Pengertian, Perbedaan Visi dan Misi dan Contoh Terlengkap

Posted on

Mengetahui Pengertian, Perbedaan Visi dan Misi lengkap Dengan Contohnya

Dalam sebuah lembaga organisasi pasti terdapat Visi dan Misi. Sering kita temui diberbagai organisasi terdapat frame Visi dan Misi yang menggantung di ruang utama sebuah lembaga organisasi. Seperti di Sekolah pasti terdapat bingkai visi dan misi yang menunjukkan sebuah gambaran atau arah kemana organisai tersebut akan berjalan kedepannya. Selain dalam sebuah organisasi, karena sifatnya yang universal individu juga perlu memiliki visi dan misi.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai Visi dan Misi, berikut ini merupakan penjelasan lengkap tentang pengertian dan perbedaan visi dan misi lengkap dengan contohnya.

Pengertian Visi (what be believe we can be)

Visi adalah gambaran situasi atau krakteristik tentang apa yang ingin di capai dalam sebuah organisasi, lembaga atau perusahaan dalam suatu waktu kedepan. Dapat diartikan pula bahwa Visi adalah cara pandang jauh kedepan mengenai arah organisasi, lembaga, atau sebuah perusahaan mampu eksis, antisipasif dan inovatif.

Syarat VisiĀ (what be believe we can be)

  1. Visi harus berorientasi kedepan
  2. Visi selalu mengekspresikan kreatifitas
  3. Visi harus didasarkan dari prinsip nilai yang mengandung penghargaan bagi masyarakat
  4. Visi tidak didasarkan pada kondisi saat ini

Pengertian Misi (What be believe we can do)

Misi adalah suatu langkah yang dilakukan agar sebuah visi yang telah dibuat dapat terwujud. Misi dibuat untuk memberikan arahan dan batasan dalam proses mencapai sebuah tujuan atau visi. Misi harus dibuat sesuai atau sikron dengan visi. Misi merupakan suatu yang harus dilakukan oleh organisasi agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik.

Syarat MisiĀ (What be believe we can do)

  1. Harus segera dilakukan
  2. Bersifat detail atau khusus

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa visi merupakan tujuan suatu organisasi yang dibuat untuk masa depan. Sedangkan Misi adalah langkah yang dilakukan untuk mencapai tujuan dari Visi yang bersifat detail dan lebih terperinci sesuai dengan visi yang telah dibuat.

Perbedaan Visi dan Misi

  • Visi merupakan tujuan masa depan suatu organisasi
  • Misi adalah langkah atau cara yang dibuat untuk mencapai Visi
  • Visi hanya berupa kalimat atau pernyataan saja, lebih singkat
  • Misi merupakan penjabaran detail tentang langkah yang akan dibuat untuk mencapapi visi

Contoh Visi dan Misi

Visi

Mewujudkan Peserta Didik Menjadi Insan yang Berakhlak Mulia, Cerdas Terampil Dibidang Teknologi dan mampu berkopetensi di Era Global.

Misi

1. Menumbuhkan konsistensi peserta didik dalam mengamalkan Agama Islam
2. Menyelenggarakan pembelajaran dan bimbingan yang efektif dibidang teknologi
3. menghasilkan tamatan yang jujur, mandiri, mampu mengembangkan diri dan berkomptetensi di Era Global.

Demikian artikel yang diberikan tentang Pengertian, Perbedaan Visi dan Misi dan Contoh Terlengkap semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda.