17 Pengertian Guru Menurut Para Ahli Pendidikan Dan Peran Guru Menurut Pakar Terlengkap

Posted on

Mengetahui Pengertian Guru dan Peran Seorang Guru Menurut Pendapat Para Ahli Pendidikan

Peran seorang guru sangatlah penting dalam proses kemajuan pendidikan. Guru meruapakn salah satu faktor utama bagi terciptanya generasi penerus bangsa yang berkualitas, tidak hanya dari sisi intelektualias melainkan dari tata cara berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam dunia pendidikan sekolah guru merupakan seorang pengajar yang memiliki kemampuan berdasarkan latar belakang pendidikannya. Kali ini PelajaranSekolahOnline akan memberikan penjelasan tentang pengertian guru dan perang dari guru. Simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian Guru Secara Etimologi

1. Dalam bahasa sansekerta yaitu गुरू yang berarti guru yang secara harfiah memiliki arti berat. Guru berarti seorang pengajar suatu ilmu .

2. Dalam Agama Hindu, Guru memiliki arti sebuah simbol bagi suatu tempat suci yang berisi ilmu (Vidya) dan juga pembagi ilmu. Seorang guru di yakini sebagai pemandu spiritual atau kejiwaan murid-muridnya.

3. Dalam Agama Budha, Guru merupakan seorang yang memandu muridnya menuju jalan kebenaran. Murid mengganggap seorang guru nya sebagai jelmaan dari Buddha atau Bodhisattva.

4. Dalam Agama Sikh , Guru memiliki makna yang mirip dengan agama Hindu dan Budha, namun posisinya lebih tinggi lagi karena salah satu inti ajaran agama Sikh adalah kepercayaan terhadap ajaran sepuluh guru Sikh.

5. Sedangkan orang India, Cina, Mesir dan Israel menerima pengajaran dari guru yang merupakan seorang imam atau nabi. Karena itulah, seorang guru sangat dihormati dan terkenal di masyarakat dan mengganggap guru sebagai pembimbing untuk mendapatkan keselamatan dan dihormati bahkan lebih dari orang tua mereka.

Sedangkan di Indonesia, Guru merupakan seorang pengajar di sekolah negeri atau swasta yang memiliki kemampuan berdasarkan latar belakang pendidikan formal minimal berstatus sarjana, dan telah memiliki ketetapan hukum yang sah sebagai guru berdasarkan undang-undang guru dan dosen yang berlaku di Indonesia.

Pengertian Menurut Ahli

1. Menurut Husnul Chotimah
Guru memiliki pengertian seorang yang memfasilitasi proses peralihan ilmu pengetahuan dari sumber belajar ke peserta didik.

2. Menurut Dri Atmaka
Guru memiliki pengertian seorang dewasa yang bertanggung jawan memberikan pertolongan kepada anak didik dalam perkembangan baik jasmani maupun rohani. Agar tercapau tingkat kedewasaan mampu berdiri sendiri memenuhi tugasnya sebagai makhluk Tuhan, makhluk sosial dan makhluk individu yang mandiri.

3. Menurut E. Mulyasa
Seorang pendidik harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

4. Menurut Ahmadi
Seorang pendidikan merupakan pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran mengajar. Menyediakan kondisi-kondisi yang memungkinkan siswa merasa aman dan berkeyakinan bahawa kecakapan dan prestasi yang dicapai mendapat pernghargaan dan perhatian sehingga dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa.

5. Menurut KBBI
Guru merupakan orang yang pekerjaannya, mata pencahariannya dan profesinya mengajar.

6. Menurut Dr.Moh.Uzer Usman
Guru merupakan setiap orang yang bertugas dan berwenang dalam dunia pendidikan dan pengajaran pada lembaga pendidikan formal.

7. Menurut UU No.14 tahun 2005 tentang Guru
Guru merupakan seorang pendidik yang profesional dengan tugas utamanya mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih,menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini melalui jalur formal pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

loading...

8. Menurut Dr. Ahmad Tafsir
Guru merupakan siapa saja yang bertanggung jawab terhadap perkembangan anak didik. Tugas guru dalam pandangan islam adalah mendidik. Mendidik memiliki arti yang sangat luas. Mendidik dapat dilakukan dengan cara mengajar, memberi dorongan, memberi contoh (suri tauladan), memberi hukuman, dan lain-lain.

9. Menurut Ngalim Purwanto
Guru merupakan orang yang pernah memberikan suatu ilmu atau kecerdasan kepada seseorang maupun kepada sekelompok orang.

10. Menurut Noor Jamaluddin
Guru adalah pendidik. yaitu seorang dewasa yang bertanggung jawab memberikan bimbingan atau benatuan kepada anak didik dalam perkembangan jasmani dan rohaninya agar dapat mencapai kedewasaannya. Kedewasaan tersebut berarti mampu berdiri sendiri dan dapat melaksanakan tugasnya sebagai makhluk hidu[ Allah khalifah di bumi, sebagai makhluk sosial dan makhluk sosial yang mampu berdiri sendiri.

11. Menurut Purwanto
Guru merupakan orang yang diserahi tanggung jawan sebagai pendidik di dalam lingkungan sekolah.

12. Menurut Hadari Nawawi
Menurutnya, guru di artikan dalam dua sisi, yaitu guru diartikan secara sempit adalah orang berkewajiban mewujudkan program kelas, dengan mengajar dan memberikan pelajaran di dalam kelas. Sedangkan dalam arti luas, guru merupakan orang yang bekerja dalam bidang pendidikan dan pengajaran dan ikut bertanggung jawab dalam membantu anak-anak dalam mencapai kedewasaannya.

Peran Guru

Menurut para pakar pendidikan guru memiliki peran yang beragam berdasarkan penelitian yang telah dilakukan mengenai peran guru, dan telah dikaji oleh Pullias dan Young (1988),Manan (1990), Yelon dan Weinstein (1997). Peran dari guru antara lain:

  1. Guru sebagai pendidik
  2. Guru sebagai pengajar
  3. Guru sebagai pembimbing
  4. Guru sebagai pemimpin
  5. Guru sebagai pengelola pembelajaran
  6. Guru sebagai model dan teladan
  7. Sebagai anggota masyarakat
  8. Guru sebagai administrasi
  9. Guru sebagai penasihat
  10. Guru sebagai inovator
  11. Guru sebagai pendorong kreatifitas
  12. Guru sebagai emansipator
  13. Guru sebagai Evaluator
  14. Guru sebagai Kulminator

Demikian informasi yang diberikan tentang Pengertian Guru Menurut Para Ahli Pendidikan Dan Peran Guru.  Semoga informasi yang diberikan dapat menambah wawasan anda seputar ilmu pengetahuan.