Pengertian Tesis, Ciri, Tujuan, Jenis dan Karakteristik Tesis Terlengkap

Posted on

Pengertian Tesis, Ciri, Tujuan, Jenis dan Karakteristik Tesis Terlengkap Tesis adalah sebuah pernyataan maupun teori yang dilandasi oleh berbagai macam argumen yang dinyatakan atau ditulis dalam bentuk karangan yang sengaja dibuat untuk dapat menyelesaikan program pendidikan tertentu sehingga penulis patut dan berhak untuk mendapatkan gelar yang sesuai dengan disiplin ilmu yang ditekuni.

Lebih singkatnya, pengertian tesis adalah suatu karya tulis ilmiah yang dibuat guna mendapatkan gelar tertentu pada tingkat pendidikan perguruan tinggi. Tesis merupakan salah satu bukti yang menggambarkan tingkat kemampuan seseorang dalam suatu disiplin ilmu tertentu. Semakin baik kualitas tesis yang dibuat, maka akan semakin terbukti kemampuan orang yang membuat tesis tersebut dalam menguasai ilmu yang ditekuninya.

Ciri-Ciri Tesis

Karena tesis merupakan salah satu bentuk karya ilmiah, maka ciri-ciri karya ilmiah secara umum, yakni:

  • Struktur sajian karya ilmiah sangat ketat, biasanya terdiri dari bagian awal atau pendahuluan, bagian inti atau pokok pembahasan dan bagian penutup (biasanya berisis kesimpulan).
  • Komponen karya ilmiah beragam sesuai dengan jenisnya, namun semua karya ilmiah memiliki pendahuluan, bagian inti, penutup, dan daftar pustaka.
  • Sikap penulis dalam karya ilmiah objektif, artinya karya tersebut disampaikan dengan gaya bahasa impersonal, dengan banyak menggunakan bentuk pasif, tanpa menggunakan kata ganti orang pertama ataupun kedua.
  • Bahasa yang digunakan bahasa baku.

Tujuan Tesis

Tujuan tesis yaitu untuk mendeskripsikan fenomena ilmu pengetahuan secara komprehensif, merumuskan hipotesis berdasarkan teori dan menghasilkan jawaban dari hipotesis tersebut.

Jenis Tesis

Secara umum,  terdapat dua jenis tesis yaitu penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Kedua jenis tesis tersebut mempunyai perbedaan. Untuk lebih jelasnya, perhatikan penajbaran berikut:

Tesis Kuantitatif
Tesis Kuantitatif  adalah jenis tesis yang dibuat untuk membangun maupun mendirikan berbagai macam pernyataan maupun kerangka hipotetikal. Tesis kuantitatif ini juga sering disebut Nalar Deduktif-Hipotektikal.

Tesis Kualitatif
Tesis Kualitatif adalah jenis tesis yang dibuat bukan untuk membangun berbagai macam pernyataan maupun kerangka hipotetikal. Jenis tesis kualitatif ini lebih ditujukan sebagai penelitian yang bersifat non kuantitatif. Tesis kualitatif juga sering disebut Nalar Induktif -Non hipotetikal.

Karakteristik Tesis

Apabila diteliti secara dalam , kebanyakan tesis yang dibuat biasanya setidaknya memiliki 4 karakteristik dasar,  diantaranya :

  • Biasanya tesis hanya berfokus pada salah satu isu sentral yang ada dalam suatu disiplin ilmu pendidikan saja. Tesis ini cenderung dibuat menyesuaikan dengan jenis program studi yang sedang diambil oleh seseorang yang membuatnya.
  • Biasanya tesis dibangun dengan berlandaskan pengujian empirik pada suatu posisi teoritis tertentu.
  • Selalu menggunakan data primer sebagai data utama dan ditambahkan dengan beberapa data sekunder sebagai data penunjang maupun data pembanding.
  • Harus ditulis dengan menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar. Apabila program studi yang diambil adalah program studi berbahasa asing, maka tesis  tersebut juga harus ditulis dengan menggunakan tata bahasa asing dengan baik dan benar.

Demikian artikel tentang”Pengertian Tesis, Ciri, Tujuan, Jenis dan Karakteristik Tesis Terlengkap“, semoga bermanfaat.