Musyawarah

Musyawarah – Pengertian, Ciri-Ciri, Tujuan, Fungsi dan Manfaat serta Contoh Musyawarah Lengkap

Posted on

Musyawarah – Pengertian, Ciri-Ciri, Tujuan, Fungsi dan Manfaat serta Contoh Musyawarah Lengkap – Kali ini kita akan membahas tentang musyawarah, mulai dari pengertian musyawarah, ciri-ciri musyawarah, tujuan musyawarah, fungsi musyawarah, manfaat musyawarah dan juga contoh musyawarah.

Pengertian Musyawarah

Musyawarah adalah suatu upaya bersama dengan sikap rendah hati untuk memecahkan persoalan atau mencari jalan keluar untuk mengambil keputusan bersama dalam penyekesaian atau pemecahan masalah yang menyangkut urusan keduniawian.

Musyawarah berasal dari bahasa Arab yaitu Syawara yang berarti berunding, urun rembuk, atau mengatakan dan mengajukan sesuatu.

Musyawarah disebut juga tukar pikiran atau perundingan dengan tujuan untuk mencapai mufakat atau persetujuan. Saat ini musyawarah sering dikaitkan dengan dunia politik demokrasi, pada dasarnya prinsip musyawarah merupakan bagian dari demokrasi. Dalam demokrasi pancasila penentuan hasil dilakukan dengan cara musyawarah mufakat, apabila tidak ada jalan keluar atau mengalami kebutuhan barulah dilakukan votting atau pemungutan suara.

Ciri-Ciri Musyawarah

Ciri-ciri musyawarah yaitu:

  • Berdasarkan kepentingan bersama
  • Hasil keputusan dapat diterima dengan dengan akal sehat sesuai hati nurani
  • Usul atau pendapat yang disampaikan mudah dipahami dan tidak memberatkan anggota musyawarah yang lain
  • Prosesnya mengutamakan pertimbangan moral dan bersumber dari hati nurani yang luhur.

Tujuan Musyawarah

Tujuan melakukan musyawarah adalah untuk:

  • Mendapatkan kesepakatan bersama sehingga keputusan akhir yang diambil dapat diterima dan dilaksanakan semua anggota dengan penuh rasa tanggung jawab.
  • Membuka pintu kesulitan dan memberikan kesempatan untuk melihat masalah dari berbagai sudut pandang sehingga keputusan yang dihasilkan sesuai dengan persepsi dan setandar anggota.

Manfaat dan Fungsi Musyawarah

Manfaat dan fungsi musyawarah yaitu mengajarkan pada semua anggotanya tentang nilai-nilai keadilan dan kebersamaan serta untuk mengambil keputusan yang seadil-adilnya demi kepentingan bersama.

Dalam proses musyawarah, semua anggota diwajibkan mematuhi peraturan atau syarat-syarat yang berlaku  dalam musyawarah seperti menghormati pendapat orang lain meski pendapat tersebut bertentangan satu dengan yang lain, tidak memotong pembicaraan orag yang sedang menyampaikan pendapatkan, agar musyawarah tetap berjalan aman dan tertib.

Contoh Musyawarah

Ada banyak contoh musyawarah diantaranya musyawarah di lingkungan keluarga, musyawarah dilingkungan masyarakat, musyawarah dilingkungan sekolah, musyawarah dilingkungan pemerintah dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Musyawarah – Pengertian, Ciri-Ciri, Tujuan, Fungsi dan Manfaat serta Contoh Musyawarah Lengkap.  Semoga bermanfaat dan ampai jumpa pada postingan selanjutnya.