Teks Prosedur : Pengertian, Ciri, Fungsi, Struktur, Macam Teks Prosedur dan Contohnya

Posted on

Pengertian, Ciri, Tujuan, Fungsi, Struktur, Macam Teks Prosedur dan Contohnya – Kalian mungkin sering membaca teks mengenai tata cara, tutorial atau semacamnya dimana teks tersebut bertujuan untuk memudahkan pembaca untuk melakukan sesuatu yang kalian inginkan, apa kalian tahu jenis teks tersebut? Teks tersebut adalah teks prosedur, apa itu teks prosedur? Kali ini kita akan membahas materi teks prosedur dan strukturnya, berikut selengkapnya.

Pengertian Teks Prosedur

Secara umum, pengertian teks prosedur adalah teks yang berisi tentang langkah-langkah atau tahap-tahap untuk melakukan sesuatu hal baik melakukan suatu kegiatan tertentu maupun membuat sesuatu yang disajikan secara berurutan.

Definisi teks prosedur adalah eks yang berisi cara, tujuan untuk membuat atau melakukan sesuatu hal dengan langkah demi langkah yang tepat secara berurutan sehingga menghasilkan suatu tujuan yang diinginkan.

Baca Juga : Pengertian Teks Debat

Biasanya teks prosedur terdapat pada tulisan yang mengandung cara, tips atau tutorial melakukan langkah tertentu. Di dalam teks prosedur ada kata imperatif atau kata perintah untuk melakukan apa yang dibahas pada teks agar pembaca melakukan apa yang diperintahkan pada isi teks tersebut.

Pengertian Teks Prosedur Menurut Para Ahli

Ismail masya (1994 : 74)

Menurut Ismail masya, Prosedur adalah suatu rangkaian tugas-tugas yang saling berhubungan yang merupakan urutan-urutan menurut waktu dan tata cara tertentu untuk melaksanakan suatu pekerjaan yang dilaksanakan berulang-ulang.

Amin Widjaja (1995 : 83)

Menurut Amin Widjaja, Prosedur adalah sekumpulan bagian yang saling berkaitan misalnya : orang, jaringan gudang yang harus dilayani dengan cara yang tertentu oleh sejumlah pabrik dan pada gilirannya akan mengirimkan pelanggan menurut proses tertentu.

Muhammad Ali (2000 : 325)

Menurut Muhammad Ali, Prosedur adalah tata cara kerja atau cara menjalankan suatu pekerjaan.

Gerald Cole

Menurut Gerald Cole, Prosedur adalah suatu urutan pekerjaan yang melibatkan beberapa orang dalam suatu bagian yang disusun untik menjamin adanya perlakuan seragam terhadap transaksi perusahaan.

Kamaeuddin

Menurut Kamaeuddin, Prosedur adalah suatu susunan teratur sebuah kegiatan yang berhubungan satu dengan yang lainnya dan prosedur-prosedur yang berkaitan memudahkan dalam melaksanakan kegiatan utama dari suatu organisasi.

Fauzi

Menurut Fauzi, Prosedur adalah urutan pekerjaan administrasi yang melibatkan beberapa orang dalam satu bagian yang disusun untuk menjamin adanya perlakuan yang seragam terhadap transaksi perusahaan yang sering terjadi.

Mulyadi

Menurut Mulyadi, Prosedur adalah urutan kegiatan kleriekal yang biasanya melibatkan beberapa orang dalam penanganan secara seragam terhadap transaksi perusahaan yang sering terjadi dan berulang-ulang.

Baca Juga : Teks Rekaman Percobaan

Ciri-Ciri Teks Prosedur

Ciri ciri atau katakteristik teks prosedur diantaranya yaitu:

Menggunakan pola kalimat imperatif atau kalimat perintah

Kalimat imperatif atau kalimat perintah adalah kalimat yang mengandung perintah atau komando. Fungsi kalimat imperatif yaitu untuk meminta ata melarang seseorang melakukan sesuatu. Berikut beberapa contoh kalimat imperatif atau kalimat perintah:

  • Tolong ambilkan buku itu!
  • Ubahlah gaya hidupmu!
  • Diam semuanya!
  • Mari kita melestarikan hutan!
  • Mohon terima kado dari saya ini !
  • Biarkan saja dia pergi jauh !
  • Jangan membuang sampah sembarangan !

