Investasi

Pengertian Investasi Menurut Para Ahli, Macam Jenis Bentuk Investasi dan Manfaat Investasi Lengkap

Posted on

Pengertian Investasi Menurut Para Ahli, Macam Jenis Bentuk Investasi dan Manfaat Investasi Lengkap Investasi atau penanaman modal adalah istilah yang berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa depan. Pengertian Investasi berdasarkan teori ekonomi adalah pembelian dan produksi dari modal barang yang tidak dikonsumsi namun digunakan untuk produksi yang akan datang atau barang produksi.

Pengertian Invertasi Menurut Para Ahli

Haming dan Basalamah

Menurut Haming dan Basalamah, Investasi adalah pengeluaran saat sekarang untuk membeli aktiva real seperti tanah, rumah, mobil, dan lain-lain atau juga aktiva keuangan memiliki tujuan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar lagi di masa yang mendatang, selanjutnya dikatakan investasi adalah aktivitas yang berkaitan dengan usaha penarikan sumber-sumber atau dana yang digunakan untuk mengadakan barang modal pada saat sekarang dan dengan barang modal tersebut akan dihasilkan aliran produk baru di masa yang akan datang.

Mulyadi

Menurut Mulyadi, Investasi adalah pengaitan sumber-sumber dalam jangka panjang untuk mendapatkan hasil laba di masa yang akan datang.

Sadono Sukirno

Menurut Sadono Sukirno, Investai adalah pengeluaran atau pembelanjaan penanam-penanam suatu modal atau perusahaan untuk membeli barang-barang modal dan juga perlengkapan-perlengkapan produksi untuk menambah kemampuan memproduksi barang-barang dan juga jasa-jasa yang tersedia dalam perekonomian.

James C Van Horn

Menurut James C Van Horn, Investasi adalah kegiatan yang dilangsungkan dengan memanfaatkan kas sekarang dengan tujuan untuk mendapatkan hasil barang di masa yang akan datang.

Sunariyah

Menurut Sunariyah, Investasi adalah penanaman modal untuk satu ataupun lebih aktiva yang dimiliki dan juga biasanya berjangka waktu lama dengan harapan untuk mendapatkan keuntungan di masa-masa yang akan datang.

Sudono,2000

Menurut Sudono, Investasi adalah pengeluaran-pengeluaran untuk membeli barang modal dan sebuah peralatan produksi yang bertujuan untuk mengganti dan menambah suatu barang-barang modal dalam suatu perekonomian yang akan digunakan untuk memproduksi barang dan jasa di masa depan.

Henry Simamora

Menurut Henry Simamora, Investasi adalah suatu aktiva yang digunakan oleh perusahaan untuk menambahkan atau pertumbuhan kekayaannya melalui distribusi hasil investasi misal pedapatan bunga, royalty, deviden, pendapatan sewa dan lain -lain, untuk apresiasi nilai investasiatau juga untuk manfaat lain bagi suatu perusahaan yang berinvestasi melalui hubungan dagang.

Fungsi Investasi

Fungsi Investasi adalah kurva yang menunjukkan sebuah hubungan antara tingkat investasi dan tingkat pendapatan nasional. Fungsi investasi yang satu ini dibedakan menjadi dua yaitu:

  • Sejajar dengan sumbu datar
  • Bentuknya naik ke atas ke sebelah kanan

Jenis-Jenis Investasi

Jenis-jenis atau macam-macam investasi dibedakan berdasarkan aset, pengaruh, sumber pembiayaan dan bentuk.

Jenis Investasi berdasarkan Aset

Jenis investasi berdasarkan aset adalah penggolongan investasi dari segi aspek modal dan kekayaan. Ada 2 jenis investasi berdasarkan asetnya yaitu:

  • Real Asset berupa investasi yang berwujud seperti gedung-gedung, kendaraan dan lain-lain.
  • Financial Asset berupa dokumen (surat-surat) klaim tidak langsung dari pemegangnya terhadap sebuah aktivitas riil pihak yang menerbitkan sekuritas tersebut.

Jenis Investasi berdasarkan Pengaruh

Jenis investasi berdasarkan pengaruh adalah investasi yang didasarkan pada faktor yang mempengaruhi atau tidak berpengaruh dari suatu kegiatan investasi. Ada 2 jenis investasi berdasarkan pengaruhnya yaitu:

  • Investasi Autonomus adalah investasi yang tidak dipengaruhi pada tingkat pendapatan dan bersifat spekulatif. Contohnya seperti pembelian surat-surat berharga.
  • Investasi Induced adalah investasi yang dipengaruhi oleh kenaikan permintaan akan barang dan jasa dan dalam tingkat pendapatan. Contoh investasi ini antara lain penghasilan transitori yakni suatu penghasilan yang diperoleh selain dari bekerja, seperti bunga dan lain sebagainya.

Jenis Investasi berdasarkan Sumber Pembiayaan

Jenis investasi berdasarkan sumber pembiayaan adalah investasi yang didasarkan pada asal-usul investasi diperoleh. Ada 2 jenis investasi berdasarkan sumber pembiayaan yaitu.

  • Investasi bersumber dari modal asing
  • Investasi bersumber dari modal dalam negeri

Jenis Investasi berdasarkan Bentuk

Jenis investasi berdasarkan bentuk adalah investasi yang didasarkan pada cara penanaman investasi tersebut. Ada 2 jenis investasi berdasarkan bentuk yaitu:

  • Investasi Portopolio yakni bentuk investasi yang dilakukan melalui pasar modal dengan instrumen surat berharga, contohnya seperti pada saham dan obligasi.
  • Investasi Langsung yakni bentuk investasi yang dilakukan dengan membangun, membeli total, atau mengakuisi sebuah perusahaan.

Bentuk-Bentuk Investasi

Berikut ini adalah bentuk-bentuk investasi:

Investasi tanah

Dengan melakukan investasi tanah diharapkan dengan bertambahnya populasi dan penggunaan tanah maka harga tanah akan meningkat pada masa depan.

Investasi pendidikan

Dengan bertambahnya pengetahuan dan keahlian maka diharapkan pencarian kerja dan pendapatan lebih besar.

Investasi saham

Dengan melakukan investasi saham diharapkan perusahaan mendapatkan keuntungan dari hasil kerja atau penelitian.

Investasi mata uang asing

Dengan melakukan investasi mata uang asing diharapkan investor akan mendapatkan keuntungan dari menguatnya nilai tukar mata uang asing terhadap mata uang lokal.

Manfaat Investasi

Berikut ini adalah manfaat investasi, diantaranya:

  • Dapat menjadi potensi penghasilan jangka panjang
  • Dapat mengungguli inflasi
  • Dapat memberikan penghasilan yang tetap
  • Dapat menyesuaikan dengan perubahan kebutuhan
  • Dapat berinvestasi sesuai dengan keadaan keuangan

Demikian artikel tentang”Pengertian Investasi Menurut Para Ahli, Macam Jenis Bentuk Investasi dan Manfaat Investasi Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.