Perbedaan Sosial (Diferensiasi Sosial)

Pengertian, Kriteria, dan Bentuk-Bentuk Perbedaan Sosial (Diferensiasi Sosial) Dalam Masyarakat Lengkap

Posted on

Pengertian, Kriteria/Ciri-Ciri, dan Macam-Macam/Jenis-Jenis Bentuk-Bentuk Perbedaan Sosial (Diferensiasi Sosial) Dalam Masyarakat Lengkap Perbedaan sosial atau Deferensiasi sosial adalah pembedaan penduduk atau warga masyarakat ke dalam golongan-golongan atau kelompok-kelompok secara horizontal atau tidak bertingkat. Perwujudan perbedaan sosisal ialah penggolongan penduduk atas dasar perbedaan-perbedaan dalam hal yang tidak menunjukkan tingkatan antara lain seperti jenis kelamin, ras, agama, profesi dan suku bangsa.

Dalam lapisan sosial warga masyarakat dibedakan dalam berbagai lapisan atau tingkatan (Hierarki). Dalam diferensiasi, tingkatan sosial atau hierarki tidak ada.Diferensiasi sosial menunjukkan adanya keanekaragaman dalam masyarakat. Suatu masyarakat yang didalamnya terdiri atas berbagai unsur yang satu sama lain menunjukana perbedaan yang tidak bertingkat atau horizontal disebut dengan masyarakat majemuk. Yang menjadi tekanan dalam pengertian diferensiasi sosial adalah pengaruh adanya perbedaan terhadap hak, kewajibandan tanggung jawab masing-masing individu.

Kriteria Diferensiasi Sosial

Diferensiasi sosial ditandai oleh adanya perbedaan berdasarkan ciri-ciri, diantaranya:

Ciri Fisik

Diferensiasi fisik ini terjadi karena adanya perbedaan ciri tertentu, misalnya perbedaan postur tubuh, warna kulit, bentuk mata, warna mata, rambut, hidung, muka dan lain sebagainya.

Ciri Sosial

Diferensiasi sosial ini muncul karena adanya perbedaan pekerjaan yang memunculkan cara pandang dan pola perilaku dalam masyarakat berbeda, yang termasuk dalam kategori ini yaitu peranan, prestasi dan kekuasaan. Contohnya: perilaku perawat akan berbeda dengan seorang karyawan kantor.

Ciri Budaya

Diferensiasi budaya ini berhubungan erat dengan pandangan hidup masyarakat yang menyangkut nilai-nilai yang dianutnya seperti kepercayaan, siatem kekeluargaan, keuletan, dan etos. Hasil dari nilai yang dianut oleh masyarakat dapat dilihat dari bahasa kesenian arsitektur, pakaian adat, agama dan lain sebagainya.

Bentuk-Bentuk Diferensasi Sosial

Macam-macam/jenis-jenis bentuk diferensiasi sosial dalam masyarakat digolongkan ke dalam dua bagian yaitu bentuk diferensiasi secara biologis dan diferensiasi sehubungan dengan sosio kulturalnya.

Bentuk diferensiasi sosial secara biologis

Bentuk diferensiasi sosial secara biologis, diantaranya meliputi:

Diferensiasi jenis kelamin (Gender)
Perbedaan jenis kelamin laki-laki dan perempuan mempengaruhi perolehan hak dan kewajiban dalam banyak aspek, seperti kondisi kerja, kehidupan ekonomi dan politik dan lain-lain.

Diferensiasi umur
Perbedaan perolehan hak dan kewajiban anggota masyarakat yang berbeda umur tidak hanya ada pada situasi masyarakat tradisional, tetapi juga pada masyarakat feodal dan masyarakat modern.

Diferensiasi intelektual
Diferensiasi intelektual yakni perolehan hak dan kewajiban yang berbeda bagi setiap anggota masyarakat secara horizontal atas dasar perbedaan kepandaian.

Diferensiasi Ras
Ras adalah kategori untuk sekelompok individu yang secara turun temurun memiliki ciri fisik dan biologis tertentu yang sama. Ciri morfologis (fisik dan biologis) meliputi dua hal yaitu :

  • Secara kuantitatif, seperti ukuran badan, bentuk kepala dan bentuk hidung.
  • Secara kualitatif, seperti warna kulit, jenis rambut dan warna mata.

Jenis ras dibagi dalam 4 kelompok besar yakni Caucasoid, Mongoloid, Negroid dan Khusus.

Bentuk diferensiasi sosial sehubungan dengan kondisi sosio kulturalnya

Bentuk diferensiasi sosial sehubungan dengan kondisi sosio kulturalnya, meliputi:

Diferensiasi Suku Bangsa
Setiap anggota sebuah suku bangsa tertentu memiliki ciri khas yang sama yakni adat-istiadat, bahasa, religi dan kepercayaan, ciri-ciri fisik dan kesamaan dalam hal tata nilai budaya.

Diferensiasi Agama
Agama apapun memiliki dua aspek ajaran bagaimana manusia berhubungan dengan Tuhan (transenden) dan bagaimana manusia berhubungan dengan dunia (imanen)

Diferensiasi Klan
Klan adalah kelompok kekerabatan yang terdiri dari satu nenek moyang melalui garis keturunan (unilateral) baik garis keturunan ayah (patrilineal) atau keturunan ibu (mterilineal).

Diferensiasi Profesi
Diferensiasi profesi adalah perolehan hak dan kewajiban yang berbeda karena perbedaan profesi masing.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian, Kriteria, dan Bentuk-Bentuk Perbedaan Sosial (Diferensiasi Sosial) Dalam Masyarakat Lengkap . Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca