Green Coffee

Pengertian, Manfaat dan Harga Green Coffee di Indonesia serta Efek Sampingnya

Posted on

Pengertian, Manfaat dan Harga Green Coffee di Indonesia serta Efek Sampingnya Green Coffee atau Kopi Hijau adalah Biji kopi yang belum melalui proses pemanggangan atau belum diolah. Biji kopi hijau memiliki kadar asam klorogenat yang lebih tinggi sehingga banyak yang menganggap bahwa hal tersebut dapat mempengaruhi metabolisme dan kadar gula darah yang dapat membantu program diet.

Karena dengan popularitas manfaat green coffee meningkat karena dipercaya dapat membantu membakar lemak dengan cepat tanpa mengubah pola makan ataupun melakukan aktivitas olahraga. Banyak orang bertanya green coffee beli dimana? Berapa harga green Coffee tersebut? Green Coffee dapat diperoleh dengan membelinya di apotik, toko online atau toko swalayan dengan harga berkisar 95 ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Khasiat dan Manfaat Green Coffee

Selain dipercaya dapat menurunkan berat badan, green coffee juga dipercaya memiliki khasiat dan manfaat lain seperti membantu menahan nafsu makan, membuat awet muda, dan memabatu mencerahkan kulit terutama bagi yang memiliki masalah jerawat.

Berikut ini penjelasan secara lengkap manfaat dari kopi hijau atau Green Coffee untuk diet dan kesehatan lainnya:

a. Kaya Anti Oksidan
Biji kopi hijau kaya akan anti oksidan yang dapat mengurangi efek dari radikal bebas yang masuk dalam tubuh dan juga menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa biji kopi hijau mentah dan belum diolah mengandung 100% Asam Chlorogenic (CGA) murni yang pada dasarnya merupakan ester asam caffeic yang bersifat anti oksidan kuat. Ini dapat mengurangi kadar glukosa atau gula dalam darah dan mencegah sel kulit menjadi keriput.

b. Meningkatkan Metabolisme
Asam Chlorogenic yang ada dalam biji kopi hijau dikenal sebagai peningkat metabolisme,ini meningkatkan tingkat metabolisme basal untuk sebagian besar tubuh kita yang memebantu meminimalkan pelepasan glukosa yang berlebihan dari hati ke dalam darah. Denga kekurangan glukosa maka tubuh kita akan memulai membakar sel lemak yang tersimpan untuk memenuhi kebutuhan glukosa dalam tubuh. Dengan begitu, biji kopi hijau dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh yang tentunya membantu menurunkan berat badan kita.

c. Menekan Nafsu Makan
Kopi hijau dapat menjadi penekan nafsu makan yang kuat dan efektif, kopi hijau dapat mengendalikan hasrat kita untuk makan dan mencegah kita makan berlebihan. Sehinggatubuh akan mulai membakar lemak dan membantu menurunkan berat badan berlebih.

d. Membantu Mengobati Diabetes
Kopi hijau dapat membantu mengobati diabetes tipe 2. Ekstrak kopi hijau diketahui dapat membantu menggurangi atau menurunkan kadar gula dalam darah, sekaligus menurunkan berat badan. Kedua hal tersebut penting dalam penyembuhan diabetes mellitus tipe 2.

e. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat
LDL (Low-Density Lipoprotein) atau kolesterol jahat merrupakan penyebab utama yang membuat kita rentan terserang penyakit kardiovaskular yang mematikan termasuk serangan jantung.Studi telah membuktikan bahwa hal tersebut dapat dicegah dengan mengkonsumsi ekstrak biji kopi hijau secara teratur.

f. Membantu Meningkatkan Sirkulasi Darah
Tekanan darah tinggi dapat membuat kita terserang jenis penyakit fatal seperti stroke, gagal jantung, gagal ginjal kronis, dan lain-lain. Namun, peneliti telah menemukan adanya kandungan aspirin yang sangat aktif fan kuat dalam biji kopi hijau yang dapat memberikan dampak positif pada darah dengan mencegah trombosit pembuluh darah kita tidak terkelompok. Akibatnya, arteri kita tidak mengeras dan sirkulasi darah ke seluruh tubuh kita meningkat.

g. Meningkatkan Energi
Karena biji kopi hijau mengandung kafein dengan jumlah yang tinggi, biji kopi hijau dapat digunakan sebagai penguat energi yang sangat baik. Biji kopi dapat meningkatkan tingkat energi kita dan membuat kita tetap aktif sepanjang hari.

h. Mengurangi Efek Radikal Bebas
Asam Chlorogenic yang ada dalam biji kopi hijau dapat mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh kita hingga 10 kali lipat dari teh hijau biasa. Karena bijinya tidak dipanggang, sehingga kopi hijay mengandung beberapa antioksidan seperti polifenol, Asam Ferulic, dan lainnya yang membantu memperlambat penuaan dan membuat kulit kita awet muda.

i. Membantu Melembapkan Kulit
Selain antioksidan, biji kopi hijau juga kaya akan asam lemak dan ester termasuk Asam Arahat, Asam Linoleat dan Asam Oleat yang memberikan nutrisi dan melembabkan kulit kita untuk berhenti kendur, berubah warna dan kerusakan parah lainnya.

j. Melepaskan Zat yang Merusak Rambut
Kandungan antioksidan pada biji kopi hijau juga sangat bermanfaat bagi rambut kita, karena membantu memabantu melawan segala sesuatu yang daat merrusak rambut kita dan menjaga rambut kita tetap sehat, kuat dan indah.

k. Mencegah Kebotakan
Androgenetic alopecia atau yang disebut dengan kerontokan pada rambut wanita dapat diobati dengan kopi hijau. ekstrak biji kopi hijau dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan ketebalan helai rambut secara signifikan.