Menggunakan kata kerja aktif

Kata kerja aktif adalah kata kerja yang subjeknya berperan sebagai pelaku. Kata kerja aktif ini umumnya bercirikan dengan adanya awalan me- dan ber-. Contoh kata kerja aktif diantaranya memukul, melempari, berlari.

Menggunakan konjungsi atau kata penghubung untuk mengurutkan kegiatan atau cara

Konjungsi atau kata sambung atau kata hubung adalah kata untuk menghubungkan kata, ungkapan atau kalimat dan sebagainya dan tidak untuk tujuan atau maksud lain. Contoh konjungsi yaitu selanjutnya, berikutnya, lalu, setelah itu, dan, dengan, serta, atau, kemudian, dll.

Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan cara, tempat dan waktu yang akurat

Kata keterangan atau adverbia adalah kelas kata yang memberikan keterangan kepada kata lain, seperti verba (kata kerja) dan adjektiva (kata sifat), yang bukan nomina (kata benda). Contoh kata keterangan misalnya maka, sedikit, banyak, dengan, sangat, amat, tidak. Contoh kata keterangan dalam kalimat seperti ” Mama memotong sayuran dengan pisau”.

Selain itu, ciri teks prosedur yang lainnya diantaranya yaitu:

  • Terdapat tujuan, langkah-langkah dan penutup.
  • Menggunakan kalimat langsung dan tidak langsung.
  • Menggunakan kalimat saran dan larangan.
  • Menggunakan kriteria atau batasan tertentu.
  • Menggunakan kata keterangan.
  • Berisi pemberian informasi.
  • Berisi langkah yang terperinci
  • Menggunakan akhiran -i dan -kan, contohnya, jangan lupa selalu siram-i bunganya setiap hari, lempar-kan bola tersebut keatas.

Baca Juga: Jenis Kata Hubung (Konjungsi)

Tujuan dan Fungsi Teks Prosedur

Tujuan teks prosedur adalah untuk membantu pembaca atau pendengar memahami bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu dengan tepat atau dengan kata lain, tujuan penulisan teks prosedur yaitu untuk memperoleh hasil akhir.

Struktur Teks Prosedur

Dalam pembentukannya, teks prosedur memiliki 3 (tiga) struktur atau susunan meliputi tujuan, materual dan langkah-langkah.

Tujuan

Bagian tujuan teks prosedur bisa berupa judul dan juga berisikan tujuan dari pembuatan teks prosedur tersebut atau hasil akhir yang akan di capai jika kita melakukan tahapan pada teks prosedur tersebut.

Material

Bagian material teks prosedur berisi mengenai bahan, alat atau material yang dibutuhkan. Tapi tidak semua teks prosedur terdapat bagian ini. Pada umumnya penggunaan bagian material terdapat pada teks prosedur tentang pembuatan suatu hal seperti makanan dan sebagainya.

Langkah-Langkah

Bagian ini berisi mengenai langkah-langkah yang harus dilewati untuk mendapatkan hasil sesuai dengan tujuan teks prosedur. Pada bagian ini setiap langkah harus dilakukan dengan urut tidak boleh secara acak.

Baca Juga : Pengertian Kata Kerja

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

Kaidah atau ciri kebahasaan teks prosedur terdiri dari:

Konjungsi temporal

Pada teks prosedur akan banyak ditemukan kata konjungsi temporal atau kata penghubung yang menyatakan waktu kegiatan yang hadir dan berisifat kronologis seperti selanjutnya, berikutnya, kemudian, lalu, dan setelah itu.

Kata kerja imperatif

Dalam teks prosedur juga akan banyak ditemukan kaliamt imperatif atau kalimat perintah dan larangan yang harus ditaati dalam pelaksanaan teks prosedur.

