Denah

Pengertian Denah, Fungsi, Unsur dan Cara Membaca Denah Terlengkap

Posted on

Pengertian Denah, Fungsi, Unsur Unsur Denah dan Cara Membaca Denah Terlengkap Denah adalah suatu gambaran tentang tata letak tempat. Denah berfungsi untuk membantu kita menemukan berbagai tempat tampa bertanya pada orang lain. Definisi denah lain yaitu tampat atas suatu bangunan yang terpotong secara horizontal dengan jarak minimal 1 m dari ketinggian 0,00 dimana suatu bangunan dengan bagian atas tersebut dihilangkan dan juga sebagai petunjuk atau memisahkan antar ruangan yang satu dengan yang lain.

Pengertian denah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah gambar yang menunjukan letak kota, jalan, dan sebagainya, peta atau gambar ruanngan seperti rumah, bangunan dan lain sebagainya.

Fungsi Denah

Fungsi denah yaitu sebagai petunjuk dari letak suatu objek seperti denah pada ruangan maka dalam denah akan digambarkan fungsi ruang, susunan ruang, dimensi ruang, letak pintu bukaan, isi ruangan dan lain-lain.

Ketika membaca denah kita harus memperhatikan arah mata angin sebagai patokan, setiap denah menunjukan mata angin arah utara. Dalam sebuah denah dicantumkan nama jalan dan juga tempat umum yang akan memudahkan kita ke lokasi yang kita tuju.

Unsur-Unsur Denah

Adapun unsur-unsur denah, diantaranya:

  • Terdapat judul denah
  • Terdapat gambaran umum lokasi
  • Terdapat gambaran arah mata angin yang mengarah ke utara
  • Terdapat nama dari setiap tempat pada gambar denah.

Cara Membaca Denah

Langkah-langkah, cara membaca suatu denah yaitu:

  • Pertama baca dahulu judul denah tersebut
  • Perhatikan keterangan yang menjelasskan simbol pada denah
  • Bacalah hubungan bagian denah, baik jalan atau bangunannya
  • Masukkan segala hal yang ingin di ketahui dari denah
  • Baca semua isi denah untuk mencari jawaban daro berbagai pertanyaan yang telah diajukan.

Contoh Membaca Denah

Saat kalian berada di depan SMP 2 Mandiri, tiba-tiba ada seorang ibu menghampiri kalian dan menanyakan lokasi Kantor Dinas Pariwisata sembari menunjukan sebuah denah, Seperti berikut.

Kalian maka harus menjelaskan seperti ini:

Kantor Dinas Pariwisata terletak di Jalan Ikrar Bakti. Dari sini, silakan ibu jalan lurus ke arah barat hingga ujung jalan Darma Bakti ini. Setelah di Ujung jalan ini, ibu akan menemukan Jalan Garuda, silakan ibu belok kanan atau kearah utara. Ikuti jalan tersebut, Ibu akan melewati Bundaran Kota dan setelah itu sebuah jembatan. Setelah jembatan, Ibu akan mememukan pertigaan atau tepatnya di depan SMA 1 Mandiri. Silakan ibu berbelok ke kanan, dan ibu akan menemukan Jalan Ikrar Bakti, Ikuti jalan tersebut hingga melewati perempatan. Nah, setelah perempatan itulah Kantor Dinas Pariwisata, tepatnya dikiri jalan bersebrangan dengan lapangan sepak bola.

Demikian artikel pembahasan tentang”Pengertian Denah, Fungsi, Unsur dan Cara Membaca Denah Terlengkap“, semoga bermanfaat.