Namun, jika anda ingin mendapatkan manfaat green coffee untuk diet, kalian harus mengkonsumsi ekstrak green coffee dalam bentuk kapsul atau pil dengan dosis yang disarankan yaitu sekitar 60 mg-185 mg per harinya.

Penelitian awal konsumsi ekstrak green coffee pada responden dewasa yang mengalami masalah obesitas. Konsumsi dilakukan secara teratur sebanyak 5 kali sehari selama 2 hingga 3 bulan. Hasilnya menunjukan bahwa terdapat penurunan berat badan yang lebih banyak dibandingkan dengan mengkonsumsi kopi atau plabeso.

Tetapi pada satu ulasan mengenai beberapa uji klinis atau randomized control trial yang dilakukan pada 142 partisipan menyatakan bahwa efek konsumsi green coffe untuk diet sangatlah kecil. Hasil ulasan tersebut menyatakan perlu dilakukan percobaan lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas dan keamanan green coffe untuk menurunkan berat badan.

Green Coffee untuk diet banyak ditemui dalam kemasan berbentuk suplemen atau produk alami. Akan tetapi, hal tersebut bukan berarti aman. Alasan lainnya, agar kalian tetap terus berhati-hati adalah kandungan asam klorogerat didalamnya yang belum cukup bukti ilmiah dapat menurunkan berat badan.

Efek Samping Green Coffee

Risiko atau efek samping green coffee sampai saat ini masih belum diketahui karena belum dilakukan penelitian yang lebih lanjut. Tetapi risiko kafein yang ada dalam green coffe umumnya dapat menyebabkan sakit perut, lebih sering kencing, detak jantung akan meningkat, gelisah, hingga sulit tidur.

Selain efek samping tersebut, konsumsi kafein dalam dosis besar dapat menyebabkan sakit kepala dan telinga berdengung.

Orang yang tidak tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi green cofeee antara lain ibu hamil dan ibu menyusui, orang yang memiliki homo sistein dalam darah yang tinggi, penderita sakit jantung, penderita kelainan darah, hipertensi, memiliki kolesterol tinggi, osteoporosis dan penderita gangguan pencernaan. Penderita diabetes juga harus berhati-hati ketika mengkonsumsi green coffee tersebut, karena produk tersebut dapat mengubah proses gula dalam tubuh.

Walaupun tidak tergolong dalam obat-obatan kimia, tapi penggunaan suplemen green coffee harus tetap dicermati. Pilihlah produk yang telah disetujui oleh badan kesehatan resmi dengan dasar bukti penelitian ilmiah yang memadai.

Harga Green Coffee Asli di Indonesia

Harga green coffee asli di Indoneisa berkisar antara 150.000-250.00 rupiah, harga tersebut bukanlah harga paten karena sewaktu-waktu harga tersebut dapat berubah-ubah tergantung dari reseller yang menjualnnya. Beberapa penjual sering sekali memberikan diskon untuk produk kesehatan green coffee ini, hal ini karena banyak reseller green coffee yang menggunakan media online untuk memasarkan produknya sehingga anda sebagai konsumen harus pintar dalam memilih seller agar mendapatkan harga yang sesuai dengan keuangan anda.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Pada Kopi

Berdasarkan beberapa sumber yang kami kumpulkan baik dari situs kesehatan dan literatur lain, dapat disimpulkan kandungan gizi dan nutrisi yang ada pada kopi seperti di bawah ini berdasarkan penelitian jumlah kopi per 100 gram.

Energi 352 kkal
Protein17,4 gr
Lemak1,3 gr
Karbohidrat69 gr
Kalsium296 mg
Fosfor368 mg
Zat Besi4 mg
Vitamin A0 IU
Vitamin B10 mg
Vitamin C0 mg

Cara Penyajian Green Coffee

Sebelum menyajikan Green Coffee untuk di konsumsi, sebaiknya pahami dahulu jenisnya karena terdapat dua jenis green coffee yang perlu anda ketahui yaitu green coffee bubuk dan green coffee kapsul. Dua jenis green coffee ini memiliki cara penyajian yang berbeda, berikut urainnya di bawah ini :

Cara Penyajian Green Coffee Bubuk

Tips penyajian :

Cara Penyajian Green Coffee Kapsul

Tips penyajian :

Demikian artikel tentang”Pengertian, Manfaat dan Harga Green Coffee di Indonesia serta Efek Sampingnya“, semoga bermanfaat.