atau pendangan yang ebrsemayam dalam jiwa manusia dan diyakini kebenarannya sehingga tidak mudah dilepaskan.

3. Ilmu Usuluddin
Ilmu Usuluddin merupakan ilmu yang membahas tentang prinsip-prinsip dasar agama dengan menggunakan dalil-dalil Qat’iyyah dan logika.

Fungsi Ilmu Kalam

  1. Untuk menjaga kemurnian dasar-dasar agaman dan memberikan dasar-dasar argumentasi yang kuat di hadapan para penentangnya.
  2. Memberikan arahan dan petunjuk kepada orang-orang yang membutuhkan nasihat, khususnya jika Islam bersinggungan dengan teologi agama lain dalam masyarakat yang heterogen.
  3. Ilmu kalam berfungsi untuk menopang dan menguatkan sistem nilai ajaran islam yang terdiri dari 3 pilar.
    • Iman sebagai landasan akidah
    • Islam sebagai manifestasi syariat, ibadah dan muamalah
    • Ihsan sebagai aktualisasi akhlak
  4. Menjadi pijakan bagi ilmu-ilmu syariah
  5. Menjaga kesucian niat dan keyakinan yang merupakan dasar dalam perbuatan untuk mencapai kebahagiaan dunia akhirat.

Demikian pembahasan yang diberikan tentang Pengertian Ilmu Kalam Menurut Para Ahli, Macam Macam dan Fungsi Ilmu Kalam, semoga informasi yang diberikan bermanfaat, sampai jumpa di artikel selanjutnya .