Pengertian Sungai, Proses Terbentuknya Sungai, Jenis dan Manfaat Sungai Terlengkap

Posted on

Pengertian Sungai, Proses Terbentuknya Sungai, Jenis dan Manfaat Sungai Bagi Kehidupan Manusia

Indonesia merupakan negara yang banyak akan kepulauan, sungai banyak terbentang diwilayah-wilayah Indonesia. Sungai menjadi tempat banyak warga untuk melakukan aktivitasnya seperti untuk mencuci, mengalir air ke sawah dan berbagai macam kegiatan lainnya. Kali ini pelajaransekolahonline akan memberikan penjelasan mengenai pengertian sungai dan

Pengertian sungai

Sungai merupakan aliran air tawar yang sumber alamiah yang mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah dan bermuara ke laut, danau atau sungai yang lebih besar. Arus aliran bagian Hulu sungai memiliki aliran yang lebih deras dibandingkan dengan arus sungai di bagian hilir. Seringkali aliran sungai memiliki bentuk berliku-liku akibat terjadinya proses pengikisan dan pengendapan di sepanjang sungai.

Selain dari perairan dari pegununga, air sungai juga berasal dari presipitasi seperti dari air hujan, embun, mata air, limpasan bawah tanah, sedangkan di beberapa negara air sungai juga berasal dari lelehan es/salju.

Sungai terdiri dari beberapa bagian, sungai bermula dari mata air yang mengalir ke anak sungai. Beberapa anak sungai akan bergabung untuk membentuk sungai utama. Aliran air biasanya berbatasan dengan saluran dengan dasar dan tebing disebelah kiri dan kanan.

Proses Terbentuknya Sungai

Sungai terbentuk dari air yang berada dipermukaan daratan, baik dari air hujan, mata air, maupun cairan gletser, akan mengalir melalui sebuah saluran menuju tempat yang lebih rendah. Pada mulanya saluran yang dilalui relatif sempit dan pendek, namun secara proses alamiah aliranini akan mengikis daerah-daerah yang dilaluinya. Yang akibatnya saluran ini semakin lama akan semakin lebar dan panjang hingga terbentuklah sungai.

Jenis Jenis Sungai

Sungai dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan klasifikasinya, antara lain:

1. Jenis sungai berdasarkan jumlah airnya

  1. Sungai Permanen
    Sungai permanen adalah sungai yang airnya terus menerus mengalir sepanjang tahun,biasanya sungai permanen tidak akan terpengaruh oleh pergantian musim. Contohnya : sungai musi di Sumatera
  2. Sungai Periodik
    Sungai periodik adalah sungai yang airnya hanya mengalir ketika musim hujan saja. Sungai periodik sangat dipengaruhi oleh pergantian musim. Contoh: sungai bengawan solo

2. Jenis sungai berdasarkan sumber airnya

  1. Sungai hujan
    Sungai hujan merupakan sungai yang airnya bersumber dari air hujan. Di Indonesia sebagian besar sungainya merupakan sungai hujan karena curah hujan di Indonesia sangat tinggi.
  2. Sungai gletser
    Sungai gletser merupakan sungai yang airnya bersumber dari lelehan air es/salju. Sungai gletser banyak terdapat di daerah kutub.
  3. Sungai campuran
    Sungai campuran merupakan sungai yang airnya bersumber dari campuran air hujan dan air salju yang telah mencair.

3. Jenis Sungai berdasarkan pola airnya

loading...
  1. Pola aliran Radial (menjari)
    Pola sungai yang memiliki aliran radial memiliki bentuk seperti jari, dan dibedakan menjadi dua yaitu radial sentrifugal dan radial sentripetal.
  2. Pola aliran Dendritik
    Pola sungai aliran ini tidak teratur, sungai aliran dendritik biasanya terdapat di daerah daratan atau daerah pantai.
  3. Pola aliran Trelis
    Pola sungai aliran ini memiliki bentuk seperi sirip, sungai jenis ini terdapat di daerah pegunungan lipatan.
  4. Pola aliran Rectanguler
    Pola sungai aliran ini membentuk sudut siku, pada daerah patahan atau pada batuan yang tingkat kekerasannya berbeda.
  5. Pola aliran Anular
    Pola sungai aliran ini pada mulanya merupakan aliran radial sentrifugal, yang selanjutnya muncul sungai subsekuen yang sejajar, sungai obsekuen, dan resekuen.

Manfaat Sungai

Sungai bermanfaat dan berguna bagi kehidupan seluruh makhluk hidu di bumi. berikut ini merupakan manfaat dari sungai :

  1. Untuk perikanan dan juga tambak air tawar
  2. Sarana transportasi air
  3. Sebagai sarana tempat rekreasi atau hiburan
  4. Sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)
  5. Sebagai irigasi untuk pertanian sawah dan sebagainya

Demikian informasi yang diberikan tentang Pengertian Sungai, Proses Terbentuknya Sungai, Jenis dan Manfaat Sungai.  Semoga informasi yang diberikan dapat menambah wawasan anda seputar ilmu pengetahuan.