Pengertian Sublimasi, Tujuan Sublimasi dan Contoh Sublimasi

Posted on

Pengertian Sublimasi, Tujuan Sublimasi dan Contoh Sublimasi Secara Lengkap

Dalam suatu zat kimia terjadi berbagai proses, seperti padat menjadi cair, cair menjadi padat, cair menjadi gas, gas menjadi padat dan lain sebagainya. Perubahan dalam proses zat kimia tersebut memerlukan suatu metode yang tepat agar diperoleh hasil yang diinginkan. Dalam perubahan zat kimia kita mengenal metode yang disebut Sublimasi. Apa itu Sublimasi?

Pengertian Sublimasi

Sublimasi ialah istilah dalam kimia yang berhubungan dengan perubahan wujud dari suatu zat. Namun, istilah sublimasi juga digunakan untuk menyebutkan salah satu metode pemisahan campuran kimia.

Dalam perubahan zat, Sublimasi merupakan perubahan wujud suatu zat dari padat ke gas atau sebaliknya. Apabila partikel penyusun suatu zat padat diberi kenaikan suhu dengan besaran tertentu maka partikel tersebut akan menyublin menjadi gas. Dan apabila suhu diturunkan, maka gas akan berubah wujud kembali menjadi padat.

Dalam pemisahan campuran, Sublimasi yaitu dengan cara memanaskan zat padat yang terlarut pada zat padat sehingga zat padat yang akan diambil akan berubah menjadi gas. Gas yang dihasilkan kemudian di tampung lalu dinginkan. Syarat pemisahan campuran dengan cara Sublimasi yaitu partikel yang bercampur harus memiliki perbedaan titik didih yang besar sehingga dapat menghasilkan uap dengan tingkat kemurnian yang tinggi.

Lalu apa Tujuan Sublimasi?

Tujuan Sublimasi yaitu

  • Untuk mendapatkan suatu zat yang murni atau beberapa zat yang murni dari suatu campuran yang disebut dengan Pemurnian.
  • Untuk mengetahui keberadaan suatu zat dalam suatu sampel analisa laboratorium.

Contoh Sublimasi

Salah satu contoh sublimasi yang paling mudah dilihat yaitu pada proses pembuatan kapur barus. Campuran kapur barus dan arang dipanaskan sehingga kapur barus yang dapat menyublin akan menguap, setelah didinginkan zat tersebut berubah kembali menjadi padat kembali.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Sublimasi, Tujuan Sublimasi dan Contoh Sublimasi Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.