Pengertian Pameran Seni Rupa, Fungsi, Tujuan Dan Jenis Pameran Serta Unsur-Unsur Pameran Lengkap

Posted on

Pengertian Pameran Seni Rupa, Fungsi, Tujuan Dan Jenis-Jenis Pameran Serta Unsur-Unsur Pameran Lengkap Pameran adalah kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan ide atau gagasan melalui karya seni rupa sehingga dapat diapresiasi oleh banyak orang. Penyelengaraan pameran tidak hanya dapat dilakukan oleh para seniman besar namun penyelenggaan pameran dalam konteks pembelajaran dapat dilakukan di sekolah ataupun luar sekolah.

Kalian pasti pernah mendengar pameran karya seni rupa, namun kalian tidak tahu secara lengkap mengenai pengertian pameran karya seni rupa tersebut, fungsi dan tujuan pameran tersebut, jenis-jenis pameran, unsur-unsur pameran serta manfaat pameran. Nah kali ini kita akan membahas tentang Pemeran Seni Rupa, berikut adalah penjelasan selengkapnya:

Pengertian Pameran Karya Seni Rupa

Pameran Karya Seni Rupa adalah kegiatan yang dilakukan oleh para seniman baik itu perorangan ataupun kelompok untuk menyampaikan ide gagasan pada masyarakat melalui media seni rupa sehingga pameran tersebut dapat menjadi alat komunikasi antara seniman dengan sang apresiator.

Fungsi Pameran Karya Seni Rupa

Pameran karya seni rupa memiliki berbagai fungsi sosial bagi masyarakat, diantaranya:

1. Sebagai sarana edukasi yakni pameran berfungsi mendidik siswa untuk mengetahui pentingnya pengalaman batin yang berguna untuk menyeimbangkan kegiatan akal dan pikiran manusia.

2. Sebagai sarana apresiasi yakni Pameran tersebut diadakan berfungsi untuk mengeluarkan ide gagasan pencipta yang kemudian para pengunjung akan memberikan apresiasi atau memberi penilaian terhadap karya seni yang mereka buat, proses apresiasi dapat dibedakankan menjadi 2 yaitu apresiasi aktif dan apresiasi pasif.

3. Sebagai sarana prestasi yakni pameran dapat menjadi ajang kompetisi bagi para pencipta seni, karena melalui karya seni kita akan tahu setinggi apa keaktifan dan kreativitas pencipta seni dalam membuat karya.

4. Sebagai sarana rekreasi yakni Pameran dapat berfungsi sebagai tempat untuk merilekskan pikiran dan menghilangkan kejenuhan atas  kegiatan atau rutinitas sehari-hari baik itu sekolah, kerja atau sebagainya yang banyak menguras energi dan pikiran.

Tujuan Pameran Pameran Seni Rupa

Ada beberapa tujuan diadakannya pemeran disekolah, diantaranya:
1. Tujuan sosial yaitu karya seni yang dipamerkan bertujuan untuk kepentingan sosial.

2. Tujuan kemanusiaan yaitu pameran dilakukan dengan tujuan demi kepentingan pelestarian, pembinaan nilai-nilai serta pengembangan hasil karya seni budaya yang masyarakat miliki. Pameran dengan tujuan kemanusiaan hasilnya akan disumbangkan ke korban bencana, masyarakat kurang mampu atau sebagainya.

3. Tujuan komersial yaitu pameran bertujuan untuk menghasilkan keuntungan bagi seniman atau penyelenggara seniman, diharapkan karya yang dipamerkan terjual.

Jenis-Jenis Pameran

Berdasarkan waktu penyelenggaraannya, pameran dapat dibedakan menjadi 3 jenis yaitu:
1. Pameran Periodik
Pameran periodik yaitu pameran yang diselenggarakan secara rutin dalam waktu tertentu, misalnya satu bulan sekali atau satu tahun sekali.

2. Pameran Insidental
Pameran insidental yaitu pameran yang diselenggarakan apabila diperlukan sehingga waktunya tidak dapat ditentukan.

3. Pameran Permanen
Pameran permanen yaitu pameran yang diadakan dengan tempat yang tetap dan dibuka dengan waktu yang telah ditentukan. Contohnya, pameran di museum.

Unsur-Unsur Pameran

Dalam pameran seni rupa, terdapat unsur unsur pelengkapnya. Diantaranya:

  • Karya seni rupa yang akan dipamerkan.
  • Panel atau sketsel, standart display atau box untuk memajang karya seni yang akan dipamerkan.
  • Dekorasi sebagai perlengkapan untuk menyajikan karya seni agar terlihat lebih indah.
  • Sound system sebagai sarana audio yang diperlukan untuk menciptakan suasana nyaman bagi para pengunjung pameran/apresiator.
  • Label karya yang digunakan untuk menulis identitas (judul, pecipta, teknik dan tahun penciptaan) dan ditempel di dekat karya seni yang dipamerkan.
  • Katalog sebagai lembaran petunjuk yang berisi tentang penyelenggaraan pameran.
  • Buku tamu yang nantinya akan diisi oleh pengunjung pameran.
  • Buku pesan atau kesan, buku tersebut digunakan untuk mengetahui tanggapan pengunjung terhadap karya yang dipamerkan atau bisa dibilang sebagai media komunikasi antara seniman dengan apresiator.

Manfaat Pemeran Seni Rupa

Berikut adalah manfaat dari pemeran seni rupa:
1. Dapat menumbuhkan dan menambah kemampuan Apresiasi Terhadap Seni Rupa
2. Dapat melatih diri untuk dapat bekerja sama dengan orang lain
3. Dapat melatih sikap tanggung jawab dan mandiri
4. Dapat menumbuhkan motivasi
5. Dapat menghilangkan rasa stress dan jenuh
6. Dapat dijadikan sebagai sarana promosi

Demikian artikel yang diberikan tentang Pengertian Pameran Seni Rupa, Fungsi, Tujuan Dan Jenis Pameran Serta Unsur-Unsur Pameran Lengkap semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda.