Proposal

Pengertian Proposal, Fungsi, Tujuan, Unsur dan Macam-Macam Bentuk Proposal Terlengkap

Posted on

Pengertian Proposal, Fungsi, Tujuan, Unsur dan Macam-Macam Bentuk Proposal Terlengkap Proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja, perencanaan secara sistematis, matang dan teliti yang dilakukan oleh peneliti sebelum melakukan penelitian baik itu penelitian di lapangan ataupun penelitian di perpustakaan.

Proposal berasal dari bahasa inggris yaitu “to purpose” yang berarti mengajukan. Secara sederhana proposal diartikan sebagai bentuk pengajuan atau permohonan, penawaran baik dalam bentuk ide, gagasan, pemikiran ataupun rencana apada pihak lain guna mendapatkan dukungan baik itu bersifat izin, persetujuan, dana dan lain sebagainya.

Selain pengertian proposal diatas, proposal ialah suatu pedoman kerja, gambar atau peta perjalanan lengkap yang akan dilewati selama melakukan kegitan dengan gambaran menyeluruh atau lengkap mengenai lingkup dan urutan kegiatan, tenggang waktu dari mulai hingga berakhirnya masing-masing kegitan, pihak lain yang terkait dan perlu dihubungi, sarana yang dibutuhkan dan lainnya.

Pengertian Proposal Menurut Para Ahli

Hasnun Anwar (2004:73)

Menurut Hasnun Anwar, Proposal adalah rencana yang disusun utnuk kegiatan tertentu.

Jay (2006:1)

Menurut Jay, Proposal adalah alat bantu manajemen standar agara manajemen dapat berfungsi secara efisien.

Fungsi Proposal

Berikut ini adalah fungsi dari proposal, diantaranya:

  • Untuk melakukan penelitian yang berkenaan dengan maslah agama, politik, ekonomi, sosial, budaya dan lain sebagainya.
  • Untuk mendirikan usaha kecil, menengah maupun besar.
  • Untuk mengajukan tender dari lembaga pemerintah atau swasta
  • Untuk mengajukan kredit pada bank
  • Untuk mengadakan kegiatan atau acara seperti seminar, diskusi, pelatihan dan lain sebagainya.

Tujuan Proposal

Tujuan pembuatan atau penulisan  proposal yaitu:

  • Untuk mendapatkan bantuan dana
  • Untuk mendapatkan dukungan
  • Untuk mendapatkan perizinan

Unsur-Unsur Proposal

Berikut ini unsur unsur proposal, diataranya:

1. Latar Belakang Masalah
Dalam unsur ini dikemukakan kesenjangan antara harapan dan kenyataan baik itu kesenjangan teorik maupun kesenjangan parktis yang melatarbelakangi masalah.

2. Rumusan Masalah
Dalam unsur ini menyatakan secara tersurat berupa pertanyaan yang ingin dicari jawabannya.

3. Tujuan Penelitian
Dalam hal ini diungkapkan sasaran atau tujuan yang akan dicapai.

4. Hipotesis
Dalam hipotesis diajukan berupa jawaban sementara masalah penelitian agar hubungan antara masalah dan jawaban yang lebih jelas.

5. Asumsi Penelitian
Asumsi penelitian merupakan anggapan dasar tentang suatu hal yang dijadikan dasar dalam berpikir dan bertindak.

6. Manfaat Penelitian
Dalam unsur ini berisi alasan kelayakan atas masalah yang diteliti.

7. Tuang Lingkup
8. Kajian Pustaka
9. Definisi Operasional

Macam-Macam Proposal

Macam-Macam Proposal Secara Umum

Secara umum kita mengenal 4 jenis proposal yaitu proposal bisnis, proposal kegiatan, proposal penelitian, dan proposal wirausaha.

Proposal Bisnis
Proposal bisnis atau proposal usaha adalah jenis proposal yang berkaitan dengan dunia usaha atau rancangan rencana kerja yang ditujukan baik oleh perseorangan ataupun kelompok kepada investor. Proposal ini menggambarkan singkat profil usaha, kelebihan usaha yang ditawarkan, serta penggambaran keuntungan dan kerugian yang akan diterima. Contoh proposal bisnis, diantaranya proposal pendirian usaha, proposal dalam bentuk kerja sama antar perusahaan dan lain sebagainya.

Proposal Kegiatan
Proposal kegiatan adalah pengajuan rencana suatu kegiatan baik yang bersifat individu ataupun kelompok. Contoh proposal kegiatan, diantaranya proposal kegiatan pentas seni budaya, proposal kegiatan perpisahan sekolah, proposal kegiatan perkemahan dan lain sebagainya.

Proposal Penelitian
Proposal penelitian adalah suatu acuan, ide, usulan, ide atau gagasan yang ditujukan pada badan, instansi atau yang lainnya untuk mengadakan suatu penelitian terhadap suatu masalah. Proposal ini berisi tentang gambaran singkat penelitian, latar belakang, maksud dan tujuan, alasan mengapa isi atau topik terut diangkat, waktu yang dibutuhkan, lokasi penelitian dan lain sebagainya.

Proposal Wirausaha
Dalam proposal wirausaha perlu diperhatikan pada siapa proposal anak ditujukan, apakah pada Owner (pihak intern yang memiliki jabatan lebih tinggi), Mitra (partner yang akan diajak kerjasama), lembaga perizinan, atau pada pihak sponsor.

Umumnya lembaga atau pengusaha sponsor mendanai kegiatan dikarenakan kegiatan tersebut sesuai dengan pedoman dan kriteria sponsor; masalahnya serius; model kegiatannya inovatif dan juga strategis, didukung oleh data dan urgen, berkelanjutan; tidak bertentangan dengan pembangunan, memberikan keuntungan besar bagi perusahaan; kesan pertama proposal; rapi, bersih, mudah dibaca dan dimengerti; penampilan proposal menarik; isinya singkat,padat dan jelas; serta menjanjikan hal positif.

Macam-Macam Jenis Proposal Berdasarkan Bentuk Proposal

Ada 3 jenis proposal berdasarkan bentuknya, yaitu proposal formal, non formal dan semiformal.

Proposal Formal
Proposal formal terdiri dari 3 bagian utama yaitu pendahuluan, isi dan pelengkap penutup.

  • Bagian pendahuluan terdiri atas: sampul dan halaman judul, surat pengantar (kata pengantar), ikhtisar, daftar isi, dan pengesahan permohonan.
  • Bagian isi proposal terdiri atas: latar belakang, pembatasan masalah, tujuan ruang lingkup, pemikiran dasar (anggapan dasar), metodologi, fasilitas, personalia (susunan panitia), keuntungan dan kerugian, waktu, dan biaya.
  • Bagian pelengkap penutup berisi daftar pustaka, lampiran, tabel, dan sebagainya.

Proposal Non Formal
Proposal jenis ini tidak selengkap proposal normal dabn biasanya disampaikan dalam bentuk memorandum atau surat. Proposal non formal harus mengadung hal-hal seperti masalah, saran, pemecahan dan permohonan.

Proposal Semi Formal
Jenis proposal semi formal mirip dengan proposal non formal karena tidak selengkapnya jenis proposal formal.

Demikian artikel tentang”Pengertian Proposal, Fungsi, Tujuan, Unsur dan Macam-Macam Bentuk Proposal Terlengkap“, semoge bermanfaat.