Verba material dan tingkah laku

Verba material adalah sesuatu yang mengacu pada tindakan fisik seperti potong wortel, haluskan bumbu dan lain sebagainya. Sedangkan verba tingkah laku merupakan tindakan yang dilakukan dengan menggunakan ungkapan.

Partisipan manusia

Partisipan manusia adalah semua manusia yang ikut serta dalam teks prosedur tersebut.

Selain itu, ciri kebahasaan teks prosedur lainnya yaitu:

  • Terdapat bilangan sebagai penanda urutan.
  • Terdapat kalimat introgatif atau kalimat berisikan pertanyaan.
  • Terdapat kalimat deklaratif atau kalimat berisikan pernyataan.

Baca Juga : Pengertian Kalimat Langsung dan Tidak Langsung

Macam-Macam Kalimat Dalam Teks Prosedur

Ada 3 macam jenis kalimat yang digunakan dalam teks prosedur diantaranya yaitu:

Kalimat Imperatif

Kalimat Imperatif adalah kalimat berisi perintah dan berfungsi untuk meminta dan melarang seseorang untuk melakukan sesuatu.

Kalimat Deklaratif

Kalimat Deklaratif adalah kalimat yang berisi pernyataan dan berfungsi untuk memberikan informasi atau berita mengenai sesuatu.

Kalimat Interogatif

Kalimat Interogatif adalah kalimat yang berisi pertanyaan dan berfungsi untuk meminta informasi tentang sesuatu.

Macam-Macam Teks Prosedur Dan Contohnya

Secara umum, ada 3 (tiga) macam jenis teks prosedur yaitu teks prosedur sederhana teks prosedur protokol dan teks prosedur kompleks.

Teks Prosedur Sederhana

Pengertian teks prosedur sederhana adalah teks yang hanya menyajikan prosedur yang hanya ditempuh dengan dua atau tiga langkah saja. Contoh prosedur teks sederhana seperti cara mengoperasikan setrika listrik, cara mematikan televisi, cara mengirimkan pesan melalui handphone dan lain sebagainya. Langkah awal merupakan syarat untuk langkah selanjutnya, untuk itu 2-4 langkah sederhana tersebut tidak bisa berubah urutannya.

Contoh Teks Prosedur Sederhana

Cara Mematikan Televisi Yang Benar

  1. Pertama, kecilkan volume televisi sampai nol.
  2. Kemudian, tekan tombol power pada remot control.
  3. Setelah itu, tekan saklar on/off pada bagian depan televisi.
  4. Terakhir, Cabut steker televisi dari stopcontact.

Teks Prosedur Protokol

Pengertian teks prosedur protokol adalah jenis teks prosedur yang langkah kerjanya tidak terlalu ketat atau dengan kata lain langkah kerja pada teks protokol dapat diubah. Langkah-langkah tersebut tidah harus dilakukan secara urut karena tidak saling berkaitan, meski urutan langkah diubah tujuan yang diharapkan tetap bisa terpenuhi.

Contoh Teks Prosedur Protokol

Cara memasak mie instan. Pertama, didihkan air kemudian masukkan mie instan ke dalam air yang mendidih. Setelah itu, silahkan tentukan apakah bumbu racik mie instan akan dimasukan bersama mie yang sedang dimasak atau pisahkan ke dala wadah tersendiri yang sudah disediakan. Setelah mie matang, masukkan kedalam wadah. Terakhir mie siap dihidangkan.

Teks Prosedur Kompleks

Pengertian teks prosedur kompleks adalah jenis teks prosedur yang terdiri atas banyak langkah dan langkah-langkah tersebut berjenjang dengan sublangkah pada setiap langkahnya.

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Cara Mematikan Komputer Yang Benar

Setelah sebelumnya kita membahas cara untuk menghidupkan komputer yang benar sekarang kita akan membahas bagaimana cara untuk mematikan komputer yang benar. Di bawah ini akan dibagi menjadi dua bagian, pada bagian pertama akan dibahas tentang cara mematikan komputer pada windows XP, Vista, dan Windows 7 setelah itu pada bagian kedua kita akan membahas bagai mana cara untuk mematikan komputer yang benar pada windows 8.

Untuk cara mematikan komputer pada windows XP, Vista, dan windows 7 yang benar adalah sebagai berikut:

Klik menu “START” yang berada pada pojok kiri bawah layar.
Lalu klik  “shutdown”.
Lalu Pilih “OK”.
Tunggu hingga komputer mati.
Setelah komputer mati, matikan stabilizer dengan cara menekan tombol power setelah itu cabut kabel listrik untuk memutuskan arus.

Untuk cara mematikan komputer pada windows 8 yang benar adalah sebagai berikut:

Arahkan pointer mouse ke pojok kanan bawah.
Pilih, setelah itu klik setting.
Klik power, setelah itu klik shutdown.
Tunggu hingga komputer dalam keadaan benar-benar mati.
Setelah itu matikan stabilier dan cabut kabel arus listrik.

Contoh Teks Prosedur

Contoh Teks Prosedur Membuat Makanan

Contoh Teks Prosedur

Cara Membuat Nasi Goreng

Bahan :

  • nasi putih
  • telur
  • garam secukupnya
  • cabai
  • bawang merah
  • bawang putih
  • mentega
  • sayur sawi
  • kecap

Alat :

  • kompor
  • wajan
  • pisau
  • spatula

Langkah kerja :

  • Pertama, potong bawang merah, bawang putih, sayur sawi dan cabai hingga halus;
  • Kemudian, nyalakan kompor dan taruh wajan di atasnya dan masukan mentega. Panaskan mentega hingga meleleh;
  • Selanjutnya, masukkan bumbu yang sudah di haluskan tersebut dalam wajan hingga harum;
  • Setelah itu, masukkan telur dalam wajan dan ratakan hingga tercampur dengan bumbu;
  • Berikutnya, masukkan nasi putih dalam wajan dan aduk kembali hingga tercampur rata dengan spatula;
    menambahkan kecap, dan garam secukupnya;
  • Aduk rata hingga tercium aroma sedap dari nasi goreng tersebut;
  • Terakhir, iris tomat, mentimun, dan daun kemangi sebagai hiasan, dan nasi goreng siap dihidangkan.

Baca Juga: Pengertian Teks Deskripsi

Contoh Teks Prosedur Membuat Minuman

Contoh Teks Prosedur

Cara Membuat Jus Mangga

Bahan-bahan dan alat:

  • 2 mangga segar
  • 1 cangkir air
  • 2 sendok makan gula
  • Es batu
  • Pisau
  • Blender

Langkah-langkah:

  • Pertama, cuci mangga untuk menghilangkan kotoran. Kemudian kupas mangga tersebut.
  • Potong kecil-kecil mangga yang sudah dikupas.
  • Masukkan mangga ke dalam blender bersama es batu, air, dan gula.
  • Lumatkan sampai lembut.
  • Saring jus tersebut.
  • Sajikan jus di gelas, dan jus siap diminum.

Contoh Teks Prosedur Membuat Kerajinan

Contoh Teks Prosedur

Cara Membuat Lampu Hias Dari Botol Bekas

Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan:

  • Botol bekas
  • Sendok plastik
  • Lampu lengkap
  • Pisau
  • Obeng
  • Lem
  • Cat
  • Tiang untuk tempat berdirinya lampu

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Berbentuk Lampu Hias:

  • Siapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan.
  • Langkah Selanjutnya, potong botol plastik sesuai bentuk yang diinginkan.
  • Potong-potong sendok plastik atau hilangkan bagian tangkainya.
  • Satukan botol dengan sendok agar terlihat indah menggunakan lem.
  • Cat sendok yang sudah ditempelkan.
  • Potong-potong botol membentuk seperti daun nanas, lalu dicat.
  • Pasang lampunya dan tiang untuk berdiri.
  • Lampu hias dari botol bekas siap untuk digunakan.

Demikian artikel penjelasan tentang contoh teks prosedur lengkap dengan strukturnya, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.